Setelah membuat tutorial Instant Articles Facebook dengan WordPress, rasanya tidak adil jika tidak membuat tutorial untuk platform blogging populer lainnya, yaitu blogspot atau #blogger.

Sama seperti tutorial artikel instant untuk WordPress, Saya menyarankan Anda untuk membaca artikel sebelumnya : Apa itu Instant Articles? Hal- Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mendaftar terlebih dulu. Di artikel ini, Anda akan mendapatkan gambaran jelas tentang apa itu artikel instant, apa saja yang perlu disiapkan, bagaimana cara Facebook membayar, tips agar sukses dengan artikel instant ini dan informasi lainnya yang Anda butuhkan.

Tutorial Membuat Artikel Instant untuk Blogger

Jadi, sudah siap,kan? Lagi- lagi Saya ingatkan, Anda wajib mempunyai fanpage terlebih dulu dan juga blog dengan jumlah artikel paling sedikit 10. Jika sudah, here we go, mari lanjutkan step by step berikut ini :

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Membuat Push Notification Gratis di WordPress

DAFTAR INSTANT ARTICLE
1. Masuk ke situs https://instantarticles.fb.com/, lalu pilih fanpage yang ingin Anda daftarkan untuk artikel instan Anda. Di bagian bawah centang Term & Conditions, lalu klik ‘Access Instant Articles Tools’.

Jika fanpage yang Anda inginkan tidak ada, bisa jadi fanpage tersebut sudah pernah Anda daftarkan atau fanpage Anda bermasalah (cek di Setting >> Instant Articles, jika sudah ada, Anda tinggal lanjutkan proses yang belum selesai).
Mendaftar Instant Articles

2. Anda akan diarahkan untuk melakukan pengaturan Artikel Instan Anda. Langkah pertama adalah menghubungkan situs Anda untuk mengimpor artikel instant.

META TAG, CLAIM URL & RSS FEED
3. Masukkan meta tag Instant Articles yang berada di kotak hitam ini ke template blog, di bawah kode <head>.
Masukkan meta tag Instant Articles

Artikel Menarik Lainnya :   16 Plugin Paling Populer dan Terbaik untuk Blog WordPress Anda

4. Lanjutkan dengan mengisi url blog Anda, dan klik ‘Simpan URL’. Jika meta tag sudah dimasukkan dengan benar, maka akan muncul tanda centang berwarna hijau.

5. Langkah selanjutnya, tambahkan alamat RSS Feed Anda untuk artikel instan, agar artikel otomatis terindeks di Article Production. Pastikan di pengaturan RSS Feed Anda, feed blog sudah disetting full. Untuk mengaturnya, Anda bisa mengarah ke : Blogger Dashboard >> Your Blog >> Settings >> Others >> Site feed. Copy RSS Feed Anda ke Production RSS Feed.
Setting RSS Feed Blogspot untuk Instant Articles

 

STYLE
6. Setelah tambahkan RSS Feed, Anda bisa menggunakan Style ‘default’ dari artikel instant, atau menyesuaikannya dengan setting yang Anda mau (jenis font, warna font, dsb).

Artikel Menarik Lainnya :   Tutup Akun Facebook Anda Selama 1 Minggu, dan Lihat Perubahan yang Terjadi Dalam Hidup Anda

7. Jangan lupa untuk menambahkan logo Anda dengan dimensi 690×132. Logo ini nantinya akan muncul di setiap artikel yang akan Anda publikasikan.

SUBMIT FOR REVIEW
8. Jika semua proses diatas sudah Anda ikuti dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses pengajuan ke Facebook dengan meng- klik tombol ‘Submit for Review’.
Submit for Review Instant Articles

Done! Saat ini Anda hanya tinggal menunggu proses pengajuan Anda disetujui oleh Facebook. Proses review biasanya memakan waktu kurang lebih 3-5 hari. Selamat mencoba!