Membuat Fanspage Facebook – Punya bisnis online, nggak afdhol rasanya kalau tidak punya basis fans di facebook, alias mempunyai fanspage. Facebook sendiri memang dikenal sebagai salah satu social media paling ajib yang dapat membantu kegiatan promosi bisnis online menjadi mudah dan asyik. Selain karena memiliki jumlah user aktif yang sangat banyak, Facebook juga memiliki fitur yang sangat mendukung untuk para pebisnis online yang ingin mempromosikan bisnisnya.

Membuat Facebook Fans Page ini juga ternyata sangat mudah. Melalui artikel ini, Anda akan dapat membuat Fanspage dengan mudah dan terlihat manis. Semoga bermanfaat!

Langkah Mudah Membuat Fanspage/ Halaman Fans Facebook

1. Pastikan Anda sudah memiliki akun di Facebook.com. Jika belum, Anda dapat membuat akun Facebook dengan mudah, cepat dan pastinya gratisss.
2. Login ke akun Facebook Anda, lalu klik tombol ‘drop-down’ yang terletak di kanan atas, lalu pilih ‘Create Page’ atau ‘Buat Halaman’

Lihat Gambar
membuat fanspage, fanspage facebook, halaman facebook
3. Setelah diklik, maka Anda akan masuk ke halaman yang memberi Anda 6 opsi kategori Fanspage, yaitu:
*) Local Bisnis or Place
*) Company, Organization or Institution
*) Brand or Product
*) Artist, Band or Public Figure
*) Entertainment
*) Cause or Community

Pilih salah satu kategori yang sesuai dengan tujuan Anda membuat fanspage. Memilih kategori yang tepat dapat membantu Anda untuk menduduki peringkat yang baik dalam pencarian yang relevan di Facebook sesuai dengan informasi yang ada pada page Anda nanti.
4. Setelah memilih kategori yang sesuai, Facebook akan meminta Anda untuk memasukkan nama bisnis Anda. Setelah itu centang kotak “I agree to Facebook Page Terms” lalu klik ‘get started’.
5. Anda akan diminta untuk memasukkan informasi tentang page Anda :
– About: Isi dengan uraian singkat tentang fanspage Anda. Anda mungkin dapat memasukkan kurang lebih 2-3 kalimat sehingga deskripsi bisnis Anda tampat lebih jelas untuk pembaca dan fans Anda nanti. Selain itu, Anda dapat juga memasukkan link menuju website Anda di kotak Website.
– Profile Picture: Upload foto untuk fanspage bisnis Anda, sehingga halaman bisnis Anda menjadi tampak professional dan menarik. Untuk foto, pasang foto dengan kualitas resolusi yang baik sehingga foto dapat terlihat dengan jelas. Foto dapat berupa logo bisnis Anda atau sebuah foto yang berkaitan dengan bisnis atau produk yang Anda jual.
– Add to Favorite: untuk menambahkan fanspage Anda ke panel favorite Facebook Anda sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya
– Preferred Page Audience: Pilih audiens yang ingin Anda targetkan,mulai dari lokasi, usia, interest dan gender.

Lihat Gambar
membuat fanspage, fanspage facebook, halaman facebook
– Selesai, kini Anda telah resmi memiliki Fanspage untuk Bisnis Online Anda

Artikel Menarik Lainnya :   Tipe Pengguna Facebook yang Sebaiknya Anda Hapus dari Pertemanan

Apa yang dapat Anda lakukan setelah ini?
1. Ubah sampul halaman fans Anda dengan foto yang menarik dan kreatif yang mencerminkan bisnis Anda ( ukuran sampul 851 X 315 pixel )
2. Posting status, jangan buru- buru mempromosikan bisnis Anda ketika fanspage baru dibuat. Sebaiknya Anda memposting status yang bermanfaat, info menarik atau artikel edukatif untuk menarik minat audiens Anda terlebih dahulu. Setelah 4-5 status biasa, baru buat posting jualan, setelah itu, ulangi membuat posting biasa lagi.
3. Gunakan fitur “invite friends’ untuk mengundang teman- teman Anda menyukai halaman fans yang Anda buat

 

Mengenal Panel Admin dan Setting Fanspage Facebook

Panel admin adalah sebuah halaman utama fanspage Anda. Di halaman ini, Anda dapat melihat berbagai fitur, dan opsi yang dapat Anda gunakan untuk optimasi fanspage dan memonitor kegiatan di dalam fans page Anda. Untuk dapat melihat dan mengedit setting fanspage Anda, klik ‘Setting’ yang terletak di kanan atas panel admin. Pengaturan apa yang biasa nya perlu dilakukan perubahan? Tips ini bisa menjadi referensi Anda:
– General Setting, lihat ‘Visitor Post’ digunakan untuk mengatur siapa saja yang dapat melakukan posting di halaman Anda, jika Anda tidak ingin orang lain atau pengunjung melakukan sembarang posting, pilih ‘Disable post by other people on the Page’. Kemudian ‘Tagging Ability’ untuk mengatur siapa saja yang bisa menandai halaman Anda ke sebuah postingan atau foto orang lain.
– Page Info untuk melihat dan mengedit informasi seputar Fanspage Facebook Anda. Anda dapat menambahkan alamat, kontak, website, interest, dan juga mengedit deskripsi’about’.
– Notifications untuk mengatur notifikasi fanspage
– Page Roles untuk mengatur peran administrator.Jika Anda ingin orang lain membantu Anda untuk menjadi admin fanspage, maka Anda dapat mengaturnya disini dengan cara klik’Add another person’

Artikel Menarik Lainnya :   Tutorial Lengkap Membuat Instagram Ads 2018

Membangun Audiens di Facebook

Untuk membangun audiens, pada tahap awal Anda dapat melakukannya dengan cara mengundang teman- teman Anda untuk menyukai ( like ) fanspage Anda. Setelah itu, Anda dapat meminta bantuan teman- teman Anda untuk ikut mempromosikan fanspage Anda sehingga Anda jumlah ‘like’ Anda bertambah sedikit demi sedikit.

Seperti yang telah Saya singgung di atas tadi, pada tahap awal jangan langsung gencar berjualan dulu. Isi fanspage Anda dengan konten yang bermanfaat sehingga penggemar Anda dapat berinteraksi dengan page Anda dan juga mereka tertarik untuk shareisi page Anda ke timeline mereka. Cara ini dikenal cukup efektif untuk mendatangkan penggemar secara organik.

Untuk cara yang lebih efektif lagi, Anda dapat mempromosikan fanspage Anda dengan beriklan di Facebook ( FacebookAds ). Untuk yang ini tentu harus mengeluarkan biaya tersendiri ya.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Membuat Tulisan di WhatsApp Jadi Tebal, Miring dan Garis Coret

 

Langkah Lanjutan untuk Facebook Fanspage Anda

Ketika Anda selesai dengan setting, Andadapat memanfaatkan fitur Tabs pada fanspage sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat mengatur tabs ini sesuai dengan kategori kegiatan,misalnya dengan membaginya menjadi beberapatabsberisi event, foto, video dan sebagainya.

Setelah itu, teruslah aktif memonitor fanspage Anda. Pantau setiap perkembangan secara terus menerus dan bangun interaksi dengan audiens Anda. Semakin banyak aktifitas di fanspage Anda, maka semakin potensial fanspage facebook tersebut untuk menjual di kemudian hari.