Setelah mendengar sana- sini dan menemukan artikel ini, ini artinya Anda sudah siap untuk menjadi bagian dari Instant Articles Facebook. Namun jika Anda merasa belum begitu banyak mengetahui Artikel Instant Facebook ini dan masih ingin mengetahui apa itu, apa syaratnya, bagaimana cara kerjanya, dan ini, dan itu, maka Saya sarankan Anda membaca artikel sebelumnya : Apa itu Instant Articles? Hal- Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mendaftar.

Tutorial Instant Articles dengan Plugin WordPress

Bisa dibilang bermain Instant Articles dengan plugin WordPress ini adalah cara paling mudah dan menyenangkan. Nggak pakai ribet, nggak perlu skill khusus buat coding. Yang Anda perlukan adalah mengikuti step by step nya dan pastikan Anda juga membaca guideline dari Facebook untuk setting lengkapnya.

Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan Anda sudah memiliki blog WordPress yang berisi minimal 10 artikel untuk proses review dan juga fanpage atau laman Facebook yang akan didaftarkan. Jika belum bagaimana? Buat dulu artikel tambahannya, baru pikirkan untuk mengikuti tutorial ini.

MENDAFTAR INSTANT ARTICLES FACEBOOK

1. Daftar Instant Articles di https://instantarticles.fb.com, lalu pilih fanpage yang ingin Anda daftarkan, centang Term & Conditions, lalu klik ‘Access Instant Articles Tools’.

Jika fanpage yang Anda inginkan tidak ada, bisa jadi fanpage tersebut sudah pernah Anda daftarkan atau fanpage Anda bermasalah (cek di Setting >> Instant Articles, jika sudah ada, Anda tinggal lanjutkan proses yang belum selesai).
Mendaftar Instant Articles

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Meningkatkan Memory Limit PHP di WordPress Anda

2.  Anda akan diarahkan ke setting fanpage Anda untuk melakukan pengaturan Artikel Instant Anda. Langkah pertama adalah menghubungkan situs Anda untuk mengimpor artikel instant.

CONNECT SITE, META TAG & CLAIM URL

3. Masukkan meta tag yang diminta Facebook ke website Anda dengan meletakkannya di bawah tag <head> pada HTML situs Anda.
Masukkan meta tag Instant Articles
4. Masukkan blog #WordPress yang ingin Anda daftarkan untuk Instant Articles kali ini, lalu klik Claim URL.
MASUKKAN UMPAN RSS WEBSITE
5. Anda akan diminta untuk memasukkan RSS website Anda untuk mengimpor artikel secara otomatis ke Artikel Instant Facebook. Masukkan url : http://websiteanda.com/feed/instant-articles .

SETTING STYLE
6. Anda bisa memilih style yang Anda inginkan untuk artikel instant Anda. Untuk melakukan pengaturan ini, masuk ke menu Instant Articles, lalu pilih Configuration dan klik Style. Disini Anda bisa menentukan gaya tampilan dari web Anda.
7. Jika Anda tidak ingin melakukan banyak perubahan, Anda hanya perlu mengedit style ‘Default’ bawaan Facebook. Disini Anda wajib untuk memasukkan logo dari blog Anda. Logo yang disarankan berukuran 690×132. Logo ini akan muncul di setiap artikel instant Anda nantinya.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mempecepat Index Google Untuk Blog Baru Dengan Mudah

INSTALL PLUGIN WORDPRESS
8. Di blog WordPress Anda, install lah Plugin Instant Articles for WP.
9. Setelah plugin terinstall dan aktif, masukkan fanpage ID Anda.
10. Di bagian bawah, pada menu Publishing Setting, di ‘Transformation Warning’ centang kolom : Publish articles containing warnings. Ini penting agar artikel yang tidak sesuai layout dapat tetap dipublikasikan dengan baik.

11. Instant Articles ini hanya akan men- detect semua artikel yang ditulis setelahnya. Bagaimana jika blog sudah mempunyai banyak artikel sebelumnya? Anda harus memasukkan artikel yang ditulis tersebut secara manual. Caranya dengan klik Toogle Debug Information yang ada diplugin Anda. Lalu copy paste ‘trasformed markup’ nya ke dalam artikel instant Facebook.

12. Anda bisa juga memilih cara manual untuk memasukkan artikel lama Anda. Caranya, copy ‘Transformed Markup’ tadi, lalu kembali lagi ke Instant Articles di fanpage, lalu pilih ‘Production Articles’, kemudian klik +Create yang ada di kanan atas. Hanya saja, kalau blog Anda sudah terisi banyak artikel, lumayan pegel juga untuk dipindahkan satu per satu.

ARTICLE PRODUCTION
13. Di menu ‘Article Production’ ini, Anda bisa melihat konten- konten yang Anda berhasil ter-publish sebagai artikel instant. Jika ada artikel yang bermasalah style-nya, maka akan ada tanda peringatan. Anda bisa memperbaikinya sesuai dengan rekomendasi dari Facebook.

Artikel Menarik Lainnya :   Berantas Clickbait, Facebook Hilangkan Fitur Customize Preview Link

AUDIENCE NETWORK DAN SETTING PEMBAYARAN INSTANT ARTICLES
14. Dari ‘Article Production’, Anda bisa masuk kembali ke ‘Configuration’ di fanpage Anda, lalu klik ‘Audience Network’, dan pilih ‘Your Dashboard’.

15. Masuk ke menu PRODUCTS dan pilih Audience Network, lalu pilih menu Placement. Jika sudah muncul Placement ID, copy kan kode tersebut ke plugin Instant Articles di WordPress Anda. Namun jika belum, Anda perlu membuatnya terlebih dulu dengan klik Create Ad Placement.

16. Di plugin Anda, jangan lupa untuk setting Ad Type ke Facebook Audience Network, lalu pilih Ad Dimension- nya ke Large (300×250).

17. Kembali ke Dashboard Audience Network lagi, pilih Payout disebelah kiri, lalu klik ‘Create/ Select Payout’. Disini Anda akan diminta untuk mengisi informasi pembayaran Anda.

REVIEW
18. Setelah semua selesai, Anda bisa kembali masuk ke Configuration artikel instant Anda dan klik ‘Ajukan untuk Peninjauan’.
Submit Review Instant Articles
19. DONE! Sekarang Anda tinggal menunggu proses review Facebook selesai dilakukan. Proses ini memakan waktu kurang lebih 3-5 hari.

Selamat mencoba!