Sejak diluncurkan beberapa waktu yang lalu, Instant Articles yang ditandai dengan simbol petir ini telah menjadi fenomena baru yang menarik perhatian blogger dunia. Fitur ini memungkinkan para pengguna Facebook untuk mengoptimasi halaman mereka dengan konten yang terisi iklan dari audience network Facebook.

Dari sisi Facebook, Instant Articles ini adalah salah satu strategi Facebook agar penggunanya semakin betah di platform mereka, sambil menyajikan konten menarik. Yang perlu diketahui, Instant Articles ini hanya bisa dipakai di smartphone yang menggunakan aplikasi Facebook.

Cara Kerja Instant Articles

Saat kita sudah berhasil mendaftar di Instant Articles dengan halaman tertentu milik kita, maka kita dapat membagikan link konten tersebut di halaman kita. Saat user meng- klik tautan yang dibagikan tersebut, kita akan masuk ke link tersebut tanpa keluar platform.

Jika masih bingung, coba bandingkan artikel- artikel yang sudah tergabung di Instant Articles Facebook dan yang belum. Jika belum terdaftar, maka tautan yang kita klik akan terbuka di web browser (pindah platform). Namun jika sudah terdaftar di Instant Articles, maka kita akan tetap berada di platform Facebook. Indikator lainnya adalah tidak ada peringatan penggunaan data dan adanya tanda kilat di tautan yang kita bagikan di laman Facebook.

Dengan cara ini, tautan kita dapat dilihat 10x lebih cepat (apalagi buat mereka yang sayang kuota,hahaha… ) dan jangkauannya menjadi lebih luas.

Artikel Menarik Lainnya :   Meningkatkan Visibilitas dan Popularitas Fanpage dengan Facebook Ads

Instant Articles Hampir Sama dengan Google Adsense

Sama seperti Google Adsense, pada dasarnya Instant Articles mempunyai prinsip yang sama dalam hal monetization. Mereka membayar publisher dari tayangan dan klik iklan yang muncul di konten web kita.

Hal yang paling membedakan diantara keduanya (setidaknya sampai saat ini) adalah soal kelonggaran policy. Jika ingin mendapatkan uang lebih banyak dengan Google Adsense, kita harus mempertimbangkan SEO dan keyword, serta share dari media sosial lainnya. Maka di Instant Articles, kita hanya perlu membuat artikel tersebut viral dan mempunyai engagement yang bagus di pages agar kita mendapatkan banyak view dan share. Semakin banyak view dan share, maka monetize kita akan semakin berhasil.

Selain itu, Google Adsense juga lebih ketat terkait dengan konten. Jika kita main copas dan tidak mempertimbangkan isi konten, maka jangan harap Google Adsense kita akan aman.

Sebaliknya, Instant Articles Facebook dengan terang- terangan tidak mempermasalahkan konten copas, karena goal Facebook sendiri adalah mempercepat penyampaian informasi. Tidak peduli apakah konten tersebut ditulis sendiri oleh si pemilik blog, atau copas habis- habisan dari sumber lain.

Persiapan untuk Mendaftar Instant Articles

Jadi, sudah punya gambaran tentang Artikel Instant Facebook ini kan? Lalu, hal apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk mendaftar Instant Articles? Berikut ringkasan kami :
1. Fanpage atau halaman Facebook
Kesuksesan monetize Artikel Instant Facebook sangat bergantung pada kualitas fanpage yang Anda miliki. Semakin baik engangement di fanpage, maka ini akan semakin menguntungkan Anda. Bisa dibilang, Instant Articles ini cocok buat Anda yang sudah mempunyai fanpage dengan likers yang banyak atau grup dengan member banyak. Ini lah kolam pancing untuk blog Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Google Adsense

2. Siapkan blog dengan minimal 10 artikel
Saat mendaftarkan fanpage Anda ke Instant Articles, pastikan blog yang Anda kaitkan dengan fanpage tersebut sudah memiliki minimal 10 artikel. Ini adalah jumlah konten minimal yang dibutuhkan Facebook untuk proses review*.

3. Pendaftaran Dilakukan per Fanpage
Bisa dibilang Instant Articles ini sebenarnya adalah fanpage monetize. Karena konten yang bisa Anda monetize adalah konten yang web nya sudah didaftarkan di settingan Artikel Instant di Fanpage Anda. Misanya fanpage A, didaftarkan dengan web A. Maka saat web A dibagikan secara langsung di fanpage B, iklan diweb A tidak muncul saat tautan di klik. Untuk itu, fanpage B sebaiknya hanya membagikan ulang tautan yang sebelumnya sudah dibagikan di fanpage A.

4. Satu Instant Articles bisa untuk beberapa link web
Ya, Anda bisa mendaftarkan lebih dari satu website untuk fanpage Anda. Proses review akan berlangsung untuk setiap web tersebut. Review ini akan memakan waktu kurang lebih 3-5 hari kerja.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Menaikkan Edgerank Facebook Personal dan Menjadi Top Post di Facebook

5. Haruskah punya NPWP?
Saat mendaftarkan Instant Articles, di setting pembayaran kita diminta untuk mengisi nomor NPWP. Lantas bagaimana jika kita tidak punya NPWP? Sejauh ini, kolom NPWP ini tidak mutlak harus diisi NPWP. Bisa juga diisi dengan KTP atau kartu identitas lainnya. Hal ini juga dijelaskan Facebook secara rinci disini :

6. Payment akan dilakukan saat mencapai $100 threshold
Untuk payment, sama dengan cara kita menerima pembayaran dari Google Adsense, yaitu setelah mencapai $100. Payment ini akan kita terima di minggu ketiga bulan selanjutnya sejak payment threshold sudah tercapai.

7. Bagaimana jika fanpage masih sepi?
Jika fanpage masih sepi, yang terbaik adalah mendatangkan trafik untuk fanpage tersebut agar ramai terlebih dulu. Bisa dengan beternak konten organik, atau invite teman untuk menyukai fanpage kita.

8. Adakah cara yang lebih cepat untuk menghasilkan uang di Instant Articles Facebook?
Ada, yaitu dengan main kloningan atau mengiklankan konten kita dengan FacebookAds. Sekarang terserah Anda, mau pilih yang mana? Hehehe…

Lantas bagaimana cara mendaftar di Instant Articles Facebook? Tergantung, apa platform yang Anda gunakan? Semoga salah satu tutorial ini membantu Anda :
Tutorial Membuat Instant Artikel dengan Plugin WordPress
Tutorial Membuat Instant Artikel dengan Blogger