Sumber Backlink Berkualitas– Search Engine Optimization atau yang juga kita kenal dengan istilah SEO adalah sebuah proses optimasi website secara sistematis, yang dalam praktiknya terdiri dari dua komponen usaha, yaitu #SEO On-page dan SEO Off-page. Sesuai dengan penamaannya, tentu jenis usaha keduanya berbeda,dimana SEO On Page mengedepankan unsur struktur di dalam website itu sendiri, sedangkan SEO Off-Page melibatkan unsur- unsur atau usaha di luar website tersebut.

Di dalam SEO Off-Page, para blogger biasanya akan berlomba- lomba untuk mendapatkan backlink secara natural dan berkualitas, serta melakukan strategi link building. Sumber #backlink memang banyak bertebaran di internet sehingga setiap blogger memiliki kesempatan yang sama untuk dapat melakukan optimasi Off-Page sebaik- baiknya. Sumber backlink berkualitas ini dapat berasal dari sumber yang beragam, yaitu bisa dari situs authority, high-page rank, forum, social profile, directory artikel, situs wiki, situs .edu dan .gov.

Untuk para blogger pemula yang sering bingung sumber backlink mana dulu yang akan didahulukan, maka artikel ini sedikit banyak akan membantu. Anda akan menemukan 9 strategi backlink ampuh untuk optimasi SEO Off-Page awal yang maksimal. Dengan cara ini, maka Anda tidak perlu repot- repot memikirkan budget untuk link building, karena cara ini gratis dan mudah.

 

1. Backlink Berkualitas dari Situs Pendidikan dan Pemerintah Luar Negeri ( .edu, .mil dan .gov )

Situs institusi pendidikan atau pemerintahan memiliki nilai backlink yang istimewa di mata search engine. Situs ini adalah situs yang dibuat oleh sebuah perguruan tinggi, sekolah atau juga lembaga Negara. Jika di luar negeri situs pemerintah dan perguruan tinggi ini berakhiran .edu, .mil dan .gov, maka situs yang sama di dalam negeri berakhiran .go.id dan .ac.id. Untuk memperoleh backlink ini, maka Anda dapat mendaftar di situs tersebut dan men-submit URL website Anda, atau melakukan strategi blog commenting pada website- website tersebut. Untuk dapat menemukan situs- situs ini, silahkan masukkan “site: .ac.id” “kata kunci ( opsional, untuk membidik website pemerintah yang membidik katakunci tertentu )”. Contohnya bisa dilihat di gambar di bawah ini:

Lihat Gambar
backlink berkualitas, .ac.id,.edu, perguruan tinggi

2. Backlink Berkualitas dari Social Profile Link

Social Profile Link adalah backlink yang diperoleh dari situs social media, dengan menaruh link menuju website kita di bagian profil. Backlink dari social media merupakan salah satu jenis backlink yang sangat diperhitungkan oleh search engine. Selain itu, situs social media juga merupakan salah satu sumber traffic yang sagat potensial. Berikut ini adalah beberapa jenis Social Media yang dapat Anda manfaatkan sebagai sumber backlink:
*) Facebook
*) Twitter
*) Google Plus
*) Pinterest
*) Linkedin

Artikel Menarik Lainnya :   6 Cara Mudah untuk Membuat Artikel SEO Friendly

3. Backlink Berkualitas dari Situs Social Bookmarking

Social Bookmarking adalah situs yang kerap digunakan untuk menyimpan, mengatur dan mengelola sebuah halaman website yang disukainya. Untuk mendapatkan backlink ini, Anda cukup mendaftar ke situs social bookmarking dan mulai men-submit dan mempublikasikan halaman website Anda. Situs social bookmarkin ini antara lain:
*) Digg
*) Diigo
*) Ping.sg
*) Stumbleupon
*) Plurk.com
*) Url.org
*) Reddit.com
*) Delicious.com
*) Tumblr
*) Folkd
*) Slashdot.com

 

4. Backlink Berkualitas dari Web 2.0 Properties

Web 2.0 Properties sering kita kenal sebagai situs blog gratisan. Dengan platform ini, maka kita dapat melakukan aktifitas posting, menulis artikel dan mempublikasikannya. Web 2.0 ini sering digunakan para blogger untuk membangun blog dummy sebagai network blog utama untuk memperoleh backlink yang berkualitas. Mengapa web 2.0 sering menjadi favorite untuk membangun backlink dan network? Karena selain gratis, para web 2.0 ini sudah memiliki Page Rank yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa contoh web 2.0 yang dapat Anda gunakan:
*) WordPress ( Pagerank 9)
*) Blogger ( Pagerank 9 )
*) Weebly ( Pagerank 8 )
*) Jimdo ( Pagerank 8 )
*) Yola.com ( Pagerank 7 )
*) Blog.com ( Pagerank 6 )
*) Webnode ( Pagerank 6 )
*) Soup.io ( Pagerank 5 )

5. Sumber Backlink dari Melakukan Blogwalking
Blogwalking atau sering juga disebut ‘Blog Commenting’adalah sebuah kegiatan berkomentar di blog orang lain untuk memperoleh backlink dari situs tersebut. Bagaimana bisa kita memperoleh backlink dari situs tersebut? Ketika kita memberikan komentar, maka kita akan diminta mengisi nama, email dan juga alamat URL, nah alamat URL yang kita cantumkan ini lah akan menjadi benih backlink untuk website kita.

Artikel Menarik Lainnya :   Apa itu SEO? Apa Manfaatnya untuk Bisnis? Mengapa Penting?

Beberapa waktu yang lalu sempat ada perdebatan bahwa Blog Commentingini sudah tidak efektif lagi untuk SEO. Namun menurut pengalaman Saya, blog commenting masih memiliki kontribusi yang cukup bagus. Yang perlu diperhatikan, Anda harus mencari blog yang bagus untuk memberikan backlink kepada Anda. Misalnya, Anda dapat memilih blog dengan root domain yang ber-pagerank tinggi sehingga mendapatkan backlink yang berkualitas.

Teknik yang dapat Anda pakai untuk blogwalking ini dapat menggunakan teknik Footprint atau berdasarkan kueri atau kata kunci di Google. Misalnya seperti ini, ketika Anda akan blogwalking, maka masukkan pola berikut ke di search engine:
“Notify me of follow up comments by email.”+”Reply” (kata kunci )

Lihat Gambar
blogwalking, footprint, cara blogwalking, backlink berkualitas

6. Backlink dari Situs Berbagi Video
Situs video sharing semakin popular semakin harinya dan menjadi trend baru di kalangan para netizen. Setiap bulannya, situs seperti YouTube dan DailyMotion memiliki jumlah view yang semakin menggila. Tentu saja ini yang menjadikan situs sharing video ini dapat menjadi lading backlink yang berkualitas.

Lalu bagaimana caranya memperoleh backlink dari situs video sharing ini? Mudah saja, Anda tinggal mendaftar di situs tersebut dan kemudian membuat video sendiri yang original dan tidak melanggar hak cipta. Nggak usah ribet- ribet bagaimana membuat video yang original, Anda dapat menggunakan paduan slide yang direkam dengan menggunakan software seperti Camtasia Studio atau software sejenisnya.

Situs Video Sharing antara lain:
*) YouTube
*) Vimeo.com
*) Dailymotion.com
*) Screencast.com
*) Sonico.com
*) Wat.tv
*) Ganges.com
*)Tumblr.co
*) Videobash.com
*) Wideo.fr
*) Video-bookmark.com
*) Picturepush.com
*)Tagworld.grou.ps
*) Sharevideosonline.net
*) Thatshow.com

 

7. Backlink dari Situs Audio Sharing Sites
Situs audio sharing sites adalah sebuah situs yang memungkingkan para penggunanya untuk meng- upload file audio mereka ke situs audio sharing sites. Sama seperti situs video sharing, untuk memperoleh backlink dari situs ini, maka Anda dapat mendaftar dan meng- upload file audio Anda yang original dan tidak melanggar hak cipta,untuk kemudian di- convert menjadi MP3 dan di publish. Setelah itu baru Anda bisa menanam URL Anda disana untuk mendapatkan backlink.

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi Membangun Backlink yang Berkualitas dan Kuat

Berikut ini adalah beberapa situs audio sharing yang dapat Anda gunakan sebagaim sumber backlink:
*) Soundcloud.com ( Pagerank 8 )
*) BandCamp.com ( Pagerank 7 )
*) Reverbnation.com ( Pagerank 6 )
*) Sutros.com ( Pagerank 5 )
*) Yourlisten.com ( Pagerank 5 )

8. Backlink dari Situs Authority
Situs Authority adalah sebuah situs yang sudah memiliki otoritas tinggi dan sering menjadi acuan atau tolak ukur situs- situs sejenisnya. Situs ini biasanya menyediakan halaman profil untuk anggotanya dan para blogger dapat menanam alamat websitenya untuk memperoleh backlink. Situs Authority ini merupakan langganan page one search engine sehingga dipercaya memiliki efek yang luar biasa untuk mendongkrak optimasi SEO sebuah website.

Berikut ini adalah beberapa website Authority Sites yang dapat Anda gunakan untuk menanam backlink:
*) moz.com
*) ireport.cnn.com
*) contributor.yahoo.com
*) kdp.amazon.com
*) openstreetmap.org
*) drupal.org
*) disqus.com
*) apache.org
*) flickr.com

Sedangkan situs lokal ( Bahasa Indonesia ) yang termasuk dalam Authority Sites antara lain:
*) jpnn.com
*) viva.co.id
*) kompas.com
*) detik.com
*) merdeka.com

9. Backlink dari Situs Berbagi PDF
PDF sharing sites atau situs berbagi PDF merupakan sebuah situs yang dapat kita gunakan untuk membuat dan mempublikasikan dokumen dalam format .PDF. Dalam dokumen ini kita dapat menyisipkan link menuju website kita yang dapat dibaca oleh mesin pencari, meskipun memang tidak semua situs .pdf bisa dibaca. Situs PDF sharing yang dapat Anda pakai untuk membangun backlink antara lain:
*) pdfcast.org
*) issu.com
*) oocu.com
*) uploading.com
*) filesanywhere.com
*) scribd.com