Jika dulu blogger berlomba- lomba untuk meningkatkan Page Rank mereka, kini mereka beralih ke PA DA. Apa itu PA dan DA? PA (Page Authority) dan DA (Domain Authority) adalah sebuah indikator yang menunjukkan kualitas authority halaman website dan domain kita di mesin pencari. DA dan PA kita mulai digunakan sebagai indikator terbaru sejak Google Page Rank berhenti meng-update Page Rank mereka beberapa tahun yang lalu.

Karena sudah lama sekali tidak terupdate, maka Google Page rank pun tidak bisa lagi menjadi acuan dalam menilai kualitas sebuah website. Dulu, Google Pare Rank akan memberi angka 10 sebagai angka pagerank paling tinggi. Sedangkan yang paling rendah akan mempunyai Page Rank 0 atau N/A (not available).

Pengertian Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Domain Authority atau bisa juga disebut dengan Otoritas Domain adalah ukuran kekuatan sebuah domain di mata mesin pencari. Domain Authority bisa semakin kuat dikarenakan tiga hal, yaitu umur domain, popularitas, dan ukuran. Jika sebuah website memenuhi kualitas yang baik untuk ketiga faktor tersebut, maka domain authority nya akan semakin kuat dan peringkatnya akan semakin tinggi di hasil pencarian.

Selain Domain Authority, ada juga Page Authority atau Otoritas Halaman, yaitu gambaran popularitas halaman tertentu dari situs/ blog yang ditemukan di mesin pencari. Saat situs web mempunyai Page Authority yang tinggi, maka besar potensi situs web tersebut untuk muncul di halaman utama mesin pencari.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Strategi untuk Menciptakan Konten yang Cepat Populer

Perlu diperhatikan, otoritas halaman ini terkait dengan halaman dalam situs, bukan situs itu sendiri. Situs/ blog yang mempunyai PA tinggi akan lebih baik dibandingkan dengan situs yang mempunyai PA kecil. Dan halaman dengan PA tinggi itu lah yang akan menang dalam kompetisi di hasil pencairan.

Sama seperti DA, angka pada pada PA juga dimulai dari 0 hingga 100. Semakin tinggi nilai PA blog atau sebuah website, maka performanya di mesin pencari pun akan semain baik. Page Authorit. Kualitas Page Authority sebuah halaman website tergantung pada pemilik web itu sendiri. Semakin konsisiten ini dalam memelihara website nya, maka seharusnya nilai PA nya pun akan semakin baik.

 

Cara Meningkatkan Page Authority

Setelah mengerti betapa pentingnya Page Authority dan Domain Authority, tugas kita selanjutnya adalah meningkatkan PA dan DA situs web kita. Untuk Page Authority, kunci utamanya adalah pada pemilik website untuk memelihara situs web nya dengan baik. Bagaimana caranya?

Salah satu trik yang diperlukan adalah mengetahui apa mau Google. Berikut ini adalah beberapa point untuk meningkatkan Page Authority :

  1. Membuat konten yang original, relevan, dan berkualitas
    Content is the king! Itu lagi… itu lagi… Namun begitu lah, Google hanya menyukai konten yang berkualitas, original, dan tentunya relevan. Dengan membuat banyak konten yang berkualitas, berarti kita akan mempunyai banyak artikel pilar yang membuat posisi blog Anda menjadi semakin kuat di mata mesin pencari.

 

  1. Update konten dilakukan secara rutin dan posting secara konsisten
Artikel Menarik Lainnya :   8 Mitos SEO Keliru yang Kerap Dipercaya Para Blogger

Update konten Anda dengan informasi- informasi baru yang menarik agar konten Anda selalu relevan dan tidak usang. Selain itu, posting konten sebaiknya dilakukan secara konsisten agar situs web Anda juga dikenal sebagai situs yang up to date oleh mesin pencari.

 

  1. Berburu backlink berkualitas

Back link yang berkualitas akan membuat nilai Page Authority pada website Anda akan cepat naik. Bagaimana cara melakukan backlink yang berkualitas? Anda dapat mengintip artikel kami berikut ini : 9 Cara Ampuh untuk Mendapatkan Sumber Backlink Berkualitas.

 

  1. Selalu sisipkan gambar dan video di blog Anda

Selain membuat konten Anda mudah dicerna oleh pembaca, Anda juga bisa melakukan optimasi SEO pada penulusuran gambar. Goal nya ujung- ujungnya adalah untuk meningkatkan Page Authority di website Anda.

 

Cara Meningkatkan Domain Authority

Berbeda dengan Page Authority, Domain Authority sebuah website mengacu pada kekuatan domain yang dimilikinya. Kekuatan DA pada sebuah website biasanya ditentukan oleh tiga faktor, yaitu :

  • Usia Domain
  • Popularitas
  • Ukuran domain tersebut

 

Tips untuk meningkatkan Domain Authority atau DA tentunya adalah meningkatkan hal- hal yang berkaitan tiga point di atas, yaitu :

  • Karena usia domain berpengaruh, Anda bisa bersabar untuk menaikkan DA Anda jika memang domain Anda masih baru. Atau sebagai alternatifnya, Anda bisa berburu domain expired di https://www.expireddomains.net/, untuk mencari domain berumur yang sudah ditinggal pemiliknya. Sebagai catatan penting, Anda harus mencari tahu track record domain tersebut sebelum memutuskan untuk membeli (seperti apakah domain tersebut dulu banyak digunakan untuk spamming, dsb).
  • Untuk meningkatkan popularitas domain, Anda perlu melakukan link building berkualitas. Popularitas sebuah domain bisa diketahui dari banyaknya jumlah inbound link ke website tersebut
  • Terakhir, yang dimaksud dengan ukuran domain adalah seberapa banyak jumlah konten atau artikel yang dimiliki oleh website tersebut. Jumlah yang dimaksud disini bukan semata- mata jumlah atau kuantitas, melainkan informasi bermanfaat yang diberikan oleh website kepada para pembaca. Kuncinya adalah membuat konten yang berkualitas untuk pembaca Anda sehingga situs web Anda mempunyai performa yang baik di mesin pencari.
Artikel Menarik Lainnya :   Panduan Lengkap MailChimp untuk Strategi Email Marketing Anda

 

Cara Mengetahui PA dan DA sebuah Website

Semakin tinggi nilai DA & PA, maka semakin baik kualitas sebuah website. Namun, bagaimana kita mengetahui nilai PA & DA website kita? Ada bebreapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya yang Panda Gila lakukan untuk mengetahui nilai DA dan PA website adalah dengan menginstall MozBar.

Namun jika Anda merasa kurang nyaman dengan bar di menu browser Anda, Anda bisa menggunakan beberapa website di bawah ini untuk meng-cek PA dan DA situs web Anda :

Cukup masukkan URL blog anda untuk mengeceknya.

  • http://moz.com/researchtools/ose
  • http://websiteseochecker.com/domain-authority-checker
  • http://moonsy.com/domain_authority
  • http://moonsy.com/page_authority
  • http://99webtools.com/page-authority-domain-authority-checker.php
  • http://smallseotools.com/domain-authority-checker
  • http://smallseotools.com/page-authority-checker

 

Dengan berbagai pilihan di atas, kini Anda dapat melakukan monitoring terhadap Domain Authority dan Page Authority (DA PA) situs web Anda.

Selamat mencoba!