Untuk para  blogger,  #SEO bukanlah sesuatu yang baru. SEO atau  kepanjangan dari Search Engine Optimization adalah langkah-langkah optimasi website yang dilakukan oleh seorang blogger atau webmaster untuk meningkatkan kualitas halaman websitenya menjadi lebih baikdi mata mesin pencari atau search engine. Dengan memiliki kualitas SEO yang baik, maka website tersebut akan memiliki ranking yang baik di mata Google dan memiliki trafik organik yang dapat mendatangkan banyak pengunjung ke website.

Trafik organik adalah trafik alami, yang datang dari search engine atau mesin pencari ketika website kita memiliki posisi yang unggul di halaman pencarian. Ketika sebuah website teroptimasi dengan baik, maka ia akan dapat berada di urutan atas sehingga trafik organik alias pengunjung dapat melimpah ruah, dibandingkan dengan website lain yang ranking nya berada jauh dibawah.

Sekilas Tentang SEO

Upaya SEO ini secara sederhana dibagi menjadi dua, yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page. SEO-Onpage adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari dalam, berkaitan dengan struktur website itu sendiri, untuk menjadikan website lebih SEO Friendly. Element penting dalam SEO On-Page antara lain:
*) Riset Keyword untuk menentukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang dibidik
*) Membangung website dengan struktur yang tepat, memiliki load cepat, navigasi baik dan juga tampilan menarik
*) Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
*) Mengatur Tag Description untuk mengatur deskripsi yang tepat untuk website
*) Mengatur Tag H1, H2, H3, H4 secara tepat
*) Internal Link Building
*) Membangun konten yang baik dan bermanfaat untuk para pembaca
*) Mengatur URL ( permalink ) menjadi SEO Friendly

Artikel Menarik Lainnya :   4 Alasan Mengapa Blogger Sebaiknya Memposting Ulang Konten Lama

lalu bagaimana dengan SEO Off-Page?
Berkebalikan dengan On-Page, optimasi secara Off-Page berarti dilakukan diluar website. Optimasi ini dilakukan ketika secara On-Page halaman kita sudah SEO Friendly sehingga kita perlu optimasi lanjutan yang perlu dilakukan di luar website itu sendiri. Optimasi Off-Page dilakukandengan cara membangun backlink dari situs lain menuju website yang sedang kita optimasi. Backlink ini dapat meningkatkan popularitas website kita di search engine, serta dapat juga dijadikan sebagai sebuah cara untuk menjaring customer. Beberapa jenis backlink antara lain:
*) Social Profile Link, yaitu sebuah link yang ditaruh di halaman profil sosial media
*) Social Bookmark Link, yaitu link dari social bookmark ( Digg, Diigo, Stumbleupon, Slashdot,dll )
*) Blog Commenting, yaitu link yang diperoleh  dari komentar blog saat blogwalking
*) Link dari web 2.0 Properties, seperti Blogspot, WordPress, Weebly, dan masih banyak lagi.

Apa Manfaatnya Bila Website Kita Memiliki SEO yang Baik dan Unggul?

Terutama untuk bisnis, maka memiliki ranking SEO yang baik di mesin pencari adalah penting. Jika SEO tidak penting, tentu kita tidak akan mendengar jasa SEO website memiliki harga yang cukup mahal, atau orang- orang tidak perlu repot- repot belajar SEO agar websitenya dapat unggul dari yang lain.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Meningkatkan Ranking SEO dengan Menggunakan Sosial Media

Sebuah perusahaan yang memiliki website dengan faktor  SEO yang unggul, berpotensi meningkatkan keuntungannya dariwaktuke waktu. Apalagi di era digital seperti ini, maka pemasaran online memiliki peranan yang amat penting. Adapun manfaat  utama SEO dalam pemasaran online sebuah bisnis, antara lain:
1. Trafik Potensial ke Website Bisnis untuk Dikonversi Menjadi Keuntungan
Point manfaat yang ini sudah Saya singgung di paragraph awal dan cukup mudah untuk dipahami. Sebuah website yang telah teroptimasi dengan baik akan unggul di mesin pencari seperti Google, sehingga dapat memiliki traffic organik yang baik dan visitor yang banyak dibandingkan dengan competitor sejenis yang berada di posisi di bawahnya. Nah, pengunjung ini tentu sangat vital untuk  bisnis Anda karena dapat dikonversi menjadi calon customer untuk bisnis yang Anda jalankan.

Ketika para pengguna mesin pencari menggetikkan kata kunci yang berhubungan dengan produk yang Anda miliki, maka tentu mereka mencari solusi terhadap masalah yang mereka miliki. Ketika mereka menemukan website Anda dan website Anda memiliki solusi yang mereka butuhkan, maka disinilah calon customer ini berpeluang besar menjadi customer Anda. Tentu saja Anda harus mengimbanginya dengan factor lain, seperti Copywriting yang ciamik, produk yang baik dan juga customer service yang handal. Dengan kombinasi ini, maka dijamin bisnis Anda akan semakin sukses kedepannya.

2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis
Brand Awareness atau kesadaran atau meleknya orang- orang terhadap brand atau merek yang Anda miliki dapat dipengaruhi oleh posisi website Anda di mesin pencari atau keunggulan dalam factor SEO. Ketika website Anda sering nangkring di halaman utama pencarian Google, maka nama brand Anda akan semakin familiar di mata para pengunjung. Dan ketika brand Anda semakin popular, tentu nominal penjualan Anda juga akan mengalami peningkatan yang sangat baik.

Artikel Menarik Lainnya :   Kamus SEO: A-Z Istilah SEO yang Wajib Diketahui Blogger Pemula

3. Mendapatkan Data Customer dengan Gratis
Ya, ketika Anda berpikir bahwa bisnis Anda penting dan Anda semakin ingin membesarkannya bersama customer Anda, maka database customer akan sangat penting. Hal ini akan mudah terjadi ketika website Anda memiliki posisi yang unggul di mesin pencari, dan Anda memiliki penawaran yang menarik, sehingga calon customer dapat secara sukarela memberikan datanya( email, nomor ponsel, dan alamat ) kepada Anda.

Bagaimana caranya? Pertama- tama, website Anda harus memiliki SEO yang unggul. Langkah kedua, Anda perlu menginstal layanan auto responder untuk menampung data customer Anda. Auto-responder adalah sejenis layanan yang dapat Anda gunakan untuk membangun email list customer Anda. Layanan ini ada yang berbayar, tapi banyak juga yang gratis. Yang ketigal, setelah data customer Anda peroleh, maka Anda dapat mulai memikirkan strategi penjualan terhadap data calon customer Anda. Tentu saja Anda dapat mengawalinya dengan berbagi gratisan, seperti e-book gratis, panduan gratis atau software gratis. Dengan menumbuhkan calon customer ini, maka mereka dapat terkonversi menjadi customer Anda. Yeaayyy…. Mengasyikkan bukan?