Masih efektifkah memanfaatkan backlink berkualitas dari aktifitas blog commenting? Tergantung. Ada beberapa mastah yang berpendapat bahwa sekarang backlink tidak penting lagi. Tapi menurut pengalaman Saya sejauh ini, plus pendapat dari mastah lainnya, backlink masih memiliki peranan penting. Dan untuk blog commenting ini sendiri, jenis backlink yang kita dapatkan harus benar- benar yang berkualitas, jadi tidak jenis backlink yang asal- asalan ya.

Backlink adalah komponen yang tidak terpisahkan dari yang namanya SEO #OffPage, yaitu upaya optimasi yang kita lakukan di luar website. Untuk membuat SEO Off-Page maksimal, maka link building harus dilakukan dengan mendapatkan backlink berkualitas dengan berbagai variasi. Sebelum kita melangkah jauh, mari kita bahas dulu apa itu backlink yang berkualitas :
*) Backlink yang berasal dari situs dengan page rank atau DA/PA yang bagus ( page rank sekarang tidak bisa dijadikan acuan ). Lebih bagus lagi jika backlink ini berasal dari website authority alias website yang sudah besar dan kerap menjadi rujukan untuk topik tertentu.
*) Backlink dengan niche yang sama atau topik yang relevan dengan topik website Anda. Dengan niche yang sama, maka Anda akan memperoleh backlink yang relevan dan ini sangat baik untuk website Anda.
*) Bersifat dofollow, yang ini sudah pasti ya, hanya sebagai pengingat saja bahwa backlink yang kita butuhkan adalah yang bersifat dofollow.

Mendapatkan backlink berkualitas ini dapat kita lakukan dengan berbagai caranya, antara lain adalah sebagai berikut:
*) Guest Post atau menjadi penulis tamu di website lain
*) Social Profile link, membuat link profil dari social media ke website kita
*) Membangunlink dari kegiatan men-submit di social bookmark seperti Digg, Linkedin, Stumbleupon, dsb
*) Link blog commenting dengan cara berkomentar di website- website lain ( ini yang akan kita kupas tuntas di artikel ini )

Mendapatkan Backlink Berkualitas dari Berkomentar di Situs Berkualitas

Ternyata dalam blog commenting ini berarti kita harus pilih- pilih mana situs yang akan kita komentari dan mana situs yang tidak akan kita komentari. Beberapa kriteria yang dapat Anda gunakan antara lain:
*) Situs yang memiliki page rank atau DA/PA yang bagus. Semakin tinggi skor ranking yang dimiliki website tersebut, maka semakin bagus untuk dikomentari. Tidak harus saklek ranking tertentu semua, Anda dapat melakukan variasi agar jenis backlink Anda terlihat natural.
*) Situs yang berkualitas, yang artinya situs tersebut memiliki konten yang bagus, desain dan navigasi yang jelas, sehingga situs tersebut bermanfaat untuk pembaca dan disukai Google.
*) Dapatkan juga backlink dari situs pemerintah atau situs pendidikan, karena situs- situs seperti ini memiliki reputasi yang baik di mata Google. Untuk mendapatkan backlink berkualitas tipe ini, carilah website dengan ekstensi .edu dan .gov atau jika situs lokal, maka ekstensinya adalah .go.id, .ac.id, dan sebagainya.
*) Jangan berkomentar di situs spam, situs dewasa, dan judi
*) Jangan terlalu agresif dalam mencari backlink. Misalnya Anda menggunakan satu hari penuh untuk mencari backlink hingga jumlahnya 100, hal seperti ini sebaiknya dihindari karena situs Anda akan terdeteksi melakukan spam dan justru dapat berakibat fatal. Sebaliknya, lakukan sewajarnya tapi konsisten. Mungkin Anda dapat memasang target #5 backlink per hari terlebih dahulu. Sedikit demi sedikit, tapi terlihat natural dan konsisten.

Artikel Menarik Lainnya :   14 Tips SEO untuk Meningkatkan Ranking Blog Anda Dengan Lebih Cepat

Tools yang Anda butuhkan untuk mencari backlink berkualitas :
*) SEOQuake Toolbar untuk melihat nilai pagerank, jumlah indeks, backlink, alexa rank, usia domain, dan sebagianya
*) Moz Toolbar untuk melihat skor PA/DA ( Page Authority/ Domain Authority )

Kedua tools ini gratis dan dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan hasil maksimal dalam berburu backlink. Untuk mendapatkannya, silahkan masuk ke ‘Alat’ >> ‘Pengaya/ Adds On’. Saat ini kedua tool ini baru bisa dipasang di browser Firefox dan Chrome.

Cara Mencari Situs Berkualitas untuk Blog Commenting

Sudah kan Anda menginstall tools yang Saya rekomendasikan diatas? Jika sudah, mari kita berburu backlink bersama! Ikuti step by step berikut ini :
1. Kunjungi Google, dan ketikkan kata kunci yang terkait dengan blog yang Anda miliki. Gunakna kata kunci “Notify me of follow up comments by email.”+”Reply” (kata kunci ) untuk menjaring website yang menyediakan fitur berkomentar. Misalnya di pencarian kali ini Saya mencari backlink dengan kata kunci “cara membuat blog”, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Lihat Gambar :
backlink berkualitas, blog commenting

2. Amati hasil pencarian tersebut dengan tool SEOQuake atau Moz toolbar. Dengan menginstall tools ini, Anda dapat mengidentifikasi jumlah indeks dan ranking dari sebuah website. Klik situs dengan rank yang tinggi,dan situs- situs tersebut lah yang akan Anda komentar nanti.
3. Buka situs tersebut satu per satu, dan mulai berikan komentar terhadap artikel tersebut. Apa isi komentarnya? Ya terserah Anda, yang pasti harus nyambung dengan isi artikel dan jangan Cuma sekedar ‘thanks gan, info menarik’ ( wehh… Saya paling benci tipe komentar seperti ). Biasakan untuk menjadi komentator yang baik, sehingga si pemilik blog pun akan dengan senang hati menyetujui komentar Anda untuk ditampilkan. Syukur- syukur mau mengunjungi website Anda juga sebagai timbal baliknya.
4. Yang perlu diperhatikan, cari website yang menyediakan fitur berkomentar dengan opsi memasukkan alamat URL website. Jika tidak ada opsi tersebut, maka tinggalkan saja.
5. Masukkan link website Anda, atau salah satu link postingan ke dalam kotak URL/ alamat website. Sedangkan untuk anchor teks, Anda dapat menggunakan judul postingan atau nama blog Anda.
5. Hindari memasukkan link website di dalam kotak komentar, karena dapat membuat komentar Anda terdeteksi sebagai SPAM. Jika sudah seperti ini, maka komentar Anda akan cenderung tidak disetujui. Sia- sia, bukan?
5. Setelah semua selesai dan komentar Anda disetujui untuk ditampilkan, maka Anda mendapatkan backlink dari situs tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :   Apa Saja Manfaat Internal Link untuk Website/ Blog?


Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dari Situs Pemerintah dan Situs Pendidikan
Seperti yang Saya ungkapkan sekilas tadi, situs yang berekstensi pemerintah dan pendidikan memiliki reputasi yang baik di mata Google. Jadi, sebaiknya Anda tidak melewatkan kesempatan untuk berburu backlink ini. Lalu bagaimana caranya mendapatkan backlink dari situs ini? Anda boleh memilih beberapa metode berikut ini:
1. Menggunakan Teknik Footprint Manual
Apa itu teknik footprint? Footprint artinya jejak kaki, dalam glossary website, ini berarti jejak dari sebuah website. Contoh- contoh footprint adalah ‘powered by WordPress’, atau ‘powered by Blogger’. Nah itulah yang dimaksud dengan footprint. Lalu apa hubungannya degan mencari backlink berkualitas pemerintah/ pendidikan. Sabar, ini baru mau dijelasin 🙂

Footprint ini dapat kita manfaatkan untuk mempermudah pencarian kita terhdap situs tertentu. Untuk mencari backlink dari situs pemerintah/ pendidikan ini, maka ada beberapa jenis footprint yang dapat kita gunakan, yaitu :
*) site:.gov , kode footprint yang akan kita gunakan untuk mencari situs pemerintah luar negeri .gov
*) site:.go.id, kode footprint untuk situs pemerintah dalam negeri
*) site:.edu, kode footprint untuk mencari situs pendidikan luar negeri
*) site:.ac.id atau site:.sch.id, kode footprint untuk mencari situs pendidikan dalam negeri
*) site:.gov inurl:blog “post a comment” atau site site:.gov inurl:blog “leave a comment”, kode untuk mencari situs .edu yang menyediakan fasilitas komentar ( ini jenis footprint yang dapat Anda gunakan nanti )
*) site:.com powered by Blogger, ini kita gunakan untukmencari situs blog dengan ekstensi domain.com, dan website tersebut dikembangkan dengan platform Blogger

Artikel Menarik Lainnya :   5 Tips SEO Sederhana untuk Seorang Editor Konten

Study Case…
Sebagai percobaan, Saya akan mencoba blog commenting dengan menggunakan teknik footprint ini dan kata kunci bidikan ‘internet’ :

Lihat Gambar :
backlink berkualitas, situs pendidikan,ac.id

Saya akan memberikan komentar di situs yang muncul di peringkat #1 – #2. Cara yang Saya lakukan adalah sebagai berikut :

Lihat Gambar :
blog commenting, cara berkomentar

blog commenting, cara berkomentar

Setelah men-submit selesai, maka komentar Saya akan minta untuk dimoderasi oleh admin web. Jika admin web menyetujui, maka komentar Saya akan ditampilkan di postingan tersebut. Selesai.

2. Menggunakan Tools ‘Drop My Link’ atau ‘Chase The Footprint’
Drop My Link adalah sebuah situs yanga dapat membantu Anda untuk menemukan blog tertentu dengan menyediakan 60 teknik footprint. Bagi Anda yang malas untuk mengingat- ingat jenis footprint, ini alternative yang sangat bagus. Untuk menggunakan tool ini, silahkan ikuti langkah- langkah sebagai berikut:
*) Keyword : isi dengan kata kunci yang dibidik
*) Find : isi dengan opsi footprint yang Anda inginkan
*) Lalu klik tombol ‘Search’, maka Anda akan dibawa ke halaman pencarian Google sesuai dengan keyword dan teknik footprint yang Anda pilih tadi.

drop my links, tools backlink

Sama halnya dengan Drop My Link, Chase The Footprint melakukan hal yang sama untuk membantu Anda menemukan kata kunci yang dibidik. Anda tinggal masukkan keyword dan memilih jenis footprint yang akan Anda gunakan untuk berburu backlink berkualitas, dan selanjutnya tools ini akan membantu Anda untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.
chase the footprint, tools pencari backlink

Bagaimana, sudah semangat lagi berburu backlink berkualitas? Ayo dimulai sekarang juga!