Mencari uang tambahan dari internet? Hmmm.. sepertinya hal ini bukan hal yang asing lagi, bukan? Jika Anda sudah lama bergelut sebagai blogger, Panda Gila yakin Anda pasti sudah sangat familiar dengan aktifitas mencari uang dari Internet.

Salah satu cara untuk mencari uang tambahan dari internet yang populer adalah dengan bekerja sebagai freelancer. Untuk Anda mahasiswa, atau pekerja yang ingin memanfaatkan waktu luang secara produktif, tidak ada salahnya untuk mencoba aktifititas yang satu ini.

 

Situs Freelance Terbaik di Indonesia

Pada umumnya, pekerja yang paling banyak dicari dalam situs freelance adalah untuk mereka yang mempunyai keahlian dalam membuat desain, pembuatan website, menulis, dan menerjemahkan. Jika memang salah satu dari hal ini yang menjadi passion Anda, coba lah untuk bergabung dalam situs freelance terbaik dan terpercaya berikut ini :

1. Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia - Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Freelancer Indonesia dikenal sebagai salah satu situs freelance terbesar di Indonesia. Website ini sendiri merupakan versi Indonesia dari situs start up dari Australia, Freelance. FreelanceIndonesia meng- klaim bahwa mereka telah terhubung dengan lebih dari 29.403.813 pencari jasa dan freelancer di lebih dari 247 negara, wilayah, dan teritori.

Artikel Menarik Lainnya :   Facebook Ads vs Google Adwords, Mana yang Lebih Efektif?

Ragam pekerjaan yang bisa Anda tangani di Freelance Indonesia cukup beragam, mulai dari IT, marketing desain, translator, hingga jurnalistik. Saat menerima job, Anda akan dijelaskan secara detail di setiap entri proyek. Anda akan melihat nama, deskripsi proyek, kehalian apa saja yang dibutuhkan, jumlah orang yang melamar pekerjaan tersebut, berapa upah untuk pekerjaan, dan deadline pekerjaan.

Yang menarik, Freelancer juga kerap menawarkan kontes dimana Anda dapat bersaing dengan freelancer lain untuk mengerjakan proyek yang nantinya akan dipilih oleh klien.

Jika Anda ingin bergabung dengan situs yang satu ini, pastikan bahwa Anda mempunyai kartu kredit atau akun PayPal karena mereka melakukan dan menerima pembayaran melalui dua payment method tersebut.

 

2. Sribulancer

Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Sribulancer adalah salah satu situs web freelance terpopuler di Indonesia. Di situs ini, Anda dapat menemukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan jasa pembuatan website, desain grafis, penerjemah, hingga yang berhubungan dengan social media marketing.

Artikel Menarik Lainnya :   Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Bergabung dengan Program Afiliasi

Sribulancer mempunyai reputasi yang baik dan terpercaya dalam membayar penggunanya. Yang menarik, Sribulancer tersedia dalam dua versi Bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Indonesia. Mereka juga memberikan opsi kepada penggunanya untuk menerima pembayaran dalam bentuk rupiah ataupun US dollar. Untuk membayar anggotanya, mereka menerima pembayaran melalui transfer bank.

 

3. Projects.co.id

Projects.co.id - Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Melalui Projects.co.id, Anda bisa menemukan pekerjaan sampingan untuk IT, SEO, media sosial, dan digital marketing lainnya. Selain pekerjaan, Anda juga dapat melakukan transaksi jual beli digital, seperti desain kaos, template website, eBook, dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur unik dari Projects ini adalah tersedianya program Affiliate Referral. Saat mempromosikan URL sebuah project tertentu, dan ada orang yang melakukan transaksi lewat URL tersebut, maka Anda dapat menikmati komisi berkisar antara 10 – 20 persen dari harga proyek.

 

4. Gobann

Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Gobann juga menjadi situs freelance yang cukup populer di Indonesia. Situs ini mempunyai sistem yang cukup unik dimana semua jasa yang ditawarkan di situs ini mempunyai harga sama rata, yaitu Rp 50.000. Karena keunikan harganya ini lah banyak freelancer di Gobann yang menawarkan jasa- jasa unik, seperti membuat karikatur foto, membuat slide berisikan 10 foto dengan background salju, bahkan membersihkan kamar dalam 1 jam. Metode pembayaran yang tersedia untuk website ini antara lain adalah T-Cash, transfer bank, dan Paypal.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Riset untuk Menemukan Produk dan Supplier Terbaik di Marketplace

 

5. Sribu

Sribu - Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Sribu adalah anak perusahaan dari Sribulancer yang hanya fokus untuk graphic designer. Jenis desain yang mereka tawarkan pun cukup beragam, mulai dari desain website, aplikasi mobil, logo, hingga interior. Sribu mempunyai sistem kontes dimana para desainer grafis dapat memasukkan karya mereka kepada pemilik proyek. Langkah selanjutnya, pemilik proyek akan memilih mana karya yang paling mereka sukai.

 

Tertarik untuk Menjadi Freelancer?

Jika iya, tidak ada salahnya mencoba satu atau lebih dari 5 situs freelance terbaik di Indonesia tersebut. Saat Anda menekuninya, bisa jadi hasil yang Anda inginkan lebih dari yang Anda harapkan.