Jika bicara tentang brand, maka logo adalah salah satu identitas yang sangat penting untuk sebuah brand. Tidak jarang, dalam logo tersebut tersimpan visi misi yang diusung oleh brand tersebut.

Untuk mendesain logo brand, Anda tidak harus menunggu bisnis Anda besar dulu. Lakukan lah sesegera mungkin! Terutama karena semua yang dijalankan di era digital perlu dibranding serba maksimal, bahkan sekalipun Anda memulainya dari toko online kecil di Instagram.

“Tapi anu mas, masalahnya Saya itu nggak bisa desain…”

Untuk membuat desain logo, Anda tidak harus jago desain. Memang sih, Anda bisa juga meng- hire seorang desainer jika memang ingin hasil yang sempurna. Namun, itu buksan sebuah keharusan.

Di artikel ini, kita akan belajar menciptakan sebuah logo brand yang menarik dan berkualitas tanpa khawatir dengan skill desain atau dana yang harus dikeluarkan. Siap untuk membuat logo brand Anda?

 

Tips Membuat Logo Brand untuk Bisnis dan Perusahaan

Seringkali kita memikirkan hal rumit saat akan membuat desain sebuah brand atau perusahaan. Kenyataannya, kesederhanaan adalah salah satu kunci yang sering dipakai oleh brand- brand terkenal di dunia.

DesignBuddy menganlisis logo dari top brand dunia dan mencari kesamaan dari brand- brand tersebut. Hasil dari analisanya ini dapat menjadi pertimbangan Anda dalam membut desain logo brand Anda :

  • 95% top brand dunia menggunakan 1 atau 2 warna.
  • 41% dari brand menggunakan tipe stylized sebagai logo mereka.
  • 93% dibuat simple. Jadi ketika digunakan dalam ukuran kecil pun orang-orang tetap akan tahu.

Selain itu, ada Creative Blog yang juga membeberkan tips dalam membuat logo brand bisnis atau perusahaan :

  • Logo harus simple agar lebih fleksibel dan efektif
  • Logo harus memorable (mudah diingat)
  • Logo harus abadi. Logo yang efektif biasanya akan bertahan saat diuji oleh waktu. Baik itu 10 atau 20 tahun yang akan datang, logo tersebut masih ada dan diingat
  • Logo harus fleksibel, yang artinya harus bisa dipakai dan bekerja di berbagai media dan aplikasi
  • Logo harus sesuai dengan tujuan atau visi misi yang diusung
Artikel Menarik Lainnya :   Apa itu Microsoft Imagine? Bagaimana Cara Menggunakannya?

 

Untuk membuat logo yang baik seperti tips di atas, maka coba lah untuk menghindari kesalahan umum yang kerap terjadi saat mendesain logo brand berikut ini :

  • Hindari penggunaan clip art yang tidak menarik
  • Jangan membuat logo Anda terlalu rumit
  • Pastikan logo Anda tetap terlihat menarik dalam balutan warna hitam putih

 

Aplikasi untuk Menciptakan Logo (Logo Maker) secara Gratis

Tak perlu skill desain khusus, Anda dapat membuat logo brand Anda dengan mudah dan gratis menggunakan tool desainer online. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi menarik yang dapat Anda gunakan :

1. Logo Maker – Logo Creator, Generator & Designer

Tool yang satu ini dapat digunakan melalui aplikasi mobile untuk Android dan iOs. Dengan menjawab beberapa pertanyaan seputar bisnis Anda, aplikasi ini akan memberikan Anda rekomendasi desain logo dari ratusan template yang tersedia. Dari template ini, tugas Anda selanjutnya adalah menyesuaikan warna dan font sesuai kebutuhan Anda.

Setelah selesai, Anda dapat mengunduh semua asset brand yang dibutuhkan, termasuk gambar logo dengan berbagai ukuran agar bisa Anda gunakan untuk berbagai platform.

Artikel Menarik Lainnya :   Ingin Mulai Usaha Tapi Modal Tipis? Coba Peluang Usaha dengan Modal Di Bawah 500 Ribu Ini

Versi gratisan dari aplikasi ini sebenarnya sudah sangat cukup untuk menghasilkan logo yang menarik dan kreatif. Meski begitu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai template logo premium yang dapat Anda beli kapan saja.

 

2. Logojoy

Logojoy memberikan kemudahan untuk siapa saja yang ingin membuat logo brand perusahaan mereka secara online. Dengan memilih contoh desain yang Anda sukai dan menjawab beberapa pertanyaan, Anda akan mendapatkan rekomendasi hasil desain berdasarkan jawaban Anda.

Jika dari beberapa rekomendasi yang disediakan Anda merasa belum puas, Anda dapat mencoba kembali ke halaman awal dengan memilih lebih banyak logo lagi. Anda dapat mengubah logo yang Anda inginkan sampai benar- benar mendapatkan apa yang Anda mau.

 

3. Logo Maker by Ucraft

Aplikasi gratis yang satu ini dapat Anda gunakan untuk mencari tahu apakah Anda mempunyai skill desain tersembunyi atau tidak. Selain itu, Anda juga dapat membuat logo brand untuk bisnis atau perusahaan dengan berbagai pilihan icon, shape, dan font yang menarik.

Logo Maker by Ucraft juga gratis jika Anda mengekspor logo ke dalam format .png. Untuk menyimpan dalam format .svg, Anda akan dikenakan biaya kurang lebih $12.

 

4. GraphicSpring

Menggunakan tool yang satu ini, seolah- olah Anda mempunyai tool editing gambar di komputer Anda. Salah satu fitur unggul mereka adalah kemampuan untuk membagi tipe logo sesuai dengan bisnis Anda. Yang lebih menarik lagi, Anda dapat meng- hire salah satu orang dari GraphicSpring untuk menciptakan logo dengan versi yang lebih professional. Anda bisa menikmati desain logo yang Anda buat secara gratis. Namun untuk penggunaan logo secara komersil dan tak terbatas, Anda dapat mengunduhnya dengan merogoh kocek $19.9.

Artikel Menarik Lainnya :   Logo dan Style Baru Instagram Panen Sindiran dan Hujatan

 

5. Logoshi

Logoshi cocok untuk Anda yang ingin membuat logo branda atau perusahaan yang sederhana. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memberikan informasi yang mereka butuhkan, yaitu nama perusahaan, slogan, inisial, dan pilihan warna. Jika Anda ingin membuat logo dengan variasi lebih, maka coba lah untuk menggunakan tool logo designer mereka dalam versi premium.

 

6. Logaster

Logaster mungkin tidak se-up to date tools lainnya. Meski begitu, banyak orang masih menggunakan tool yang satu ini karena variasi logo dan fitur menarik yang mereka tawarkan. Untuk membuat logo beresolusi rendah, Anda dapat mengunduhnya secara gratis. Sedangkan untuk logo beresolusi tinggi, Anda harus merogoh kocek kurang lebih $9.99.

 

Sudah mencoba ke-enam tool di atas?? Jika masih belum puas, Anda juga bisa mencoba beberapa tool pembuat logo brand gratis berikut ini :

  • Logospire
  • Logopond
  • LogoMoose
  • Dribbble
  • Logo Faves

 

Alasan Mengapa Logo Brand untuk Bisnis itu Penting

Seperti yang sempat disinggung di atas tadi, logo adalah identitas sebuah brand. Dalam bisnis, logo adalah sebuah tampilan secara visual yang mewakili perusahaan atau brand. Logo brand membuat sebuah bisnis tampil stand out saat masuk ke dalam sebuah kompetisi, terutama dalam market yang lumayan crowded.

 

Sekarang, Anda sudah siap untuk menciptakan desain logo brand Anda sendiri. Selamat mencoba!