Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bisnis afiliasi seperti Clickbank atau Amazon, bukan? Nah, yang sering Anda dengar juga, mengikuti program bisnis afiliasi ini atau juga dikenal dengan affiliate marketing ini hasilnya lumayan menggiurkan. Padahal, untuk mereka yang sudah lama menekuni bisnis online ini, cara kerjanya cukuplah mudah, Anda tinggal menjualkan produk milik orang ke mereka yang membutuhkan. Sudah tidak asing dengan cara ini kan?

Yups, dasar dari bisnis affiliasi adalah Anda berperan sebagai broker atau mitra affiliasi yang menjualkan produk dari penjual atau merchant kepada para konsumen. Disini semua pihak akan merasa sama- sama diuntungkan. Seorang pembeli akan merasa untung karena mendapatkan barang yang diidam- idamkannya. Merchant merasa untuk karena barangnya laku tanpa harus menjualnya sendiri. Sedangkan si mitra afiliasi juga merasa untuk karena dia mengantongi komisi yang lumayan dengan menjualkan barang miliki orang lain.

Produk afiliasi ini tidak hanya menjual barang yang fisik saja, tapi juga berupa produk digital. Beberapa macam bisnis afiliasi yang cukup populer di kalangan affiliater antara lain adalah ClickBank ( menjual produk digital ), Amazon ( menjual produk digital dan fisik ), Agoda ( melayani pemesanan kamar hotel ), Lazada, TipsHamil.com ( menjual ebook kiat cepat hamil ), dan masih banyak lagi. Sekali nyemplung Anda dijamin ketagihan. Kenapa? Karena hasilnya sangat lumayan bro! ^_^

 

Cara Mendulang Penghasilan dari Menjual Produk Afiliasi

Sampai di bagian ini, Saya yakin Anda memiliki minat yang cukup besar untuk menjadi seorang #affiliate marketer. Saya yakin Anda bisa melakukannya dengan baik asalkan tekun dan benar- benar mau belajar. Mengejar sales pertama memang tidak mudah untuk pemula. Namun sekali pecah telor, memecahkan rekor kedua dan ketiga akan menjadi lebih mudah untuk Anda.

Baik lah, langsung saja, berikut ini adalah cara mendapatkan uang dari mengikuti bisnis afiliasi atau affiliate marketing :

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu
Melakukani riset sangat penting ketika Anda ingin melakukan sebuah bisnis, apa pun jenis bisnis nya. Di dalam riset ini, Anda akan mengumpulkan sebanyak- banyaknya informasi tentang program afiliasi yang akan Anda ikuti. Point apa saja yang perlu Anda catat dalam riset ini? Yang pertama- tama adalah jenis produknya, lalu persentase komisinya, prosedur pembayaran, reputasi, fasilitas pendukung untuk mitra afiliasi,berapa biaya bergabung jika Anda, sudah sesuaikah dengan passion Anda, dan juga review dari affiliaters yang sudah bergabung.

Artikel Menarik Lainnya :   3 Kesalahan Copywriting yang Dapat Membunuh Email Marketing Anda

Dengan mencari informasi sebanyak- banyaknya tentang bisnis afiliasi yang akan Anda ikuti, maka Anda akan semakin mantap untuk bergabung dan mencicipi bisnis ini. Salah satu yang terpenting, pastikan merchant yang ingin Anda ikuti ini mendapatkan review positif. Jangan mencari informasi ini di situs merchant, tapi cari tahu lah melalui jejaring sosial, forum online atau blog yang tidak terkait dengan situs merchant.

2. Mulai Bergabung
Apalagi yang Anda tunggu jika sudah yakin merchant tersebut berkualitas dan layak dicoba? Tentu saja bergabung saat itu juga. Nah di program affiliate marketing ini, pendaftarannya ada yang gratis, namun ada juga yang berbayar. Beberapa ada yang melalui tahap seleksi, namun ada juga yang langsung diterima untuk bergabung. Yang pasti, ketika Anda sudah resmi bergabung, maka Anda akan mendapatkan link affiliate unik yang akan Anda gunakan untuk berjualan. Jika ada calon buyer yang meng-klik link Anda, maka sistem merchant akan otomatis mencatat tanggalnya. Jika link affiliate Anda menghasilkan penjualan, otomatis sistem merchant akan me-regenerate nya menjadi komisi untuk Anda. Di akses login, semua informasi ini biasanya dapat Anda akses dengan mudah.

3. Mulai Sebarkan Link Affiliate Anda
Semakin sering link Anda di klik, maka semakin besar peluang penjualan yang Anda ciptakan. Maka dari itu, lakukan effort semaksimal mungkin untuk membuat link affiliate Anda laku. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan distribusi link affiliate Anda antara lain adalah :
– melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter
– sebarkan link melalui forum
– manfaatkan email marketing atau list building Anda
– Beriklan
– Bangun website Anda agar lebih maksimal

Artikel Menarik Lainnya :   Lima Jenis Media Promosi Online Murahan yang Wajib Anda Hindari

Dengan beriklan, salah satu keuntungan yang dapat Anda peroleh adalah mendapatkan banyak klik yang berpotensi menjadi penjualan langsung. Sedangkan dengan website, meskipun butuh proses tapi efeknya akan membantu Anda dalam jangka panjang, bahkan ketika Anda tidak lagi beriklan.

Ketika mempromosikan produk bisnis affiliasi Anda, jangan senang dulu jika banyak yang mengklik link Anda. Untuk apa klik link banyak jika tidak terkonversi menjadi penjualan? Maka dari itu, penting sekali untuk Anda menggambarkan manfaat produk yang Anda jual sehingga calon buyer terpikat dengan produk Anda dan akhirnya mantap untuk membeli. Di sini… manfaatkan lah ilmu copywriting yang telah Anda pelajari selama ini.

4. Bangun Situs Web Anda
Website bukan hanya sebagai pendukung bisnis afiliasi saja, melainkan salah satu senjata utama yang mematikan. Dengan website, Anda dapat membuat ulasan detail dengan copywriting ciamik yang dapat memikat calon pembeli. Selain itu, di website, Anda dapat membangun kerajaan affiliate Anda. Misanya Anda mengikuti beberapa jenis affiliate, Anda dapat menjadikan website ini sebagai wadah utama dimana calon pembeli dapat mengakses produk- produk yang Anda jual, membandingkannya kemudian memilih satu yang terbaik. Bisa juga setelah membeli satu produk Anda menawarkan produk lainnya, sehingga dapat menghasilkan sales ganda melalui satu website saja.

Untuk membuat website affiliate ini, buatlah dengan professional. Sediakan domain dan hosting yang handal agar jualan Anda terlihat sedikit professional. Pilih nama domain yang sederhana dan mudah diingat, sekaligus menggambarkan niche produk yang Anda jual. Untuk membuat website ini, Anda bisa membuatnya sendiri dengan CMS  berbasis #WordPress atau bisa membayar jasa pembuatan website untuk menciptakan website secara instant.

Setelah website Anda jadi, jangan lupa untuk melakukan SEO On-Page dan Off-Page agar website Anda maksimal di mesin pencari di dijangkau visitor tertarget. Jangan lupa juga untuk selalu aktif di forum- forum marketer dan jejaring sosial agar link affiliate Anda semakin populer dan berpeluang sales.

Artikel Menarik Lainnya :   Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Bergabung dengan Program Afiliasi

5. Bangun Reputasi
Sering heran kenapa banyak internet marketer yang rajin melakukan pencintraan di #sosialmedia? Karena itulah salah satu strategi mereka untuk mengumpulkan audiens tertarget. Dan itu tidak dosa sama sekali dan justru sangat disarankan untuk dilakukan. Tentu saja bukan berarti Anda akan mati- matian melakukan pencitraan, tapi bangun lah komunikasi dengan pasar Anda, bersosialisasi lah dengan baik dan berkan value agar reputasi Anda tercipta dengan sendirinya.

Bukan hanya itu saja, ketika Anda mulai menghasilkan sales, jadilah affiliate yang supportif kepada customer Anda. Ketika pembeli dari link afiliasi Anda membutuhkan bantuan, jadilah customer service handal yang ramah dan cepat dalam memberikan solusi. Jadilah teman baik untuk para customer Anda, sehingga ketika Anda menjual produk sejenis yang mereka butuhkan, maka mereka tidak akan berpikir berkali- kali lagi untuk membeli dari link affiliate Anda.

Jalin juga silaturahmi dengan affiliate marketer lainnya. Mungkin sesekali Anda dapat berbalas chat atau berkomentar di jejaring sosial. Atau bisa juga dengan kopdar untuk transfer ilmu dan meng-upgrade diri. Tidak hanya dengan senior saja, tapi juga dengan newbie- newbie yang masih haus arahan.

Di dunia affiliate marketing, reputasi sangat lah penting. Jadi bangun dan pupuk lah agar reputasi Anda terjaga dan tidak jatuh. Sering- sering melakukan evaluasi terhadap kinerja Anda, baik itu pre-sales maupun after-sales. Dengan reputasi yang baik, bukan tidak mungkin suatu saat Anda memiliki merchant Anda sendiri dan memiliki pasukan affiliaters yang siap membantu Anda. Asyik kan kalau sampai bisa membayangkan ini terjadi? Maka dari itu, mulai bekerja keras lah dari sekarang.