Bagi pelaku bisnis online dan blogger, Facebook tentu bukan hal yang asing lagi. Dengan social media yang satu ini, maka pebisnis online dan #blogger bisa meningkatkan omset bisnis mereka atau trafik website mereka secara signifikan, tapi terlalu repot memusingkan SEO. Bagi user, Facebook adalah media yang pas dimana mereka bisa mendapatkan beragam informasi seperti berita terbaru yang sedang banyak dibicarakan, berbagi foto atau menjalin komunikasi dengan teman lama.

Untuk mendapatkan tujuannya, pelaku bisnis online tentu harus memiliki strategi khusus. Salah satunya adalah dengan mengumpulkan fan mereka dalam satu wadah yang disebut dengan fanpage atau halaman fans. Dengan menggunakan fitur fan page ini, maka pebisnis online dapat mengumpulkan fans mereka untuk diberikan edukasi seputar konten dan promosi produk menarik. Agar maksimal, pemilik fanpage harus bisa mengelola fanpage ini dengan baik agar audiens merasa bahwa fanpage Anda cukup menarik dan memberikan kesan tertentu untuk mereka.
Di dunia bisnis, semakin popular sebuah fanpage, maka akan semakin baik dampaknya untuk sebuah brand/ bisnis. Popularitas ini kerap diukur dari banyaknya jumlah fans atau liker dalam fanpage tersebut, serta tingkat keterlibatan ( engagement ) antara brand dan audiens. Tidak salah, branding via social media memang sangat penting. Nah, ini lah pentingnya seorang pemiliki fan page untuk mengenal yang namanya #FacebookAds.

Ketika Fanpage Berkolaborasi dengan Facebook Ads

Kenapa Facebook Ads penting untuk sebuah fanpage? Tentu saja sangat penting. Bisa dibilang saat ini Facebook Ads sedang berada di puncak popularitasnya. Dalam waktu yang relatif singkat, Facebook kini dapat disejajarkan dengan platform periklanan popular lainnya seperti Google Adwords. Tapi tentu saja berbeda, karena Adwords sasarannya adalah search engine atau mesin pencari. Sedangkan Facebook Ads lebih ke platform social media Facebook, dengan target spesifik yang ingin dituju.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Membuat Status Terjadwal di Facebook Fans Page

Beriklan di Facebook dikenal sangat efektif karena disini pengiklan bukan hanya dapat menentukan lokasi yang ditargetkan, tapi juga karakteristik audiens yang ditargetkan ditinjau dari gender, lokasi, usia, jenjang pendidikan, daya beli dan interest/ minat. Misalnya Anda ingin mempromosikan produk Anda yang berupa kerajinan tangan atau mainan anak rumahan. Maka Anda dapat membuat Facebook Ads untuk fanpage Anda dengan target market ibu- ibu usia 20-45 tahun, di wilayah tertentu dengan interest terkait craft, baby shop, baby toys, toys, children, busy book, book dan lain sebagainya.

1. Facebook Ads “Promotet Your Page”
Untuk tahap awal, yang paling wajib Anda lakukan adalah menggunakan Facebook Ads untuk meningkatkan jumlah fans ( liker ) #fanpage Anda. Anda dapat menggunakan ‘Page Likes Sponsored Stories’ ( Promote your Page ), adalah salah satu fitur Facebook Ads yang digunakan untuk mempromosikan sebuah fanpage agar menjangkau orang- orang yang memiliki interest sesuai dengan produk/ brand Anda.

Lihat Gambar :
facebook ads,fanpage,promote page,page likes

Tipe iklan Facebook Like Page ini akan muncul dalam tiga jenis tampilan yang berbeda, yaitu tampilan newsfeed, tampilan yang muncul di kolom kanan ( right coloumn ads ) dan mobile. Dengan menggunakan fitur ini, maka dijamin jumlah fans Anda akan mengalami lonjakan yang lumayan, tergantung dari budget yang Anda sediakan, interest yang dibidik dan niche/ interest halaman fan Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Apa itu Instant Articles? Hal- Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mendaftar

2. Ciptakan Kontes/ Kuis untuk Menarik Audiens Berinteraksi
Kontes atau kuis dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk membuat fanpage Anda terlihat lebih hidup dan kaya akan interaksi. Tips ini bukan rahasia lagi adalah salah satu cara untuk meningkatkan jumlah interaksi di fanpage Anda. Tidak perlu pusing memikirkan kontes atau kuis yang ribet atau hadiahnya mahal. Anda mungkin cukup menyiapkan 3-5 hadiah konsep dengan periode kontes 1-2 bulan. Syaratnya pun dibuat mudah, yaitu ajak mereka untuk like dan tag teman mereka yang menyukai produk tersebut. Selain fanpage Anda jadi ramai interaksi, Anda juga bisa kebanjiran liker baru yang lumayan ( karena salah satu syarat ikut kontes adalah dengan like fanpage Anda ^_^ ). Ekstra.. ekstra.. ekstra pokoknya :).

3. Manfaatkan Daftar Email Aktif Anda
Anda memiliki daftar email aktif yang dulu pernah Anda miliki sebagai jaringan atau email building? Manfaatkan lah list tersebut seabgai target likers Anda selanjutnya. Jika Anda tertarik untuk menjajal fitur ini, Anda dapat mencoba fitur ‘Ads Sponsored Search’ atau ‘Ads Marketplace’.

Namun jika list email Anda hanya berjumlah sedikit, Anda dapat mengoptimalkan bidikan Anda pada target- target berkualitas lainnya dengan menggunakan fitur ‘Create Similar Audiens’ di menu power editor. Dengan demikian, Anda kini memiliki target- target berkualitias yang berada di luar jangkauan Anda, tapi sangat potensial untuk menjadi fans dalam waktu dekat.

Artikel Menarik Lainnya :   Tutup Akun Facebook Anda Selama 1 Minggu, dan Lihat Perubahan yang Terjadi Dalam Hidup Anda

4. Memaksimalkan Precise Interest
Precise Interest berartii Anda membidik orang- orang yang potensial menjadi fans Anda dalam jangkauan yang lebih luas. Bisa dibilang, Anda disini akan mencoba untuk sedikit melebarkan interest Anda. Bisa juga Anda membidik konsumen dari kompetitor Anda. Misalnya Anda menjual i produk berupa gadget, maka Anda dapat membidik sebuah fanpage popular yang memiliki konsumen gadget- gadget terkini, atau Anda juga membidik kampus yang siswanya banyak menggunakan smartphone atau penggemar kafe high-class yang Anda yakin audiens nya adalah masyarakat menengah ke atas yang doyan gonta- ganti gadget.

Jadi, ternyata ada banyak cara kan untuk membesarkan fanpage Anda? Selain tips di atas, tentu saja Anda dapat bereksperiman dengan berbagai jenis Facebook Ads lainnya untuk memaksimalkan potensi fanpage Anda. Semakin banyak praktek dan optimasi, maka hasil yang lebih baik akan Anda peroleh dalam campaign Facebook Ads Anda dan optimasi Fanpage Anda. Selamat mencoba!