Bagi Anda yang sudah atau sedang mengembangkan website, pasti Anda sering memantau trafik website Anda, bukan? Namun pernahkah Anda mengalami kejadian dimana trafik website Anda menurun atau bahkan merosot tajam tiba-tiba? Jangan dulu panik, karena menurunnya trafik suatu website pasti ada penyebabnya, baik karena faktor internal maupun eksternal.

Coba diingat kembali, apakah Anda pernah melanggar aturan Google secara tidak sengaja? Atau melakukan hal lain yang tanpa disadari memberikan efek terhadap trafik website Anda? Yuk simak apa saja penyebab trafik suatu website dapat menurun secara tiba-tiba.

 

Mengganti Nama Domain Website/Blog

Nama domain ibarat seperti alamat rumah, jika alamat rumah Anda diganti maka tentu saja alamat domain anda juga akan diganti. Hal ini tentu saja akan membuat trafik website menurun karena pengunjung yang biasa datang ke rumah lama belum mengetahui alamat baru rumah anda. Dalam hal ini, visitor website lama anda juga tidak mengetahui alamat domain yang baru. Sebagai solusinya, anda bisa melakukan redirect url lama ke url baru pada Google Search Console.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Tepat Menggunakan Heading Tag H1 H2 H3 – H6 Agar SEO Friendly

 

Melakukan Perubahan Desain Atau Template Website

Mengganti nama domain jelas akan menurunkan trafik website, namun mengapa melakukan redesign bisa menurunkan trafik website juga? Ternyata dengan merubah desain atau template website akan membuat mesin pencari harus kembali mengindeks website kita dari awal setelah sebelumnya sudah terbiasa dan hafal dengan website kita. Namun hal ini biasanya hanya akan berlangsung sebentar dan setelah kira-kira satu bulan trafik website akan kembali normal, asal jangan sering-sering ganti template website. Selain merubah template, menyematkan script terlalu banyak pada sumber HTML template juga bisa membuat search engine harus mempelajari kembali bahasa pemrogaman pada website kita sehingga hal ini juga dapat menurunkan trafik.

 

Perubahan Algoritma Oleh Search Engine

Ketika suatu mesin pencari melakukan update algoritma baru, semua situs web akan mengalami dampak dari update algoritma tersebut. Dampak yang diberikan dapat berefek positif atau negatif tergantung bagaimana Anda selama ini merawat website atau blog. Sebaiknya Anda tidak melakukan optimasi SEO secara berlebihan agar algoritma mesin pencari tidak memberikan hukuman pada website dan jika ini terjadi, mungkin saja hal tersebut dapat juga menjadi penyebab trafik turun.

Artikel Menarik Lainnya :   4 Alasan Mengapa Blogger Sebaiknya Memposting Ulang Konten Lama

 

Tidak Konsisten Dalam Memperbarui Konten

Sebagai seorang blogger, sebaiknya jangan terlalu malas update konten, namun jangan terlalu semangat mengupload konten bahkan hingga update artikel terlalu banyak dalam waktu singkat. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap trafik website. Sebaiknya update konten secara berkala 1 hingga 3 artikel per hari atau per minggu asal konsisten dan kontennya orisil alias tidak copas. Sebetulnya copy paste artikel dari blog lain wajar-wajar saja asalkan masih mencantumkan sumbernya berupa link aktif. Tapi akan semakin baik bila Anda membuat konten yang orisinil dan buatan tangan Anda sendiri.

 

Artikel Yang Di Copas Oleh Website Lain

Bagi website yang memiliki fitur blog atau terdapat sejumlah artikel di dalamnya, hati-hati apabila ada artikel yang diambil oleh website lain dengan trafik yang lebih tinggi. Hal ini lumayan sering terjadi. Tentu saja hal ini sangat menjengkelkan, bukan? Karena membuat satu artikel yang berkualitas saja butuh waktu dan tenaga yang cukup besar. Lain halnya apabila website yang men-copas artikel Anda mencantumkan juga link aktif sumbernya. Namun jika tidak, siap-siap saja trafik website akan turun perlahan. Lalu bagaimana jika ternyata artikel kita sudah terlanjur di copas? Anda bisa melakukan pengaduan kepada pihak Google untuk kasus pencurian artikel ini, kok.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Mengganti Password Admin di WordPress

 

Itulah beberapa alasan mengapa trafik website dapat menurun, alangkah baiknya jika Anda rutin melakukan pengecekan pada website atau blog secara berkala. Bahkan beberapa penyedia jasa SEO di Indonesia pasti akan sangat memperhatikan hal ini jika ada website yang sedang ditangani tiba-tiba menurun trafiknya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan jika Anda memiliki penyebab atau tips untuk mengatasi trafik website yang merosot tajam, silakan tambahkan di kolom komentar ya!