Sales Letter terdiri dari dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu ‘Sales’ dan ‘Letter’, yang artinya adalah ‘Penjualan’ dan ‘Surat’. Dalam bisnis online, #SalesLetter adalah sebuah halaman berisi tulisan yang ditujukan untuk menawarkan sebuah produk agar menghasilkan penjualan. Sales letter ini memiliki peranan yang sangat penting, khususnya untuk produk yang membutuhkan edukasi dan penawaran khusus.

Bagian- Bagian Sebuah Sales Letter

Agar dapat menyusun sales letter yang ciamik, Anda wajib mengenal bagian- bagian Sales Letter terlebih dahulu.
1. Headline
Headline adalah bagian pertama yang dilihat oleh pembaca atau calon pembeli, dan tentunya terletak di atas. Headline ini memegang peranan yang sangat penting karena headline yang nendang akan membuat pembaca membaca sales letter kita sampai selesai dengan rasa penuh ketertarikan. Seringkali, Headline ini disebut sebagai ‘Sales’ nya Sales Letter, karena saking pentingnya. Maka dari itu, hal pertama yang wajib dimiliki oleh sebuah sales letter adalah Headline yang memukau.

2.Paragraf Pengantar Menuju Penawaran Produk
Bagian pengantar adalah bagian kedua dalam struktur sebuah Sales Letter. Di bagian ini biasanya diisi dengan perkenalan singkat dan pemaparan fakta- fakta menarik terkait produk, masalah yang dihadapi oleh si target diet, dan paparan lainnya.

3. Deskripsi Produk
Di bagian ini, pemilik produk akan menjelaskan spesifikasi tentang produk yang ditawarkan seperti kelebihan, fitur produk, dan fasilitas produk.

4. Daftar Manfaat yang Diperoleh Pembeli
Banyak Sales Letter yang mengisi halaman ini untuk memaparkan manfaat- anfaat yang dapat dirasakan dengan produk yang dijualnya. Seringkali manfaat itu dapat dirangkum menjadi hanya 3-4 point saja, tapi dipaparkan sampai banyak agar terlihat wah dan horeeee…. manfaatnya banyak lho ^_^.

Artikel Menarik Lainnya :   25 Cara Menghasilkan Penjualan Optimal dari Toko Online Anda

5. Testimoni Produk
Testimoni ini dapat menjadi bagian yang wajib ada di Sales Letter. Tanpa testimoni, maka sebuah sales terasa ada yang tidak lengkap dan kurang meyakinkan. Dengan testimoni positif dari orang yang pernah mencoba produk Anda, hal ini dapat menimbulkan efek psikologis calon pembeli untuk mencoba produk yang Anda tawarkan.

6. Bukti Keberhasilan Produk
Misalnya untuk produk kecantikan dan pelangsing, Anda dapat menunjukkan ‘Before’ dan ‘After’ setelah pemakaian produk untuk meyakinkan calon pembeli bahwa produk Anda memang memberikan hasil yang sangat baik untuk para pemakainya. Atau jika produk Anda adalah produk digital, Anda dapat menunjukkan track record prestasi Anda yang telah berhasil atau telah populer dengan produk sebelumnya. Dengan menunjukkan hasil atau reputasi, maka orang akan semakin yakin dengan produk yang ditawarkan.

7. Call to Action ( Ajakan Bertindak )
Call to Action adalah sebuah menu panggilan agar pembaca melakukan tindakan ( =beli produk ) setelah mereka selesai membaca produk yang Anda tawarkan. Call to Action yang cantik dan elegant akan meyakinkan pembeli untuk segera melakukan ordernya.

Contoh Call to Action
call to action, ajakan bertindak

Ilustrasi Gambar: alecanmarketing

Belajar Membuat Headline Sales Letter

Karena Headline adalah bagian yang sangat penting dalam struktur Sales Letter, maka Anda wajib memiliki Headline yang cantik dan menggebrak. Untuk membuat Headline ini, Anda dapat memilih salah satu dari beberapa jenis Headline sales letter yang paling populer digunakan:
1. News Headline
yaitu jenis headline yang bersifat menginformasikan berita atau informasi terbaru. Headline ini biasanya dipakai untuk sales letter yang menawarkan produk yang baru atau jarang ada di pasaran. Contoh News Headline:
– Teruskan membaca halaman ini jika Anda ingin mendapatkan produk pelangsing herbal yang dapat membantu Anda turun berat badan 5-10 kg dalam waktu kurang dari satu bulan
– Akhirnya untuk pertama kalinya Anda dapat melakukan backlink instant ke ribuan situs .gov dan .edu hanya dalam satu klik saja

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Membuat Konten yang Mendorong Pembaca Segera Melakukan “Action”

2. Tipe Promise Headline
Promise artinya janji, ya.. headline ini menawarkan janji kepada pembaca untuk mendapatkan manfaat tertentu setelah membaca sales letter sampai selesai dan mengikuti panduan atau arahan yang diberikan. Contoh Promise Headline:
– Baca halaman ini sampai selesai, dan Anda akan menemukan solusi yang selama bertahun- tahun telah Anda cari.
– Luangkan waktu Anda 5 menit saja dan Anda akan mendapatkan penawaran terbaik yang dapat merubah hidup Anda dalam sekejap.

3. Selective Headline
Selective Headline ditujukan untuk target market tertentu, misalnya jika Anda menjual produk obat herbal dewasa, maka selective headline ini dapat Anda gunakan untuk Sales Letter. Contoh:
– Anda akan kaget melihat istri Anda teriak hebat seperti mengalami malam pertama untuk kedua kalinya.

4. Curiosity Headline
adalah headline yang memunculkan curiousity atau rasa penasaran si pembaca. Dalam headline ini Anda akan memancing rasa penasaran pembaca Anda. Contoh Curiosity Headline:
– Apakah Anda ingin tahu cara paling cepat menurunkan berat badan yang alami tanpa efek samping?

5. Headline yang Berisi Daftar Solusi

Yaitu sebuah headline yang berisi daftar solusi dan manfaat dari sebuah produk yang ditawarkan, baik manfaat fisik, atau psikologis. Contoh:
– Kami Jamin Berhasil: 7 Cara Efektif untuk Menjadikan Anda Lebih Cantik dan Lebih Percaya Diri Tanpa Obat dan Kosmetik
– Ini lah Terobosan Terbaru untuk Melangsingkan Badan Anda Secara Alami Dalam 7 Hari Saja

Artikel Menarik Lainnya :   5+ Plugin untuk Membuat Invoice GRATIS di WordPress

 

Hyperbola dan Copywriting untuk Sales Letter

Jurus Hyperbola dan Copywriting yang Ciamik Menghasilkan Sales Letter yang Ajaib
Copywriting yang cantik bisa jadi merupakan biang kerok kenapa sebuah Sales Letter dapat menjadi sangat mematikan. Seperti yang kita tahu, hampir setiap bisnis online ini memiliki pesaing yang cukup banyak. Bukan hanya trik marketing yang bagus saja yang diperlukan, tapi skill #Copywriting yang baik juga sangat penting. Dengan Copywriting yang cantik, Anda dapat menghipnotis calon pembeli untuk membaca Sales Letter Anda sampai selesai dan akhirnya membeli produk Anda saat itu juga. Ya, Copywriting memang dikenal dapat membuat perbedaan.

Di dalam Sales Letter ini ada trik khusus lain yang dapat kita terapkan, yaitu menggunakan kalimat hiperbola atau kalimat yang dilebih- lebihkan. Lhooo… ini lebay maksudnya? Apa boleh?? Ya tentu saja boleh, asal jangan berbohon dan jangan kelewatan. Kalimat yang Hiperbola seringkali menjadkan mata pembaca tetap melotot dan tidak bosan karena lekukan kalimat yang bervariasi dan asyik. Tujuan penggunaan kalimat ini adalah untuk memunculkan dan mempertahankan hasrat dan ilusi pembaca.

Di dalam teknik marketing ini sendiri, teknik penerapan kalimat hiperbolah ini dapat disama-artikan dengan Sensational Offer, atau tawaran yang sensasional, yaitu sebuah penawaran yang menjanjikan euforia yang luar biasa yang membuat pembaca begitu penasaran. Meskipun hiperbola ini diperbolehkan, namun ingatlah untuk tidak berbohong atau menyimpang jauh dari manfaat sebenarnya yang Anda tawarkan.

Dengan panduan struktur di atas dan pilihan jenis headline, maka kini Anda dapat membuat Sales Letter Anda sendiri yang ciamik dan membuat penasaran.