Instagram memang senjata super ampuh untuk era toko online masa kini. Dengan memajang produk toko online shop mu di jejaring sosial yang satu ini, produkmu serasa mendapatkan promosi gratis yang super efektif. Sudah pernah coba? Kalau belu coba lah sekarang juga!

Social media memang bisa menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah online shop. Selain Instagram, beberapa sosial media lain yang cukup efektif adalah Facebook dan Twitter. Caranya cukup mudah, bersosialisasilah dengan baik dan upload produk online shopmu!

Kunci Sukses Toko Online di Instagram

Meskipun Instagram sudah popular sebagai senjata ampuh untuk berjualan, tapi bukan berarti juga Anda akan langsung sukses waktu pertama kali bermain dengan adik Facebook ini. Sebelum melangkah jauh, awali dengan pemanasan yang matang, yaitu dengan mempersiapkan produkmu dengan baik dan juga memastikan kamu siap untuk aktif di Instagram, khususnya di awal- awal. Berikut ini adalah 6 tips yang dapat membantu online shop mu sukses di Instagram. Praktekkan yaa….

1. Perbanyak lah Postingan Produk
Dengan memposting produk yang banyak, maka calon pembeli yang tertarik dengan jenis produk yang Anda tawarkan akan merasa punya banyak pilihan. Mulai dari jenis produk, warna, ukuran ( cukup sampaikan di deskripsi saja ) dan juga varian produk lainnya. Selain itu, banyak postingan produk adalah bukti bahwa si owner ini aktif di Instagram, sehingga calon pembeli berpikir akun mu bukanlah akun yang ditinggalkan dan akan mudah untuk dihubungi.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengenal Lebih Dekat Kevin Systrom, Sosok Dibalik Instagram

Sebaliknya, jika di akunmu hanya ada beberapa produk saja, calon konsumen akan berpikir ‘yah produknya kok dikit’. Padahal sudah sewajarnya jika konsumen ingin melihat lebih banyak pilihan produk, walaupun nantinya hanya membeli satu saja. Selain itu, konsumen juga bisa berprasangka buruk kalau akunmu ini sudah lama ditinggalkan.

Lihat Contoh Galeri Produk ini :
instagram,galeri,produk

2 Berikan Deskripsi Produk yang Jelas dan Menggoda
Pastikan setiap produk yang diupload selalu dilengkapi dengan deskripsi produk. Semakin detail deskripsinya maka akan semakin baik dan calon pembeli akan semakin percaya dengan produk yang dijual. Salah satu toko online yang dipercaya di Instagram biasanya akan mencantumkan informasi yang lengkap tentang produk yang dijualnya. Jadi, tidak ada salahnya kan menerapkan trik ini agar semakin banyak yang tertarik dengan produkmu? Selain itu, jangan lupa juga untuk selipkan contact person atau no kontak yang mudah dihubungi. Siapa tahu habis ini langsung bunyi terus deh smartphone nya.

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi Membangun Branding dengan Fitur Video di Instagram

3. Jangan Lupa Pakai Hashtag
Hashtag atau tanda # adalah identitas penting di Instagram. Jangan lupa untuk selalu menyelipkan hashtag di setiap foto yang diupload agar potensi produkmu untuk dilihat konsumen tertarget semakin besar. Semakin banyak hashtag relevant yang dicantumkan, maka potensi produkmu dijangkau oleh calon pembeli akan semakin besar. Sesekali cantumkan juga hashtag popular untuk mendongkrak visibilitas produkmu. Hashtag popular yang sering digunakan saat ini antara lain #instaphoto, #Instalike, #like, #like4like ( untuk bertukar like foto ), #follow4follow ( mengundang akun lain untuk memfollow ) dan sejenisnya.

4. Kualitas Foto Jangan Diabaikan
Point nomer 4 ini kerap diabaikan oleh pengguna olshop Instagram. Padahal, foto adalah daya tarik utama sebuah akun olshop di jejaring sosial ini. Anda jangan ikut- ikutan ya. Sebisa mungkin upload lah foto produk berkualitas untuk membuat calon pembeli terhipnotis dan akhirnya memutuskan untuk berbelanja beberapa produkmu.

5. Perbanyak Follower Instagram
Jumlah follower adalah daya tarik dalam sebuah akun IG. Dengan jumlah follower yang banyak, maka seketika juga akun itu dianggap terpercaya dan enak untuk dibeli. Untuk tahap awal, ajak lah teman- teman atau keluarga untuk memfollow dan mempromosikan akun toko onlinemu ini. Setelah itu, Anda mungkin bisa memanfaatkan jasa SFS atau Paid to Promote di Instagram atau yang terbaik menggunakan jasa iklan ( saat ini Instagram Ads masih kurang efektif untuk meningkatkan jumlah follower menurut Saya ) dan menumbuhkan secara alami dengan rajin posting atau rajin memfollow akun tertarget.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Membuat Konten CTA Sosial Media yang Powerful dan Sulit Ditolak

6. Sempurnakan dengan Promosi
Dalam berbisnis, baik itu skala besar atau UKM, promosi adalah investasi. Anda bisa melakukan promosi dengan Paid to Promote, SFS atau Instagram Ads. Berbayar semua?? Iyess dongg. Tapi kalau mau yang gratis bisa juga, yaitu dengan mengadakan kuis berhadiah untuk follow akun Instagrammu dan menjawab pertanyaan. Mau coba?

Pasti bisa melakukannya kan? Bisa dongg… Ada satu juga yang sengaja tidak dimasukkan ke dalam enam point ini karena ini adalah keharusan dan tidak terikat jenis sosial media apa pun, yaitu pelayanan yang baik kepada pelanggan dan calon pelanggan Anda. Dengan pelayanan yang baik, cepat dan ramah, dijamin toko onlinemu pasti sering kebanjiran order. Selamat mencoba ya 🙂