Jika Anda mempunyai bisnis online atau toko online yang ingin Anda besarkan secara maksimal, tentu kegiatan eksis di Instagram wajib Anda perhitungkan sebagai salah satu senjata andalan untuk meningkatkan omset bisnis Anda. Sejak populer di awal tahu 2014, Instagram adalah salah satu media sosial kece tempat berkumpulnya audiens Anda. Jika Anda mengelola akun Instagram Anda dengan baik dan berhasil menarik perhatian audiens, woooww… hal yang semakin baik akan segera menyambangi bisnis Anda. Tidak percaya? Silahkan Anda buktikan ^_^.

Secara konsep, pada dasarnya Instagram adalah platform #socialmedia untuk mem-posting foto koleksi favorit kita untuk dilihat followers. Namun trend yang terjadi saat ini, Instagram adalah lahan empuk yang dapat digunakan oleh toko online dan sebuah brand untuk mempopulerkan produknya lewat foto- foto yang keren. Jadi, mau kan kebagian jatah untuk meningkatkan omset bisnis?

Tekniks SFS ( Shoutout for Shoutout ) Membantu Meningkatkan Jumlah Follower Aktif dan Menguatkan Jaringan Bisnis Online Anda di Instagram

Apa itu SFS? Well, secara umum SFS ( Shoutout for Shoutout ) dapat digambarkan sebagai sebuah kondisi dimana sesama online shop mempromosikan satu sama lain ( biasanya dengan jenis produk yang berbeda ). Dengan teknik ini, maka sesama online shop akan merasa diuntungkan karena dipromosikan melalui publikasi yang dilakukan oleh si online shop tersebut. Selain hemat, cara ini juga mudah dan praktis untuk meningkatkan keberadaan bisnis online tersebut di Instagram, sekaligus mempererat hubungan antar pemilik online shop.

Perhatikan Hal ini Sebelum Memberlakukan Sistem SFS bersama Toko Online Lain

Teknik SFS ini memang sangat menjanjikan untuk diperlakukan oleh para Online Shop-ers. Tapi tentu saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika sistem SFS ini akan dijalankan.

Artikel Menarik Lainnya :   7+ Tips Berjualan di Media Sosial dengan Cara Sederhana tapi Efektif

1. Jumlah Followers
Jika toko online Anda masih baru di Instagram, tentu tidak mudah untuk mendapatkan banyak follower. Padahal, jika followers Anda jumlahnya hanya puluhan, maka akan sulit bagi toko online Anda untuk menggandeng toko online lain untuk melakukan kerja sama SFS. Untuk memulainya, pastikan followers Anda sudah berada di kisaran 1000 followers. Lalu, bagaimana cara meningkatkan followers ini? Saya sangat tidak menyarankan Anda melakukan penambahan followers dengan menggunakan bot atau trik curang lainnya. Meskipun hasil dari bot tersebut membuat online shop Anda seolah memiliki banyak follower, tapi hal ini bisa jadi membahayakan akun Anda di kemudian hari.

Sama seperti fan page Facebook, lakukan lah perawatan terhadap akun Anda sehingga akun Instagram Anda tumbuh secara alami dengan penambahan follower yang real. Bagaimana cara menumbuhkan akun Instagram ini? Yaitu dengan aktif memposting foto kece disertai hashtag yang menarik. That’s pretty simple, tapi butuh konsistensi J. Tapi, Anda pasti bisa melakukannya, bukan?

2. Gunakan Jasa Orang Lain untuk Meningkatkan Followers Anda
Merawat akun Instagram untuk menumbuhkan audiens secara natural memang tidak mudah dan membutuhkan waktu. Sebagai alternatif, Anda dapat meningkatkan follower real Anda dalam jumlah banyak dengan menggunakan bantuan jasa orang lain. Anda dapat menemukan jasa menambah follower dengan mengetikkan keyword ‘beli follower’ di Google atau membelinya lewat forum jual beli seperti di Kaskus atau Ads.id.

Selain itu, Anda juga dapat meminta jasa akun online shop yang sudah memiliki follower real dalam jumlah banyak ( berbayar juga ). Yang perlu diingat, pastikan Anda hanya membeli follower real dan aktif. Jadi, sebelum Anda membeli follower ( di Google atau di forum ), tanyakan dengan pasti pada si pemilik lapak bahwa follower yang mereka jual adalah real dan aktif.  Seringkali penjual follower Instagram hanya menjual follower pasif ( bot ) yang tidak memberikan kontribusi apa pun pada akun Anda dan justru membuat akun Anda dalam bahaya di kemudian hari –namanya juga bot, illegal dong.

3. Keuntungan Menggunakan Jasa Promosi dari Online Shop Lain
Dibandingkan hanya membeli follower langsung dari pelapak, ada baiknya Anda lebih memilih menggunakan jasa promosi berbayar dari online shop lain. Dengan menggunakan jasa dari online shop lain, Anda dapat mengajukan informasi tentang akun Anda untuk menarik perhatian calon follower.

Contoh Konten SFS :
instagram,sfs,paid-to-promote

Sambil menunggu jasa promote ini bekerja, maka postinglah konten yang bermutu di akun Instagram Anda dengan konten yang unik dan kreatif agar audiens tidak berpikir dua kali untuk menjadi follower Anda. Kalau akun Instagram Anda sepi dari aktifitas, sudah pasti audiens berpikir berkali- kali untuk follow Akun Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Posting/ Upload Banyak Foto Sekaligus di Instagram

Langkah Selanjutnya Ketika Followers Instagram Anda sudah meningkat tajam….
Ketika followers Anda sudah meningkat tajam, bisa dibilang Anda sudah berada di titik puncak strategi SFS ini. Salah satu tolak ukurnya, jumlah followers Anda sudah mencapai angka 10.000 -an. Ketika Anda berada di level ini,sudah pasti akan ada banyak akun online shop yang ingin menjadi rekan Anda untuk saling bertukar promosi. Caranya sangat mudah, yaitu kedua online shop saling mem-posting gambar atau video dari online shop lain dengan konten dan hashtag menarik sesuai dengan kesepakatan.

Ikuti Komunitas Messenger untuk Membangun Jaringan Anda…
#Blogger tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya komunitas untuk membangun jaringan ( network ). Hal yang sama berlaku pada social media dan Instagram-ers. Para pemilik online shop dengan follower yang berjumlah di atas 10.000 biasanya mereka akan memiliki group chat messenger untuk menjalin komunikasi yang lebih intens.

Artikel Menarik Lainnya :   Mau Sukses Berbisnis Online di Instagram? Begini Caranya…

Ketika Anda sudah menjadi bagian dari komunitas ini, maka strategi SFS yang Anda bangun akan semakin seru dan menyenangkan. Kemungkinan besar,  Anda akan lebih sering menerima tawaran SFS atau permintaan jasa promote. Selain semakin memuluskan ruang bisnis Anda di Instagram, sudah pasti Anda juga bisa memiliki penghasilan tambahan jika Anda menerima permintaan jasa promote ( Paid to Promote ) ini. Asyik apa asyik??

Last but not least… ( Jangan sampai lupa ini, bisa bahaya… )
Selain melihat dari jumlah follower, ada hal penting yang wajib menjadi perhatian Anda dalam memilih rekan SFS. Apakah itu? Yaitu soal jenis produk. Pastikan Anda menjalin kerja sama SFS ini dengan rekan yang memiliki jenis produk yang berbeda dengan Anda.  Jangan sampai Anda justru mempromosikan online shop yang merupakan kompetitor Anda karena memiliki jenis produk yang sama. Selain berpotensi rugi, bisa jadi keinginan untuk menjaga silaturahmi dan membangun komunitas menjadi runyam. Saya yakin Anda mengerti lebih jauh kenapa kita sebaiknya menghindari kerja sama SFS dengan online shop-ers yang memiliki produk sejenis, kan?

Ingin tahu lebih jelasnya? Silahkan tonton video ini ya :