Jika sebelumnya Panda Gila telah berbagi tips cara mencari produk laris di marketplace untuk diiklankan via Facebook Ads, kali ini kami akan berbagi tips cara meriset Hot Product dan Recommended seller di marketplace.

Terutama untuk Anda yang selama ini berperan sebagai reseller dan dropshipper, maka tips ini dapat membantu Anda untuk menemukan produk yang murah, sedang nge-hits, dan terbaik dari supplier berkualitas dari marketplace besar di Indonesia.

Apakah selama ini Anda sudah melakukan riset dalam berjualan online? Atau sekedar melakukannya berdasarkan insting? Tips yang kami bagikan kali ini mungkin akan memberi Anda insight yang berbeda.

 

Cara Riset Produk di Marketplace

Jika toko Anda sudah menjadi Gold Merchant di Tokopedia, maka cara riset produk yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut :

  • market insight -> kategori produk -> terlaris -> cari kategori kunci pencarian seminggu terakhir -> cek toko teratas dalam seminggu terakhir
Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mendaftar di Tokopedia sebagai Pembeli dan Penjual

 

Tidak perlu berkecil hati jika Anda belum menjadi Gold Merchant di Tokopedia, karena Anda masih dapat melakukan riset produk dengan mudah, yaitu dengan masuk ke halaman hotlist untuk menemukan produk terlaris yang pencariannya sedang trending di marketplace per kategori produk.
Melakukan riset produk dengan fitur Hotlist Tokopedia

Sedangkan untuk di Bukalapak, riset produk dapat Anda lakukan dengan masuk ke tab pencarian, kemudian perhatikan rekomendasi 10 produk yang sedang dicari banyak orang yang letaknya tepat di bawah daftar pencarian terakhir.
Melakukan riset produk dengan fitur Pencarian Populer di Bukalapak

Bagaimana dengan marketplace lain? Pada dasarnya sama saja, baik itu di Shopee, Lazada, atau Blibli. Intinya adalah menemukan rekomendasi produk- produk yang diburu oleh banyak orang. Setelah mendapatkan listnya, cobalah bandingkan produk- produk tersebut dan cek review dari customer yang sudah melakukan pembelian.

Artikel Menarik Lainnya :   Suka Belanja Online? Anda Wajib Tahu Arti Kode & Istilah JNE Ini

Setelah mendapatkan produknya, khusus dropshipper di Marketplace penting skeali untuk upload produk yang berbeda- beda setiap harinya.

 

Cara Riset Supplier di Marketplace

Setelah melakukan riset produk dari satu marketplace ke marketplace lainnya, langkah selanjutnya adalah menemukan supplier terbaik di marketplace tersebut. Bagaimana caranya?

  • Masukkan kata kunci produk yang Anda temukan dari pencairan di atas
  • Manfaatkan fitur filter berdasarkan kota dan pengiriman, seperti area Jabodetabek (karena Anda ingin menjual dengan pengiriman dari Jakarta misalnya), dan pengiriman “sameday service” atau ekspedisi pendukung lainnya
    Urutkan berdasarkan penjualan terbaik

 

Untuk menemukan supplier terbaik, pastikan beberapa point berikut ini :

  • Reputasi supplier untuk Tokopedia minimal Gold (bukan God Merchant- nya ya, beda)
  • Reputasi supplier untuk Bukalapak adalah minim feedback negatif
  • Ulasan supplier untuk Shopee, Tokopedia dan marketplace secara keseluruhan adalah minimal bintang 4
  • Ulasan global pastikan tidak ada ulasan negatif (kecuali ulasan tidak masuk akal)
  • Pengiriman tercepat hingga 10 jam, jika reputasi pengiriman supplier tersebut di atas 10 jam atau bahkan lebih dari 1-2 hari, pertimbangkan untuk TIDAK memilih supplier tersebut (disini Anda memposisikan diri sebagai dropshipper)
Artikel Menarik Lainnya :   Tips Mencari Produk Laris di Marketplace untuk Diiklankan di Facebook

 

Tips ini sendiri sangat populer digunakan oleh para dropshipper marketplace di Indonesia. Jika selama ini Anda menggeluti dunia bisnis online, tidak ada salahnya untuk menggunakan tips ini untuk bisnis online Anda.

 

Semoga bermanfaat!