Memilih hosting terbaik dengan biaya relatif terjangkau sebenarnya bukan lah hal yang sulit. Baik hosting lokal atau pun luar negeri, tidak sedikit yang memiliki performa handal dengan harga relatif murah.

Pentingkah memilih hosting yang baik? Jika Anda serius ingin terjun di dunia bisnis berbasis online, tentu saja ini sangat penting. Memilih layanan hosting pun perlu kehati- hatian, agar tidak terjebak dengan memilih hosting yang tidak tepat. Mungkin saja Anda diiming- imingi oleh seorang teman di grup Facebook Anda untuk mendaftar layanan hosting yang murahnya keterlaluan. Namun, benarkah layanan dan performa yang diberikan cukup bagus atau malah zong? Jangan sampai gara- gara tergiur murahnya bisnis Anda justru merugi karena hosting yang sering down.

Daripada rugi belakangan dan menyesal kemudian, ada baiknya Anda menyimak ulasan kami di daftar perusahaan hosting terbaik ini. Selain memiliki reputasi yang bagus karena performanya yang bisa diandalkan, hosting ini juga memiliki harga yang relatif terjangkau dan juga menawarkan shared hosting terbaik serta VPS dan Dedicated Server dengan harga lebih murah juga.

Daftar 10 Hosting Terbaik Saat Ini

1. Blue Host
BlueHost hosting adalah salah satu perusahaan hosting yang sangat Saya rekomendasikan. BlueHost sangat populer dan banyak digunakan di seluruh dunia, serta sudah beberapa kali menduduki peringkat pertama di daftar hosting terbaik di dunia. Provider hosting ini juga menjadi sebuah layanan hosting yang direkomendasikan oleh WordPress.org alias WordPress Self Hosting pada tahun 2012 dan 2013.

BlueHost sendiri mulai membuka layanan mereka pada tahun 1996 dengan memperoleh peringkat A+ di BBB. Ketika Anda mendaftar di layanan ini, maka Anda berhak mendapatkan domain gratis ( peraturan ini bisa berubah sewaktu- waktu ). Mereka menjanjikan performa yang andal dengan uptime 99,9% dan tidak akan membiarkan situs Anda down.

Asyiknya lagi, ketika Anda mendaftar di situs ini, Anda bisa mendapatkan akses ke ratusan template/ theme gratis, loading website yang super cepat meskipun website Anda sudah memiliki lalu lintas yang tinggi. Namun jika lalu lintas Anda sudah terlalu tinggi, tentu saja Anda perlu meng-upgrade dari paket shared hosting ke paket VPS atau dedicated. Hal ini tentu normal untuk berbagai hosting mana pun.

Banyak yang berpendapat bahwa cPanel BlueHost adalah yang terbaik dan sangat user friendly. Anda dapat mengelola fungsi yang berkaitan dengan website Anda, menginstall berbagai CMS ( seperti Drupal, Open Cart, Drupal dan Joomla ) dengan sangat mudah.  Selain itu, Anda juga berhak mendapatkan voucher Google Adwords senilai $100 untuk mengiklankan website Anda ke platform iklan jaringan Google.
Bagimana dengan supportnya?? Bisa dibilang sangat bagus. BlueHost memiliki customer service yang siap membantu pelanggan mereka dalam menggunakan jasa layanan mereka. Ketika Anda mengalami masalah atau kesulitan, Anda dapat menghubungi CS BlueHost melalui chat online, email dan bahkan menelepon langsung. Solusi yang diberkan cenderung sangat cepat dan benar- benar membantu. Respon yang mereka berikan dalam live chat dan telepon bisa dilakukan dalam hitungan detik.

Sekilas Blue Host :
– Fitur : unlimited bandwidth, gratis domain, free instant set-up templates and freebies, jaminan uang kembali, dll
– Harga : mulai $3,95*

Lihat Gambar :
bluehost,hosting,web host

2. Siteground
Siteground sudah berdiri sejak tahun 2004 dan kini sudah melayani lebih dari 500.000 domain di seluruh dunia. Sama seperti rata- rata hosting besar, perusahaan ini juga melayani shared hosting, cloud hosting, VPS dan tentu saja dedicated server.

Siteground banyak digunakan oleh pengguna WordPress dan juga Joomla. Khusus untuk pengguna WordPress, layanan ini memiliki dukungan special yang lebih baik daripada hosting serupa lainnya. Bukan itu saja, Siteground dikenal memiliki support yang ciamik, yang dapat menyelesaikan keluhan pengguna dengan sangat tepat, cepat dan professional. Jika Anda membutuhkan bantuan mereka via live chat atau telepon, Anda bisa mendapatkannya secara instant tanpa waktu tunggu yang berarti untuk bisa terhubung.

Artikel Menarik Lainnya :   10 Hal yang Wajib Anda Pertimbangkan Sebelum Memilih Web Hosting

Sitegound juga memberikan domain gratis* dan perangkat lunak gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat desain website. Jika Anda ingin mendapatkan lebih dari satu domain dalam satu host saja, maka Anda dapat meng-upgrade ke paket yang lebih mahal dan mendapatkan satu domain gratis lainnya lagi.

Sekilas Siteground:
– Fitur: unlimited bandwidth, gratis domain, gratis instant set up with templates & freebies, jaminan uang kembali, dll
– Harga : mulai $3,95

Lihat Gambar :
siteground,hosting,web host

3. iPage
iPage bukan hanya memiliki harga yang relatif terjangkau, tapi juga telah dinobatkan sebagai salah satu layanan hosting terbaik di tahun 2016 ini. Mereka menawarkan layanan hosting mulai dari harga $1,99 per bulan. Harga ini adalah investasi yang sangat bagus untuk Anda yang ingin memiliki website untuk usaha mikro atau menginginkan hosting dengan harga sangat terjangkau berkualias bagus.

Berbagai paket hosting yang disetdiakan iPage antara lain adalah shared hosting, cloud hosting, VPS, manage hosting dan dedicated hosting. iPage dimiliki oleh perusahaan yang sama yang memiliki BlueHost dan Hostgator ( EIG ) sehingga fasilitas yang dimiliki nyaris serupa dengan kedua hosting tersebut. Layanan ini memberikan ruang disk unlimited, unlimited bandwidth dan mendukung berbagai CMS. Selain itu, iPage juga terkenal memiliki tingkat keamanan yang merupakan salah satu yang terbaik diantara semua perusahaan hosting. Cukup memuaskan kan, bukan?

Sekilas tentang iPage:
– Fitur : unlimited disk space, unlimited bandwidth, gratis lebih dari $500 extras ( bonus/ fitur tambahan ) dan gratis alamat email, dll
– Harga : mulai dari $1,99/ bulan

Lihat Gambar :
iPage,hosting,web hosting

4. Hostgator
Hostgator adalah salah satu hosting yang pernah Saya pakai selama beberapa tahun dan jujur Saya sangat puas dengan performa dan tim supportnya. Perusahaan hosting ini telah berdiri sejak tahun 2002, dan didirikan oleh Brent Oxley. Bisa dibilang Hostgator adalah penyedia hosting terbesar di dunia karena memiliki domain terdaftar lebih dari 8,5 juta di host mereka.

Hostgator menawarkan fitur yang cukup lengkap dengan harga yang masuk akal. Mereka menyediakan puluhan script yang dapat diinstall dalam satu klik dan menjanjikan garansi uptim 99,99%. Seperti yang Saya ungkapkan bahwa support mereka luar biasa, ini tercermin dari 850+ jumlah karyawan, dukungan pelanggan dan tim teknis progesional yang selalu siap membantu user. Setiap pelanggan terdaftar bisa mendapatkan kurang lebih 4500 template gratis, walaupun Saya belum pernah sendiri belum pernah mencobanya satu pun.

Salah satu hal yang paling menyenangkan dari Hostgator adalah garansi uang kembali dalam jangka waktu empat puluh hari pertama jika Anda merasa tidak puas dengan performa mereka. Namun sebagai salah satu pelanggan Hostgator, Saya yakin Anda pasti puas dengan performa hosting yang satu ini.

Sekilas tentang Hostgator :
Fitur : menyediakan template gratis lebih dari 4500 untuk website Anda, voucher beriklan Google Adwords $100, garansi uang kembali 40 hari, garansi 99.9% up time, dll
Harga : mulai $3,96/ bulan

Lihat Gambar :

hostgator hosting,web hosting

5. JustHost
JustHost adalah penyedia hosting terkemuka lainnya yang sangat recommended karena juga memiliki layanan yang luar biasa. Perusahaan ini dikembangkan oleh kelompok perusahaan pada tahun 2008 oleh Christ Philips dari Inggris. Untuk mengelola beberapa host domain dan blog dalam satu akun, maka bisa dibilang JustHost adalah pilihan yang paling murah. Ini terjadi lantaran mereka juga menyediakan domain dan fasilitas gratis untuk mengelola banyak situs di satu shared akun. JustHost berani menjanjikan garansi up time 99,99%, namun menurut sebagian user, mereka berpendapat bahwa uptime JustHost tidak murni berada di angka tersebut, tapi berada di bawah 98%. Namun di sebagian besar kasus, mereka akan memberi Anda notifikasi terlebih dahulu jika memang akan terjadi downtime.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Google Adsense

Beberapa keunggulan dari JustHost ini antara lain fasilitas transfer domain gratis, unlimited disc space dan juga unlimited bandwidth, site builder dan juga ratusan tema dan template gratis untuk menciptakan situs yang Anda inginkan, serta yang tak kalah menarik adalah kredit beriklan untuk Google,Bing dan #Facebook senilai $175. Wooww… asyik kan?

Sekilas tentang JustHost :
Fitur: gratis site builder dan domain, unlimited space dan domain hosting, support 24/7, dll
Harga : 3,5/ bulan

Lihat Gambar :
JustHost,hosting,web hosting

6. Fatcow
Fatcow sudah berdiri sejak tahun 1998, yang artinya mereka sudah sangat berpengalaman dalam mengelola sebuah website, baik itu untuk user individual atau untuk bisnis. Jika Anda ingin memulai blog professional Anda atau membuka toko online dalam skala kecil, maka FatCow adalah pilih yang paling recommended untuk Anda.

Provider hosting ini menarkan cukup banyak fitur untuk pelanggannya, antara lain backup site, SSL certificate, jasa SEO professional serta SiteLock. Situs ini juga mendukung berbagai CMS, speerti Joomla, Drupal dan pastinya #WordPress hanya dengan satu klik install. Ini juga sudah termasuk tema dan template gratis yang mereka sediakan dan siap untuk diunduh.

Untuk senjata bisnis Anda, hosting ini memberikan Anda $100 credit beriklan untuk Adwords, $50 untuk Facebook Ads dan $25 untuk Bing dan Yahoo. Meskipun memiliki cPanel yang sedikit berbeda dari hosting kebanyakan, Fatcow menyediakan vDeck kepada pengguna mereka serta account email unlimited sama halnya seperti iPage.

Harga shared hosting di Fatcow berkisar sekitar $44 per tahun da nada klausul garansi uang kembali dalam jangka waktu 30 hari. Sayangnya, tidak sedikit pelanggan mereka yang komplain bahwa harga perpanjangan mereka menjadi lebih tinggi, hampir dua kali lipat dari masa promosi atau saat pertama kali sign up. Untuk itu, disarankan Anda mencari tahu lebih lanjut tentang harga ini dengan berkonsultasi kepada customer service mereka.

Sekilas tentang Fatcow :
Fitur : unlimited space, unlimited bandwidth, domain gratis, voucher beriklan gratis di Google Adwords, Facebook dan Yahoo/ Bing, dll
Harga : mulai 3,15%

Lihat Gambar :
fatcow,web hosting

7. WebHostingHub
WebhostingHub adalah salah satu web hosting terbaik yang berbasi di Amerika Serikat dan beroperasi di Negara bagian Virginia. Perusahaan ini dimiliki oleh dua orang, yaitu Todd Robinson dan Sunil Saxena, dan malayani jasa hosting sejak tahun 2006. Dalam waktu singkat, mereka berhasil memikat pasar karena memberkan performa yang sangat baik dengan harga yang relatif terjangkau.

WebhostingHub berani menawarkan jaminan uang kembali dengan periode terpanjang dibandingkan dengan perusahaan lainnya, yaitu hingga 90 hari. Dalam satu akun tunggal, Anda dapat meng-host beberapa akun dalam situs ini. Biaya yang Anda gunakan akan lebih hemat jika Anda memilih untuk menggunakan paket 36 bulan sekaligus. Jika hanya satu tahun saja, maka harganya bisa lebih tinggi*.
Beberapa keunggulan WebhostingHub antara lain adalah 99,9% garansi up time, unlimited disk space, unlimited bandwidth, akses gratis ke 310 aplikasi, domain gratis, kredit beriklan dan juga CMS seperti WordPress, Joomla dan Drupal hanya dalam satu klik install.

Sekilas tentang WebhostingHub:
Fitur : gratis domain, gratis tool eCommerce, gratis web builder premium, voucher beriklan gratis untuk Google Adwords, Twitter dan Yahoo/ Bing, tim teknis dan live chat 24/7, dll
Harga :  mulai $4,99/ bulan

Lihat Gambar :

8. HostMonster
HostMonster berdiri sejak 1996 dan merupakan salah satu penyedia hosting besar yang berlokasi di Amerika Serikat. Selain menawarkan paket layanan dengan harga yang relatif terjangkau, perusahaan ini juga menawarkan garansi uang kembali kapan saja jika Anda merasa tidak puas dengan performa mereka.

HostMonster bisa dibilang merupakan pilihan yang sangat baik bagi pemiliki e-bisnis karena mereka menawarkan fitur yang sangat mendukung eCommerce dengan template dan alat multimedia yang handal. Mereka berani memberikan jaminan 99,9% up time untuk pelanggan karena setiap server mereka berada di bawah pengawasan staff professional.

Artikel Menarik Lainnya :   Apa itu GDPR? Apa Pengaruhnya untuk Blogger dan eCommerce?

Beberapa keunggulan lainnya dari HostMonster antaralain Simple Script untuk menginstall platform blogging seperti WordPress, Joomla dan Drupal hanya dalam beberapa klik satu saja, beberapa domain dalam satu akun, unlimited akun email, unlimited disk space dan bandwidth.

Sekilas tentang HostMonster:
Fitur : gratis domain, unlimited space, unlimited bandwidth, gratis voucher beriklan $175 ( $100 di Google Adwords, $50 di Facebook, $50 di Twitter dan $25 di Yahoo/Bing, dll
Harga : mulai $4,95/bulan

Lihat Gambar :

9. InMotion
Selama 10 tahun berturut- turut, InMotion berhasil menempati  peringkat terbaik sebagai web penyedia layanan hosting terbaik oleh Cnet dan juga mendapatkan grade A+ dari BBB. Provider hosting ini menawarkan berbagai paket yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu Pribadi, Bisnis, Dedicated Server atau VPS hosting. Jika website Anda relatif baru dan mungkin Anda hanya akan mengelola satu atau dua website dengan tidak banyak data, maka paket personal adalah yang terbaik untuk Anda. Namun jika Anda berencana untuk memiliki banyak website, maka Anda bisa memilih akun bisnis.

InMotion memberikan fasilitasi jaminan uang kembali 90 hari dan garansi up time 99,9%. Mereka juga menyediakan fasilitas backup gratisuntuk pelanggannya, yang konon merupakan fitur yang tidak bisa 100% diberikan oleh para pesaingnya. Di cPanel, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam pengaturan email, mengakses informasi login FTP serta konfigurasi DNS sebagai nilai plus lainnya.
Ketika Anda mendaftar InMotion, Anda juga berhak mendapatkan voucher beriklan gratis di Adwords, Facebook dan Bing, yaitu $175 untuk pengguna paket personal dan $300 untuk pelanggan paket bisnis. Lumayan juga ya!

Sekilas tentang InMotion :
Fitur : gratis domain, voucher beriklan gratis di Google Adwords, Facebook dan Bing/Yahoo, unlimited space, dll
Harga : $5,99/ bulan

Lihat Gambar :

10. WebHostingPad
Dengan penawaran khusus, Anda bisa mendaptkan layanan hosting di WebHostingPad seharga $1.99/ bulan. Dengan harga relatif terjangkau, perusahaan hosting yang berdiri sejak tahun 2005 ini banyak mengincar pemilik blog pribadi dan usaha mikro. Selain menawarkan fitur yang cukup bagus,  WebHostingPad juga memberikan voucher beriklan yang dapat digunakan pelanggan mereka untuk mempromosikan situs mereka ke berbagai jaringan media sosial.

WebHostinPad menjanjikan garansi up time 99,9% dengan dukungan teknis yang baik secara gratis. Jika lalu lintas dalam website Anda tidak dalam ribuan pada waktu yang sama, maka website Anda dijamin tidak akan pernah mengalami masalah downtime.

Sekilas tentang WebhostingPad :
Fitur: domain gratis, unlimited disk space, unlimited bandwidth, dll
Harga : mulai $1,99/ bulan

Lihat Gambar :

Mau Harga Lebih Murah Lagi??

Maruk ya? Hehehe… nggak maruk, gan. Semua orang pasti mau mendapatkan harga yang terbaik. Iya, kan? Salah satu penyesalan Saya dulu ketika membeli hosting adalah tidak mencari informasi tentang kupon. Dengan memakai kupon, Anda berpeluang untuk mendapatkan harga lebih murah dari yang ditawarkan oleh website aslinya.

Bagaimana caranya mendapatkan kupon ini? Googling saja, misalnya dengan kata kunci ‘kupon Hostgator’. Anda akan menemukan berbagai website yang menginformasikan kupon diskon untuk penyedia layanan tertentu. Dengan memakai kupon ini, Anda bisa mendapatkan variasi diskon, yang biasanya berkisar antara 10%-60%. Lebih gila- gilaan lagi diskonnya di saat event tertentu, seperti Black Friday. Dijamin harganya lebih murah.

Jadi mau pilih hosting yang mana? Yang pasti Saya yakin Anda perlu mempertimbangkan ini dengan lebih matang lagi. Mau pilih hosting yang paling murah dari daftar ini monggo, mau riset lebih dalam untuk membandingkan kualitasnya, itu akan lebih baik lagi. Biar bagaimana pun, hosting adalah senjata utama untuk para blogger, internet marketer dan pebisnis online. Usahakan lah memilih yang terbaik biar tidak menyesal kemudian ^_^