Saat akan memulai website dengan hosting sendiri, tentu Anda kerap dibingungkan dengan bagaimana cara menentukan hosting yang sesuai untuk Anda. Selain bingung dengan fitur yang ditawarkan, Anda juga dibuat bingung karena banyak web hosting yang menjanjikan 99 persen up time, bandwidth unlimited dan unlimited support. Dengan penawaran yang terlihat menggiurkan seperti ini, bagaimana cara yang tepat untuk menentukan pilihan?

 

Faktor yang Perlu Publisher Pertimbangkan Saat Memilih Web Hosting

Tentu saja Anda boleh tergoda dengan berbagai penawaran menggiurkan yang mampir kepada Anda. Memilih web hosting yang tepat juga bisa dibilang susah- susah gampang. Namun, Anda perlu memahami faktor- faktor apa saja yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih web hosting dan menentukan paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda

1. Harga
Ya, harga adalah hal penting yang perlu Anda pertimbangkan untuk pertama kalinya. Anda mungkin saja tergiur melihat harga hosting yang kelewat murah dibandingkan rata- rata harga hosting lainnya. Namun, Anda wajib mengingatkan diri Anda sendiri, bahwa apa yang Anda bayar adalah yang Anda peroleh.

Jika dari segi harga terlalu murah, bisa saja spesifikasi yang ditawarkan juga hanya men- cover kebutuhan kecil. Misalnya saja paket untuk pelajar/ mahasiswa, yang benar- benar hanya men- cover pembuatan website untuk proses belajar, tidak akan memakan banyak bandwith dan tidak untuk banyak trafik.

Namun jika Anda ingin membuat website untuk tujuan bisnis dan menghasilkan uang, maka cobalah untuk memilih hosting dengan spesifikasi lebih baik dan bisa men- support Anda dalam jangka waktu lama, tanpa harus upgrade ini dan itu.

2. Spesialisasi Hosting
Faktanya, tidak semua penyedia layanan hosting itu tepat untuk semua jenis kebutuhan pelanggan. Beberapa provider hosting hanya menawarkan shared hosting atau hosting bersama, dan tidak mempunyai solusi yang baik untuk pertumbuhan bisnis Anda. Sementara itu, ada juga beberapa hosting yang yang memang sudah berpengalaman di bidangnya sehingga bisa memberikan Anda banyak opsi untuk pertumbuhan bisnis Anda di masa depan.

Artikel Menarik Lainnya :   Apa itu Instant Articles? Hal- Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mendaftar

Untuk memastikan perusahaan hosting yang Anda pilih memang mempunyai spesialisasi sesuai kebutuhan Anda, cobalah melakukan riset kecil- kecilan dengan mempelajari layanan yang ditawarkan perusahaan hosting tersebut. Selain itu, cobalah untuk menemukan ulasan dan rekomendasi terkait hosting tersebut, sehingga Anda mendapatkan informasi lebih baik tentang kelebihan dan kekurangan hosting tersebut.

3. Spesifikasi
Sudahkah Anda mengetahui kebutuhan Anda dalam menggunakan hosting nantinya? Apakah unuk membuat situs blog biasa, eCommerce, konten viral yang terupdate setiap hari, atau web video? Semakin besar kebutuhan Anda, maka Anda membutuhkan hosting dengan kapasitas RAM dan bandwith yang besar. Coba lah untuk berhitung terlebih dulu kebutuhan Anda sebelum menjatuhkan pilihan terhadap hosting tertentu.

Jika ragu, tidak ada salahnya meminta rekomendasi teman atau sesame blogger di forum. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dulu kepada provider hosting yang Anda pilih agar mereka bisa membantu Anda untuk menentukan jenis paket yang paling sesuai untuk situs Anda nanti. Pastikan juga hosting tersebut memberikan kemudahan Anda untuk upgrade di kemudian hari jika memang suatu saat diperlukan.

4. Ulasan Pelanggan dan Reputasi
Ya, coba lah membaca review terkait hosting yang Anda pilih sebelum memutuskan untuk membelinya. Anda bisa meluangkan waktu untuk googling dan kemudian mmebaca ulasan jujur para pengguna yang sudah menggunakan jasa provider hosting tertentu. Apakah mereka termasuk happy customer yang puas dengan layanan pelanggan dan fitur yang ditawarkan? Atau banyak dari mereka yang mengeluh karena lambatnya respon dari tim dukungan? Jika Anda tidak ingin terjebak dalam masalah yang sama, maka ulasan pelanggan adalah hal yang penting untuk Anda perhitungkan.

Artikel Menarik Lainnya :   21 Manfaat dan Fungsi Website untuk Brand, Perusahaan, dan Bisnis

5. Fitur Tambahan/ Add-Ons
Selanjutnya, penting untuk mengetahui fitur tambahan yang ditawarkan oleh provider hosting kepada penggunanya. Apakah mereka mempunyai fitur add-on menarik yang bisa menarik perhatian penggunanya? Misalnya saja auto back up secara teratur, anti-virus, tool SEO, theme WordPress gratis, atau privasi domain gratis.

Jika penawaran mereka cukup menarik dan bisa mendukung kebutuhan Anda, maka tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai salah satu hal yang cukup Anda pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan.

6. Hardware
Anda sebaiknya juga mengetahui jenis hardware yang digunakan oleh sebuah perusahaan hosting. Apakah mereka termasuk perusahaan hosting yang terupdate dengan teknologi terbaru? Atau mereka sudah lama tertinggal dari competitor dengan penggunaan teknologi jenis lama? Faktanya, hardware yang digunakan oleh perusahaan hosting sangat mempengaruhi kinerja server dan situs Anda. Jadi, tentu saja hal ini penting untuk Anda pertimbangkan.

7. Technical Support
Technical Support adalah hal yang sangat penting saat Anda memilih provider hosting. Meskipun tidak diinginkan, Anda mungkin akan mengalami berbagai masalah yang familiar untuk para pemilik situs, seperti server down, atau bug/ error pada situs Anda. Dengan tim dukungan yang handal, permasalahan yang Anda hadapi dapat terselesaikan dengan lebih cepat dan mudah.

Untuk itu, pilih lah provider yang memberikan layanan 24/7, baik melalui telepon, email, dan live chat. Pastikan bahwa mereka benar- benar mudah dihubungi dan siap membantu penggunanya di saat mengalami masalah.

8. Control Panel atau User Interface
Control Panel atau user interface yagn user friendly akan sangat membantu pengguna dalam melakukan pekerjaan kita. Kita dapat dengan cepat mengetahui tool untuk menginstall CMS, mengatur email, kun FTP, database, dan masih banyak lagi. Dengan kemudahan interface iin, maka Anda dapat beradaptasi dengan mudah. Sebaliknya, bayangkan jika provider justru mempunyai tampilan antarmuka yang membingungkan satu sama lain? Beberapa pengguna mungkin akan merasa kesulitan dan membutuhkan waktu untuk benar- benar terbiasa dengan tampilan yang tidak user-friendly tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengenal Jenis- Jenis Hosting dan Memilih Hosting Terbaik untuk WordPress

Pertimbangkan juga pakah mereka meyediakan beberapa tutorial untuk pengguna baru dalam mengakses Control Panel mereka. Untuk perusahaan professional, tentu hal ini menjadi fitur wajib yang mereka miliki.

9. Keamanan/ Security
Bukan hanya fitur keamanan seperti firewall saja, penting untuk mempertimbangkan provider hosting yang juga memberikan layanan keamanan data dan layanan mereka. Dengan keamanan ekstra, Anda tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan pada situs Anda. Anda juga perlu mencari tahu apakahah provider tersebut siap membantu jika terjadi masalah tersebut dengan memberikan solusi atau melakukan pencegahan sebelumnya.

10. Skalabilitas
Hal yang terpenting dalam memilih privder hosting adalah apakah merkea masuk ke dalam rencana Anda untuk jangka Panjang? Bisa jadi Anda merasa hosting yang Anda pilih sudah cukup ‘untuk saat ini’. Namun, bagaimana dengan jangka Panjang? Apakah dengan semakin bertambahnya varian konten Anda dan semakin banyaknya pengunjung dalam satu sampai dua tahun kedepan, hosting Anda masih memenuhi kebutuhan Anda? Apakah provider tersebut mempunyai layanan VPS, cloud server atau Dedicated Server? Apakah mereka memberikan kemudahan untuk upgrade akun atau men-transfer hosting Anda ke provider lain? Berhitunglah dari sekarang sebelum Anda merasakan kerepotan luar biasa di saat bisnis Anda sedang bertumbuh pesat.