Sejak update terakhir Facebook beberapa waktu lalu, banyak FB marketer yang merasa bahwa Facebook personal mereka jauh lebih ‘ampuh’ dibandingkan fanpage. Reach fanpage banyak mengalami penuruan, meskipun variasi konten ini dan itu sudah dicoba. Apakah Anda juga mempunyai pengalaman yang sama?

Dari sini lah banyak teman- teman FB marketer yang semakin rajin dalam membuat konten untuk Facebook personal nya. Ada salah satu marketer yang semakin rajin untuk membuat tulisan story telling di akun pribadinya. Bahkan ada juga yang tiba- tiba rajin bikin konten video aktifitas mereka sehari- hari yang bisa dibagi kepada teman- teman marketer lainnya. Menarik ya?

Pengertian Edge Rank Facebook

Bisa dibilang Edgerank adalah algoritma Facebook dalam menentukan apakah sebuah konten akan tampil di newsfeed pengguna lain. Jika update konten kita dianggap tidak begitu penting oleh Facebook, maka konten yang kita sajikan seakan- akan jarang muncul di newsfeed pengguna lain. Meskipun pengguna tersebut adalah fans dari fanpage kita.

Akibatnya seperti apa? Reach dan engagement mengalami penurunan sudah pasti. Selanjutnya, jika Anda selama ini memanfaatkan social trafik untuk mendongkrak trafik di website Anda, maka dampaknya pun akan semakin terasa secara keseluruhan.

Edgerank Facebook
Lebih lengkap terkait Edge Rank secara umum dan bagaimana cara meningkatkannya dapat Anda baca di artikel berikut : Pengertian Edgerank Facebook dan Tips Ampuh untuk Meningkatkannya.

Cara Meningkatkan Edge Rank Facebook Personal Anda

Karena akun personal kini mempunyai peranan yang sangat penting, maka tidak sedikit para marketer yagn berlomba- lomba untuk meningkatkan edge rank di FB personal mereka. Lantas, bagaimana caranya meningkatkan edgerank untuk Facebook personal? Berikut ini tips yang dapat Anda terapkan :

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah dan Cepat Upload Video di Instagram IGTV

1. Buat Thread Berupa TIPS yang Bermanfaat

Usahakan tips yang Anda bagikan adalah hasil praktek sendiri, bukan hasil copas, dan bukan apa kata orang. Misalnya saja Anda membuat tips yang merupakan kata si A, tapi pas Anda praktekkan sendiri di live video, ternyata malah membuat Anda terlihat kikuk. Gagal dehh…

Penulisan tips disarankan minimal seminggu satu kali. Boleh tips berupa tutorial boleh kejadian lucu yang terjadi pada diri sendiri, tips seputar make up, baju anak, dan lain sebagainya.

 

Pro Tips :

  • Untuk menentukan topik Tips, Anda bisa memikirkan dari kalangan mana teman tertarget yang Anda inginkan? Jika targetnya adalah mereka peminat digital marketing, coba lah membagikan tips seputar digital marketing. Jika targetnya ibu muda pecinta diskon, coba lah membuat Live Video barang Preloved. Jika targetnya adalah para jomblo, bisa coba tips mencari pasangan setia, tajir, dan romantic, #ehh
  • Gunakan emoticon agar tulisan menarik dan nggak membosankan
  • Paragraf yang panjang wajib untuk dipecah- pecah agar lebih enak dibaca
  • Jika bukan konten video, sebisa mungkin posting foto yang menarik perhatian

 

2. Tips yang Dibagikan Sebisa Mungkin Memancing Interaksi

Usahakan sebaik mungkin tips yang Anda bagikan memancing interaksi dalam bentuk komentar panjang (minimal 5 kata) dan SHARE. Berbeda dengan dua hal tersebut, Like & Reaction ternyata tidak begitu berdampak. Misalnya saja satu postingan dengan 100 Like/ Reaction dibandingkan 30 komentar, maka yang berpotensi menjadi TOP Post adalah yang 30 komentar.

Saat tips yang Anda bagikan dirasa bermanfaat, biasanya akan ada yang membagikan, kemudian memancing pengguna lain untuk berkomentar, dan ujung- ujungnya akan ada Friend Request dari orang yang mempunyai minat sama dengan yang teman kita bagikan.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Cerdas Memilih Endorser di Instagram yang Tepat untuk Bisnis Anda

 

3. Approve Friend Request Hanya dari Teman yang Mempunyai Minimal 4 Mutual Friend

Ini salah satu hal yang cukup penting juga untuk dilakukan. Namun jika di awal- awal kita masih mempunyai sedikit teman, dua mutual friend juga tidak menjadi masalah. Setelah itu, coba lah untuk menaikkan standarnya, misalnya saja meningkatkan standar mutual friend minimal 6 setelah 2-4 minggu.

Kenapa sih hal ini jadi penting? Misalnya saja Anda berteman dengan si A yang mempunyai teman B dan C yang menjadi mutual friend Anda. Begitu kita me- like atau berkomentar di postingan kita, maka si A dan B akan melihat postingan kita juga di timeline. Semakin banyak mutual friend yang ikut berkomentar, maka semakin sering Facebook menampilkan postingan kita di timeline mereka.

 

4. Usahakan Akun Facebook Personal Anda Bernuansa Positif

Jangan hanya posting konten yang isinya jualan melulu. Hindari juga untuk posting konten yang isinya nyinyiran atau keluhan emosional terhadap seseorang atau keluhan bahwa omset turun, iklan boncos, dan lain sebagainya. Hindari juga posting SARA, atau nyinyir- nyinyir politik. Coba lah membangun atmosfir positif di akun FB personal Anda.

 

5. Kenali Urutan Prioritas Edgerank Facebook

Facebook tidak pmembeberkan langsung apa yang menjadi prioritas mereka dalam menentukan edgerank. Namun dengan sendirinya banyak FB marketer yang melakukan trial & error untuk menemukan formula edgerank itu sendiri. Dan menurut banyak marketer expert, urutan prioritas Edge rank Facebook adalah sebagai berikut :

Artikel Menarik Lainnya :   6 Tools Keren untuk Mengukur Performa & Statistik Instagram

· Live Video

Setiap kali kita Live, maka semua teman akan mendapatkan notif, bahkan mereka yang jarang sekali berinteraksi dengan kita. Coba lah menggali ide kreatif untuk membuat Live Vide. Misalnya saja saat jalan- jalan sambal makan bisa coba untuk live me-review makanan dan resto yang dikunjungi.

Bisa juga misalnya memberikan cuplikan film kartun atau film yang sedang tayang di bioskop, kemudian memberikan review singkat. Di sepanjang review tersebut, bisa juga Anda menyisipkan footer marquee seperti news bar seputar produk Anda. Lumayan untuk media promosi juga, hehehe…

 

·  Foto Profile Pic (Bukan yang Temporary ya)

Setiap kali kita ganti profile pic, semua teman juga mendapatkan notif dan peluang foto profil kita muncul di timeline teman kita sangat besar. Misalnya Anda menjadi salah satu anggota MLM, Anda bisa mencoba menampilkan foto profile disertai dengan informasi join member. Silahkan diatur dengan manis agar tidak terlalu memperlihatkan kalau Anda sedang promosi atau foto terlihat terlalu ramai dan mengganggu.

 

·  Komentar

Komentar yang cukup panjang, minimal 5 kata dan tidak berulang dengan isi yang sama antara satu dan yang lainnya, ini sangat bagus untuk meningkatkan edge rank. Untuk komentar seperti ‘up’, ‘sundul gan’, dan sejenisnya juga berpengaruh, namun efeknya tidak sekuat seperti komentar yang lebih panjang

 

Selain itu, BALAS lah setiap komentar yang masuk ke thread Anda. Usahakan jangan copas untuk setiap balasannya karena komentar Anda akan masuk dalam hitungan edgerank juga.

 

Selamat Mencoba!

 

Referensi : Christina Lie