Ingin memulai website professional tapi masih bingung mulai dari mana? Sebagai langkah awal, pikirkan lah tentang nama domain. Domain bisa dibilang merupakan sebuah alamat atau nama identitas sebuah website. Misalnya website ini yang memiliki nama domain ‘PandaGila’.

Memilih nama domain mungkin sekilas terdengar sepele. Namun nyatanya banyak juga yang merasa pusing karena bingung apa nama domain yang cocok untuk dipilih. Selain itu, jika Anda belum berpengalaman, seringkali Anda memilih nama domain yang rumit atau panjang yang sebenarnya tidak sesuai untuk nama sebuah website.

Ide Memilih Nama Domain untuk Website

Di postingan kali ini, PandaGila.com akan berbagi tips cara memilih domain yang baik untuk sebuah website. Pemilih nama ini tidak melulu terkait merek atau brand atau niche yang Anda miliki. Bisa salah satu dari opsi tersebut, atau bahkan tidak langsung berkaitan dengan opsi tersebut. Simak ulasan kami berikut ini :

1. Nama Domain Sesuai dengan Brand
Jika Anda mengusung sebuah nama brand yang Anda ciptakan sendiri, tentu saja memilih nama domain sesuai brand sendiri adalah opsi yang terbaik. Misalnya Anda memilik produk dengan nama ‘Mira Bag’, maka bisa dibuat mirabag.com. Tapi ini berlaku hanya untuk brand yang Anda ciptakan sendiri, bukan brand dimana Anda ikut menjadi #affiliate atau reseller. Jika Anda ikut menjadi affiliate sebuah produk, sebaiknya hindari menggunakan nama brand atau menggunakan domain brand yang sudah terkenal, karena berpotensi terkena gugatan hak cipta, sekaligus membuat keraguan/ ambigu di mata konsumen Anda.

2. Nama Domain Deskriptif sesuai dengan Niche Website
Untuk Anda pemain Google Adsense atau blog berbasis content publishing, maka memilih nama domain yang sesuai dengan niche website bisa menjadi opsi yang menarik. Berikut ini beberapa nama domain yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda – nb: contoh ini Saya tulis secara acak tanpa riset apakah nama domain ini sudah atau belum digunakan  :
[/su_highlight] – Niche Otomotif : otonews.com
– Niche Kesehatan : wikibugar.com
– Niche Wanita : womanizer.com
– Internet Marketing : digitalupdate.com
– Niche Cerita Pendek/ Kisah : ceritaneno.com[/su_highlight]

Artikel Menarik Lainnya :   10+ Langkah Penting Meningkatkan Keamanan Website Anda dari Ancaman Digital

Silahkan gali ide kreatif lainnya untuk menemukan lebih banyak nama domain menarik sesuai niche yang Anda miliki. Salah  satu keuntungan menggunakan nama domain yang sesuai dengan niche Anda adalah sangat bagus untuk SEO. Memilih nama deskriptif yang mengandung salah satu keyword yang di bidik di niche Anda dapat membantu website Anda tampil bagus di mesin pencari.

3. Domain Sesuai dengan Nama Anda
Memiliki domain sesuai dengan nama sendiri? Kenapa tidak? Toh tidak sedikit lho blogger dan tokoh yang kerap menggunakan nama mereka sebagai domain sendiri. Di luar negeri pun pemilihan domain sesuai dengan nama sendiri juga kerap dilakukan. Anda pun tidak harus menjadi orang terkenal dulu untuk bisa menggunakan nama Anda sebagai domain. Yang perlu diingat satu: buatlah nama domain Anda ini simple dan mudah diingat. Tidak perlu nama panjang, mungkin cukup nama depan saja atau nama lengkap boleh asal tidak terlalu panjang. Contohnya sebagai berikut :
  – agusrahman.com
– desimartini.com
– faturahman.com 

Hindari penggunaan nama yang sulit atau terlalu panjang seperti ini :
  – muhammadmaulana.com
– christianyudiaditya.com
– ferrykhrisnawahyudi.com
– sitidwiaisyahwati.com 

Intinya nama yang mudah diingat ya :).

4. Domain dengan Ide Nama Kreatif
Ingin memiliki nama domain unik yang berbeda dari yang lainnya? Cobalah untuk bereksplorasi dengan kata- kata unik dari berbagai literature atau istilah. Anda juga bisa membuat nama plesetan dari nama populer yang mudah diingat. Beberapa contoh domain dengan nama kreatif antara lain :
  – Tribun.com
– Hipwee.com
– Storibriti.com
– Syantik.com 

Salah satu keuntungan menggunakan nama kreatif adalah nama domain Anda unik dan cenderung lebih mudah diingat oleh pengunjung Anda. Selain itu, nama kreatif juga bisa menciptakan brand yang efektif untuk website Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Posting Otomatis Artikel Blog ke Facebook dan 6 Media Sosial Lainnya

Perhatikan Hal Penting Ini Ketika Memilih Nama Domain untuk Website

Sudah sreg memilih nama domain berdasarkan keinginan Anda? Jangan pergi dulu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini :

– Nama Domain Mudah Diingat
Jangan menyusahkan orang lain untuk mengingat nama domain Anda yang sulit untuk dieja. Khususnya jika blog Anda adalah untuk  pembaca Indonesia, pastikan nama domainnya tidak terdengar asing sehingga membuat orang lupa dengan nama domain Anda dan akhirnya tidak pernah kembali lagi meski sebelumnya bisa menghabiskan waktu berjam- jam di website Anda.

– Nama Domain Mudah Dieja dan Dibaca
Jika nama domain Anda terdiri dari dua kata, usahakan huruf terakhir kata pertama dan huruf pertama kata kedua bukan dua huruf vocal yang bertabrakan cara membacanya. Misalnya hindari penggunaan domain : ‘jakartaabadi’, atau ‘mayaananda.com’. Mungkin di contoh ini Anda belum menemukan kesulitan berarti karena contoh Saya sebutkan secara acak tanpa melakukan riset. Namun yang pasti, ketika dua kata disejajarkan dan huruf vocal bertabrakan, maka hal ini sering menimbulkan kesulitan tersendiri untuk pembaca. Mereka kerap salah menulis nama #domain dengan salah satu huruf vocal tertinggal. Anda sendiri pernah mengalaminya?

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Membuat Halaman About Us (Tentang Kami) di Website

Selain itu, gunakan juga ejaan sederhana, bukan bahasa plannet atau bahasa dengan ejaan yang berbeda antara bacaan dan tulisan. Misalnya domain ‘warungbandung.com’ tentu lebih mudah diingat daripada ‘waroengbandoeng.com’, atau ‘kaosjawa.com’ pasti lebih mudah diingat daripada ‘kaosdjawa.com’. Lagi- lagi Anda pasti sudah sering melihat contoh nama domain yang sulit untuk dituliskan, bukan?

– Hindari Tanda Penghubung
Website- website besar menghindari penggunaan tanda penghubung di domain mereka karena menurut mereka tanda penghubung terlihat tidak efektif. Daripada menggunakan tanda penghubung, mereka lebih senang untuk menempelkan dua kata begitu saja.

– Masih Bingung? Berdiskusi lah dan Temukan Beberapa Nama
Meskipun belum tentu teman Anda mengerti website dan domain, tidak ada salahnya untuk mengajak mereka berdiskusi untuk menemukan nama domain Anda. Beri tahu mereka tentang website Anda, dan ajak mereka mengeluarkan satu kata yang mewakili topik atau brand website Anda. Setelah itu, catat hasil dari unek- unek mereka.

Selanjutnya, tugas Anda adalah mengelola unek- unek mereka untuk menghasilkan beberapa nama domain. Setelah tercipta beberapa nama domain, urutkanlah dari mana yang paling Anda sukai dan tersedia di provider domain. Setelah itu, pilih satu saja yang paling mewakili website Anda untuk dijadikan alamat website Anda.

 

Memilih nama domain memang perlu benar- benar dipikirkan. Biar bagaimana pun, nama ini lah yang akan menjadi identitas pertama website Anda. Diawali dengan nama yang baik, maka kegiatan blogging akan menjadi lebih menyenangkan dan tenang. Next, Anda tinggal berpikir bagaimana cara mengisi dan optimasi website Anda. Good luck!