Untuk ‘bermain’ di social media, harus diakui, kita wajib cerdik dalam mengolah konten. Penting sekali untuk bisa menciptakan konten yang menghasilkan tingkat interaksi tinggi bersama fans halaman Anda dan pengguna lain. Interaksi tinggi ini sendiri adalah salah satu kunci untuk memenangkan campaign di jalur social media, baik itu di Facebook, Twitter, maupun Instagram.

Di #Facebook sendiri, jumlah share mempunyai poin lebih tinggi dibandingkan komentar, dan komentar mempunyai nilai lebih tinggi dibandingkan like, dan like mempunyai point lebih tinggi dibandingkan thread yang hanya dibaca saja. Semakin sering user di fanpage berinteraksi dengan konten Anda, maka konten Anda akan semakin sering ditampilkan di beranda user tersebut.

 

Membuat Kontes Sederhana di Social Media (Facebook, Twitter & Instagram)

Selain konten storytelling yang menghipnotis dan mudah viral, salah satu jenis konten yang paling berpotensi meningkatkan interaksi diadalah jenis konten kuis atau kontes. Tidak perlu sebuah kontes yang diselenggarakan dengan pihak ketiga, karena yang kita bahas kali ini adalah membuat kontes yang sederhana untuk membangun interaksi di akun media sosial Anda.

Goal utamanya adalah meningkatkan engagement dan reach pada brand/ bisnis Anda di social media dengan cara mendorong aktifitas dari mereka. Saat orang melakukan interaksi dengan akun medsos Anda, maka konten Anda pun semakin popular, sering tampil di feed/ explore pengguna (Facebook/ Instagram), atau bahkan menjadi trending topik (Twitter).

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Meningkatkan Follower Pinterest Dengan Mudah dan Cepat

Di Facebook sendiri, Anda juga bisa menggunakan media kontes untuk memperbanyak list email Anda. Bonus tambahan yang cukup menggiurkan, bukan?

1. Like dan Komentar untuk Menang
Jenis kontes ini sangat sederhana! Anda bahkan tidak membutuhkan banyak waktu untuk memikirkan ide konten dan desain gambar. Tujuan dari kontes ini adalah meningkatkan jumlah orang yang LIKE halaman Anda sehingga jumlah fan dari halaman Anda bertambah, sekaligus meningkatkan interaksi dengan mereka.

Idenya sederhana, Anda bisa melempar pertanyaan seputar bisnis Anda atau bahkan hal di luar tersebut -yang penting menarik dan mudah dijawab, dan ajak mereka untuk menyukai halaman Anda sebagai syarat utamanya. Saat kontes ini berjalan, maka dua hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Lihat Gambar :
Kontes Facebook Like & Komentar

2. Beri Jawaban dan Tag Teman untuk Ikut Kontes
Hampir sama dengan jenis kontes nomer satu, kali ini Anda akan meminta pengguna untuk tagging beberapa teman mereka untuk ikut terlibat dalam kontes yang Anda buat. Kontes ini dengan mudah memancing semakin banyak user untuk bergabung dalam kontes Anda.

Lihat Gambar :
Kontes Facebook

via Enveritas Group

3. Tebak Pertanyaan Sederhana
Nggak perlu memikirkan pertanyaan yang rumit untuk kontes Anda. Dan ingat, pertanyaan ini tidak harus berkaitan langsung dengan bisnis Anda agar semakin menarik user baru untuk berinteraksi.

Artikel Menarik Lainnya :   7+ Tips Berjualan di Media Sosial dengan Cara Sederhana tapi Efektif

Beberapa contoh yang bisa Anda coba :
– Berapa banyak botol minuman yang Anda lihat di gambar ini?
– Siapa Presiden Pertama RI?

Lihat Gambar :
Kuis Social Media Menjawab Pertanyaan

4. Upload Gambar untuk Menang
Arahkan peserta kontes Anda untuk meng- upload mereka dan men- tag akun Anda, dan informasikan bahwa Anda akan memposting ulang foto mereka di Facebook atau Instagram Anda. Foto dengan jumlah like dan komentar terbanyak akan menjadi pemenang untuk kontes Anda.

Dari jenis kontes ini Anda akan mendapatkan dua hal : interaksi di akun media sosial Anda akan meningkat, dan Anda mempunyai stok konten untuk diposting di media sosial. Peningkatan jumlah fans dan follower juga bisa menjadi bonus tambahan untuk akun medsos Anda! 🙂

Lihat Gambar :
Kontes Foto Social Media

5. Berikan Caption untuk Menang
Lagi- lagi contoh kontes yang tidak membutuhkan desain dan riset. Anda cukup meng- upload gambar random dari produk/ bisnis Anda, dan minta pengguna untuk memberikan caption mereka di kolom komentar. Caption yang paling menarik akan Anda ambil sebagai pemenang.

Lihat Gambar :
Caption This - Kontes Foto Facebook

6. Join E-mail List untuk Menang
Strategi kontes ternyata bisa juga dimanfaatkan para digital marketer untuk meningkatkan subscriber mereka. Dengan jenis kontens ini, maka ada dua hal yang Anda peroleh, yaitu tingkat interaksi yang baik di social media, dan yang kedua adalah Anda mendapatkan list email calon konsumen potensial yang dapat Anda remarketing kembali.

Artikel Menarik Lainnya :   Indikator untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Konsumen di Media Sosial

Salah satu brand besar yang menggunakan kontes untuk memperbanyak email list ini adalah Free Digital Reads. Dari kontes ini mereka mengaku mendapatkan 250 email subscriber dengan iming- iming hadiah $25 Amazon Gift Card. Dari kontes ini, Jika dihitung- hitung Free Digital Reads hanya mengeluarkan budget 10 sen per subscriber. Lumayan kan? Hehehe….

Lihat Gambar :
Join Email List

 

Ide Kontes Social Media Lainnya

Selain kontes sederhana di atas, Anda juga bisa menggunakan ide kontes dengan tingkatan di atasnya. Masih masuk kategori mudah juga, hanya saja Anda perlu untuk mengkreasikan materi kontes, baik itu dari segi isi konten, maupun desain gambar.
7. Melengkapi puzzle
8. Mencari benda tersembunyi di gambar
9. Melengkapi kalimat dengan kata- kata yang kosong, misalnya Indonesia ……… pada tahun 1945.
10. Acak kata
11. Matematika dan logika
12. Temukan beberapa kata yang berkaitan dengan produk atau tema tertentu
13. Cari perbedaan gambar A dan B
14. Siapa yang sampai duluan atau mana yang terisi lebih dulu
15. Ilusi Optik (gambar ini bergerak maju atau mundur, berapa kotak yang Anda lihat, dsb)

Lihat Gambar :
Kuis Social Media Tebak Kata Trivia

Kuis Social Media Tebak Kata

Kontes dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Masih belum puas juga? Anda bisa juga menciptakan kontes Facebook yang lebih kompleks dan menarik dengan bantuan pihak ketiga, seperti :

Selamat Mencoba!