Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah follower di Instagram. Yang kerap tidak dipikirkan, salah satu point penting untuk meningkatkan follower sebaiknya diawali dengan meningkatkan engagement di akun Instagram Anda. Dengan engagement yang baik, secara natural dan tanpa effort berlebih, Anda bisa meningkatkan jumlah follower Anda.

Point penting lain yang perlu digarisbawahi adalah algoritma Instagram kini lebih meng-apresiasi tingkat keterlibatan (engagement) yang terjadi pada sebuah akun. Dengan engagement yang baik, konten Instagram Anda akan sering muncul di menu explore, semakin sering dikunjungi pengguna lain, dan semakin banyak pengguna lainnya yang ‘nyantol’ menjadi follower setia Anda.

Bagaimana dengan cara curang seperti beli follower atau menggunakan aplikasi follower Instagram gratisan? Well, bisa dibilang cara itu sudah using kecuali buat keren- kerenan sesaat. Instagram pun kini semakin ketat terhadap penggunaan alat bot semacam itu. Ya, follower Anda akan naik dengan cepat. Tapi efek sampingnya, follower nya akan turun dengan cepat juga. Apalagi jika follower real Anda menyadari kalau akun Anda lebih banyak follower dan liker abal- abal? Tengsin dan berpotensi merusak reputasi! Rasanya sia- sia saja, kan?

 

Cara Meningkatkan Follower Instagram dan Engagement di Akun Anda

Jadi fix, cara curang dan bot hanya untuk Anda yang ingin instant dan mendapatkan hasil sesaat. Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil optimal dan cenderung permanen, go organic dan mainkan kreatifitas Anda! Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini :

1. Posting Konten Berkualitas
Content is The King. Yuhuuu… pakai istilah itu lagi- itu lagi. Tapi semakin kesini, Anda pasti semakin bisa merasakan bahwa semakin banyak pengguna Instagram yang menyadarinya pentingnya konten berkualitas di akun mereka. Buktinya, semakin banyak akun Instagram dengan kemasan feed yang kreatif, cantik dan manis.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Cerdas Memilih Endorser di Instagram yang Tepat untuk Bisnis Anda

Manajemen konten yang bisa Anda terapkan untuk Instagram adalah sbb :
– Foto berkualitas tinggi, tidak harus dengan DSLR atau mahir Photoshop, Anda bisa memanfaatkan kamera smartphone yang fiturnya makin canggih dan tool gratisan di Play Store/ App Store smartphone Anda.
– Caption foto yang menyenangkan, inspiratif, memancing rasa ingin tahu, atau memotivasi pembaca
– Video keren atau lucu- lucuan juga bisa menjadi ide konten yang menarik
– Kemasan foto dan feed Instagram secara keseluruhan memberi kesan eye catching

2. Penggunaan Hashtag yang Tepat
Penting untuk memperhatikan bahwa ada banyak postingan orang lain yang memakai hashtag yang sama seperti Anda. Misalnya, saat Anda menjual sepatu flat. Banyak orang akan menggunakan hastagh #sepatuflat #sepatuflatmurah atau #sepatumurah, namun Anda memilih untuk menggunakan hashtag ciptaan Anda sendiri yang tidak familiar untuk orang lain, seperti #sepatufloatkece. Menggunakan hashtag yang berbeda memang tidak dilarang, namun hal ini bisa mempersulit produkmu untuk muncul di pencarian saat user berburu produk yang dimaksud.

Maka dari itu, gunakan lah hashtag yang lebih optimal dan familiar dipakai orang agar semakin banyak orang yang mudah menemukan konten Anda.  Penggunaan hashtag yang tepat juga bisa membantu Anda dalam membangun komunitas Anda karena Instagram cenderung menampilkan postingan yang ada kaitannya dengan minat pengguna.

Selain itu, penting juga untuk tidak posting dengan hashtag yang salah tulis. Salah tulis satu huruf saja efeknya bisa fatal, yaitu konten Anda tidak muncul dalam pencarian user. Sayang sekali, kan? Apalagi jika Anda sudah berupaya maksimal dengan point nomer satu di atas.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Tips Menciptakan Konten Story Telling yang Memikat Fan Facebook Anda

3. Posting di Jam Aktif Follower
Melalui Insight Instagram, Anda dapat mengetahui hari dan waktu dimana akun Anda mendapatkan kunjungan terbanyak dari follower Anda. Dari sini, Anda sudah bisa memprediksi rentang waktu dimana para #follower sedang aktif dan siap merespon konten Anda. Dengan begitu, saat konten Anda dipublikasikan, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal lagi.

4. Anda Bisa Mengambil Pelajaran Menarik dari Top Post Anda
Top Post atau postingan terbaik adalah konten yang paling banyak mendapatkan interaksi dari user, baik itu komentar atau pun likes. Anda bisa memperoleh referensi ini dengan masuk ke Insight Instagram.

Setelah menemukan Top Post, coba lah menganalisanya dengan beberapa pertanyaan berikut ini :
– Jenis kontennya seperti apa?
– Bagaimana tampilan gambar di konten tersebut?
– Bagaimana tone color di konten tersebut
– Gaya dan captionnya seperti apa?
– Bagaimana dengan penggunaan hashtag nya?

Setelah mendapatkan hasil Analisa tersebut, cobalah posting konten bertema sama seperti postignan tersebut. Anda juga bisa mengkreasikan ulang postingan lama untuk ditampilkan ulang, di- edit seperlunya atau memposting ulang untuk digunakan di Insta Story.

5. Posting dengan Pola yang Efektif
Untuk menghasilkan tampilan feed yang manis dan kreatif, coba lah untuk merancang pola untuk etalase konten Anda di Instagram. Etalase konten bukan berarti harus sama seperti TOP Post semua . Goal nya adalah menghasilkan konten keseluruhan yang terlihat menarik untuk follower Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Ingin Campaign Facebook Ads Anda Berjalan Efektif? Lakukan lah 6 Langkah Cerdas Ini!

6. Lakukan Posting Konten secara konsisten
Penting untuk melakukan posting konten secara konsisten. Dengan cara ini, konten Anda akan semakin sering tampil di explore, dan juga muncul di Top & Recent Post dari pencarian hashtag di Instagram. Keuntungan lainnya, follower setia Anda juga jadi sering melihat produk yang Anda tawarkan. Bisa dibilang, ini adalah cara melakukan remarketing secara gratis.

7. Pancing Audience untuk Berinteraksi dengan Mengajukan Pertanyaan di Caption
Salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan engagement adalah memancing follower Anda agar mereka mau berkomentar dengan sendirinya. Cara termudah : buat lah pertanyaan menarik yang sebenarnya mudah untuk dijawab.

8. Balas Komentar di Postingan Anda
Membalas pesan atau komentar yang masuk di akun Instagram Anda akan membuat pengunjung merasa mereka dihargai. Hal ini bisa membuat mereka semakin menyukai akun Instagram Anda dan menjadi follower setia yang tertarik untuk berkomentar lagi dan lagi.

9. Jangan Sungkan untuk Berkomentar di Postingan Orang Lain
Dengan hadir di thread orang lain, secara tidak langsung Anda berupaya untuk membangun komunitas Anda di Instagram. Tidak jarang, hal ini berbalik menjadi tambahan interaksi ke akun Instagram Anda. Cara ini juga disebut- sebut cukup ampuh untuk meningkatkan follower Anda saat konten Anda cukup menarik bagi pengguna tersebut.

 

Kesimpulan

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk menambah follower dan engagement di Instagram. Cara ini gratis dan legal, hanya saja membutuhkan keseriusan dan konsistensi Anda untuk melakukannya.

Semoga bermanfaat!