Jumlah follower masih dianggap sebagai dewanya sebuah akun. Suka atau tidak suka, begitu lah faktanya. Terlepas dari profitable atau tidaknya jumlah follower sebuah akun di Instagram, tetep saja dia dianggap spesial jika memiliki jumlah follower yang nggak sedikit. Memang kita ini hidup di era pencitraan. Dan di bisnis digital, jumlah follower ini lah salah satu cara kita melakukan pencitraan.

Bagi beberapa pemilik bisnis online, jumlah follower ini sama sekali nggak penting kalau tidak berbanding lurus dengan penjualan mereka. Tapi tidak sedikit juga para online shoppers yang mati- matian menganggap jumlah follower ini sangat penting. Yang penting follower banyak dulu deh, soal ngomset itu nanti. Nah kan.. belum apa- apa ada yang protes, hehehe… Baiklah, Panda Gila disini tidak memfasilitasi perang pendukung parpol A dan B ya, hahaha… Beda pendapat boleh, yang penting jangan ngotot dan saling menghormati ya #lhoh.

Cara Meningkatkan Follower Instagram dengan Cepat

Terlepas dari apa tujuan utama Anda meningkatkan jumlah follower Instagram Anda. Atau juga sependapat atau tidak tentang penting tidaknya jumlah follower untuk sebuah akun, disini kami akan berbagi tips untuk meningkatkan follower Instagram dengan cepat. Mau cara yang gratis saja? Ada jugaaa… tapi kita akan membahasnya sesuai selera penulis ya ^_^

1. Gunakan Jasa Paid to Promote
Paid to Promote di Instagram adalah jasa meningkatkan follower dengan cara berbayar. Yang Anda lakukan adalah mencari akun di Instagram, biasanya akun #tokoonline, yang banjir follower dan mengajukan kerjasama agar olshop tersebut mau memposting produk Anda dan mengajak followernya untuk ikut mem-follow Anda. Dalam kesepakatan ini, Anda dan si akun Paid to Promote ini akan menentukan syarat dan tarif yang sesuai dengan kesepakatan.

Agar tidak rugi, lakukan lah beberapa riset terlebih dahulu. Buat lah list setidaknya 3-5 akun yang siap Anda ajak untuk melakukan kerja sama Paid to Promote. Bandingkan jumlah follower, syarat dan tarif yang mereka tawarkan sebelum akhirnya Anda menjatuhkan pilihan untuk bekerja sama dengan 1-2 akun Paid to Promote.

Artikel Menarik Lainnya :   13 Teknik Jitu Untuk Meningkatkan Omset Toko Online Anda

2. Gunakan Jasa Selebgram, Publik Figur atau Endorsement
Selebgram bisa dibilang sama seperti influencer, yaitu akun populer di Instagram yang sudah memiliki banyak sekali jumlah follower. Kalau Publik Figur atau Endorsement tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan?

Hampir sama dengan Paid to Promote, tugas Anda adalah melakukan riset beberapa akun  yang siap untuk Anda ajak kerja sama, kemudian hubungi mereka untuk mendiskusikan syarat dan tarif untuk jalinan kerjasama. Setelah menemukan akun yang tepat, mulai lah strategi ini, yaitu dengan meminta mereka untuk mempromosikan akun Anda.

3. Gunakan Instagram Ads
Sama seperti si kakak, Facebook, Instagram juga memiliki network atau jaringan beriklan di situs mereka. Dengan memanfaatan Instagram Ads, Anda dapat meningkatkan jumlah follower Anda dengan cara yang legal. Walaupun menurut Saya Instagram Ads masih belum terlalu efektif untuk meningkatkan follower ( belum sebagus Facebook saat ini ), namun cara ini adalah salah satu cara yang sangat work juga.

Sebagai persiapan dan agar Instagram Ads Anda optimal, perhatikan lah kualitas foto, bahasa iklan ( caption ) dan hashtag. Ketiga hal ini sangat penting dan harus dikemas dengan sebagus dan semenarik mungkin. Selain bisa meningkatkan follower Anda, Instagram Ads juga dapat meningkatkan penjualan produk Anda secara langsung.

4. Menggunakan Metode SFS ( Shout Out for Shout Out )
SFS dikenal sebagai salah satu strategi ampuh untuk meningkatkan penjualan toko online di Instagram. SFS sendiri pernah kami bahas di artikel yang lain dengan judul : Optimasi Instagram Anda dengan SFS untuk Menambah Follower dan Menguatkan Jaringan Bisnis Online. Jika Anda ketinggalan artikel tersebut, tidak ada salahnya untuk membaca terlebih dahulu ya.

Artikel Menarik Lainnya :   8 Penipuan Lewat Media Sosial yang Tidak Anda Sadari

Sayangnya dengan SFS, Anda harus memiliki modal utama terlebih dahulu yaitu jumlah follower tertentu dan juga tidak memiliki follower fake. Jadi, SFS ini diberlakukan untuk mereka yang sudah punya follower banyak dan semua followernya asli. Kalau sebelumnya Anda memakai follower palsu, maka besar kemungkinan Anda tidak akan diperbolehkan untuk mengikuti trik ini.

Setelah memiliki dua modal tadi, Anda dapat bergabung ke sejumlah grup SFS, yang biasanya aktif di grup chat Line atau WhatsApp. Dengan SFS, Anda akan bertemu dengan akun- akun yang memang jumlah followernya sudah lumayan banyak. Kalian dapat mempromosikan akun satu sama lain untuk lebih menguatkan posisi akun kalian di Instagram, sekaligus meningkatkan jumlah follower dengan lebih baik lagi.

5. Membeli Akun Instagram yang Sudah Banyak Pengikutnya
Ini cara malas sih, hehehe… tapi karena termasuk salah satu cara yang paling cepat dan ajaib untuk mendapatkan banyak follower ya terpaksa Saya masukkan. Panda Gila sendiri tidak menyarankan ini, karena Anda belum tentu mengetahui kualitas follower nya ( apakah bot atau asli, atau apakah dia sering posting konten bermasalah atau tidak- seperti konten porno/dewasa ) dan juga jenis interest yang bisa jadi sangat tidak nyambung dengan akun toko online Instagram Anda. Tapi sekali lagi, jika Anda sangat malas untuk membangun dari nol dan Anda punya cukup uang untuk dibakar, metode ini tidak ada salahnya untuk dicoba.

6. Beli Follower Asli
Ya, jasa beli follower memang sangat marak untuk Instagram dan Twitter. Anda pun akan menemukannya dengan sangat mudah dengan Googling atau iseng- iseng di Kaskus. Satu hal yang pasti, membeli follower bukanlah opsi yang terbaik. Tapi jika Anda merasa tidak ingin buang- buang waktu, ya opsi ini bisa Anda ambil. Yang perlu diingat, beli lah follower asli saja, walaupun harganya sedikit mahal. Membeli akun follower palsu bisa jadi justru merugikan akun Instagram Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Bisnis Online Tanpa Produk: Dropship, Reseller, Afiliasi, atau Joint Venture?

7. Mengumpulkan Real Follower secara Natural
Nah, dari sekian metode di atas, metode ini lah yang dijamin 100% gratis alias Anda bisa saja tidak mengeluarkan sepeser uang pun, kecuali untuk beli data/ internet. Selain itu, ini juga metode mengumpulkan follower yang paling aman, minim SPAM atau merugikan akun Anda. Kelemahannya satu, metode ini memakan cukup banyak waktu dan mengajari Anda untuk sabar dan aktif. Jika Anda memilih metode ini, maka beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan follower Instagram secara gratis ini adalah :
– Aktif melakukan posting konten yang menarik dan bermanfaat, seperti foto lucu, meme lucu, meme inspiratif, dan sejenisnya.
– Anda aktif mem-follow akun lain dulu, usahakan akun yang Anda ikuti ini adalah akun- akun tertarget atau yang bisa menjadi calon customer Anda
– Aktif lah bersosialisasi, yaitu dengan sering- sering berkomentar atau sekedar memberi ‘suka’ di akun mereka
– Lakukan kontes atau kuis berhadiah dengan meminta partisipan untuk men-tag teman dan mengikuti akun. Selain untuk meningkatkan jumlah followers Anda, trik yang satu ini juga bisa menjadi salah satu media promosi produk yang tokcer Anda. Follower dapet, potensi penjualan juga meningkat. Enak kan?

 

Ada tujuh metode berarti sudah cukup banyak ya? Mana menurut Anda yang paling ideal untuk bisnis Anda di Instagram?