Kalau kita sedang membahas marketplace yang sedang booming- boomingnya di Indonesia, startup Bukalapak ini pasti juga akan masuk sebagai sajian utama kita. Bisa dibilang, Bukalapak ini merupakan salah satu yang paling populer bersama dengan Tokopedia. Untuk para pedagang online, tentu kehadiran startup ini memberi lebih banyak kemudahan untuk menyebarkan jangkauan produk mereka. Bisa dibilang, semakin banyak #marketplace setipe dengan startup ini, maka angin segar yang bertiup untuk para pedagang online, semakin seger.

Bagi para pedagang online, membuka cabang toko online di marketplace memang dapat meningkatkan omset penjualan. Produk mereka semakin dikenal orang dan juga mendapatkan promosi gratis dari perusahaan startup tanpa keluar modal. Bagi para penggemar belanja online, tentu saja kehadiran Bukalapak memberikan opsi lain untuk berbelanjan online secara mudah, cepat dan aman. Mulai dari kebutuhan fashion, hobi, keperluan rumah tangga, gadget, elektronik dan berbagai macam perlengkapan lainnya dapat diperoleh di toko online ini. Wah, nggak harus hujan- hujan dan panas- panasan lagi, kan?

Selain aman dan cepat, apalagi sih keunggulan Bukalapak ini? Dengan banyaknya pedagang online yang membuka cabang mereka di Bukalapak, maka sebagai pembeli, Anda dapat memilih produk yang akan Anda beli dengan membandingkan harga antar satu pedagang dengan yang lainnya, dan juga mempertimbangkan unsur review dari pembeli sebelumnya. Di satu produk yang Anda butuhkan, bisa saja Anda memperoleh puluhan penawaran yang berbeda. Anda tidak perlu repot- repot untuk keliling pasar untuk mendapatkan harga termurah dari produk yang sama yang Anda inginkan, tapi di Bukalapak, Anda akan memperoleh apa yang Anda inginkan tanpa repot.

Artikel Menarik Lainnya :   8 Tips Meningkatkan Trafik Toko Online Anda

Cara Mendaftar di Bukalapak

Sama seperti marketplace lain yang sangat mengutamakan keamanan dalam bertransaksi online, Bukalapak pun mengusung fitur demikian. Setiap transaksi online yang dilakukan antara pembeli dan penjual diwadahi oleh marketplace ini dengan berperan sebagai perantara melalui rekber ( rekening bersama ). Baik pedagang dan pembeli harus mendaftar dan mengaktifkan akun terlebih dahulu, sebelum akhirnya dapat bertransaksi di platform toko online ini. Ikuti langkah- langkah berikut ini untuk bisa mendaftar di Bukalapak.
1. Kunjungi situs Bukalapak.com yang merupakan website resmi dari marketplace ini, lalu klik ‘Daftar’ yang terletak di kanan atas

Lihat Gambar :
bukalapak, marketplace, toko online, mendaftar, pembeli, penjual

2. Anda akan diarahkan ke halaman ‘Pendaftaran User Baru’. Untuk mendaftar secara cepat, Anda dapat memilih ‘Daftar dengan Facebook’ atau ‘Daftar dengan Google’. Di tutorial ini, Anda akan dituntun untuk mendaftar melalui form isian. Isi lah informasi yang diminta di form isi-an tersebut, yang antara lain adalah:
*) Email
*) Nama Lengkap
*) Password
*) Ulangi Password
*) Jenis kelamin
*) Username

Lihat Gambar :
bukalapak, marketplace, toko online, form pendaftaran
Selesai mengisi form tersebut, pilih ‘Daftar’
3. Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi email, yaitu melakukan verifikasi pendaftaran melalui link verifikasi yang dikirim melalui email Anda
Lihat Gambar :
bukalapak, marketplace, toko online, konfirmasi, verifikasi email
4. Buka email yang Anda daftarkan. Periksa inbox atau folder Spam/ Junk. Setelah Anda menemukan email permintaan konfirmasi dari Bukalapak, klik ‘Konfirmasi Email’
5. Setelah Anda klik link konfirmasi tersebut, maka Anda akan memperoleh notifikasi bahwa akun Anda telah selesai dibuat
Lihat Gambar :
bukalapak, marketplace, toko online, pendaftaran berhasil

Sekarang, Anda sudah resmi terdaftar menjadi member marketplace Bukalapak.com. Apa saja yang dapat Anda lakukan setelah menjadi member terdaftar? Ini dia…
*) Anda dapat mulai berbelanja online, dengan mencari produk yang Anda inginkan di kolom pencarian ‘Cari Barang’
*) Anda dapat mengirim pesan kepada pemilik lapak untuk bertanya seputar spesifikasi produk dan kepastian stok barang
*) Anda dapat meng- update biodata Anda dengan alamat, tanggal lahir, no telepon dan foto diri
*) Anda dapat mengatur lapak Anda dan membuka cabang toko online Anda di Bukalapak

Artikel Menarik Lainnya :   10 Toko Online Indonesia yang Paling Populer dan Sering Dikunjungi

Bagaimana Caranya Bebelanja di Bukalapak?

Setelah menjadi anggota terdaftar, Anda akan dapat berbelanja barang yang Anda butuhkan dengan sangat mudah. Setelah memilih produk yang Anda inginkan, klik produk tersebut, lalu pilih ‘Tambahkan ke Keranjang’. Kemudian akan muncul jendela box yang mengarahkan Anda untuk berbelanja produk lain atau langsung melakukan pembayaran. Jika Anda sudah selesai berbelanja, pilih ‘Lanjut ke Pembayaran’ dan selanjutnya Anda tinggal mengikuti panduan dari Bukalapak untuk melengkapi data pemesanan,pengiriman dan diarahkan ke metode pembayaran.

Lihat Gambar :
bukalapak, marketplace, toko online, belanja online

Setelah Anda selesai melakukan pembayaran dan konfirmasi, maka selanjutnya Bukalapak akan meneruskan order Anda ke pembeli. Selanjutnya Anda tinggal menunggu notifikasi  tentang status orderan Anda. Sampai disini, Anda tidak perlu bertanya nomer resi kepada penjual, karena no resi ini nanti akan muncul dengan sendirinya di sistem toko online ini, ketika si penjual menerima order dan melakukan pengiriman.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Memulai Bisnis Dropship dan Reseller- Bisnis Tanpa Modal

Bagaimana jika produk yang Anda beli ternyata kosong? Jika hal ini terjadi, maka penjual tidak akan menerima order Anda dari Bukalapak. Anda akan menerima notifikasi dari marketplace ini ketika penolakan order terjadi, dan secara otomatis uang Anda akan kembali dalam bentuk saldo yang dapat Anda gunakan untuk berbelanja lagi atau dikirim ke rekening terdaftar Anda.

Bagaimana Caranya Berjualan di Bukalapak?

Setelah menjadi member terdaftar, langkah pertama yang Anda lakukan adalah dengan memasang foto header lapak dan memberi deskripsi tentang lapak Anda. Selanjutnya, Anda dapat mengatur metode pengiriman yang akan Anda gunakan, Rekening Bank dan pengaturan notifikasi.

Lihat Gambar :
bukalapak, marketplace, toko online, mengatur lapak

Jika pengaturan sudah selesai, Anda mulai dapat memajang produk Anda di startup toko online ini dengan klik fitur ‘Jual Barang’ yang berada di sub menu atas bergambar kamera dan tanda plus. Setelah itu, Anda dapat mulai menjual produk Anda dengan cara meng-upload gambar produk, memberikan detail informasi tentang produk dan juga harga. Dengan cara ini, maka Anda memiliki kesempatan untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli dari Sabang sampai Merauke, hehehe …

Sekian artikel kali ini. Mudah- mudahan postingan tentang mendaftar sebagai pembeli dan penjual di Bukalapak ini menginspirasi dan bermanfaat untuk teman- teman.