Ketika menulis artikel tentang SEO Friendly ini, Saya tiba- tiba ingat saat masih menjadi blogger amatir dulu. Dulu nge- blog asal nge-blog saja, tidak belajar tentang SEO dan juga mengabaikan banyak faktor tentang #SEO. Gimana mau belajar tentang SEO, wong dulu masih buta banget kok.

Beberapa bulan menjadi blogger amatiran yang asal nge- blog, lama- lama Saya paham bahwa blogging itu bukan sekedar blogging, kecuali kalau Saya hanya ingin blogging ini sekedar penyalur hobi menulis atau mengisi waktu senggang. Awal mengenal SEO karena Saya waktu itu aktif blogwalking dan banyak membaca artikel seputar blogging dan make money. Setelah itu baru Saya ngeh, ‘ohhh begitu tho caranya blogging….

Lupakan kejadian beberapa tahun yang lalu, kini Anda tidak perlu membuat kesalahan serupa seperti Saya dulu. SEO adalah faktor penting yang tidak bisa diremehkan jika Anda ingin membangun blog yang baik dan kuat di search engine. Content is the king, konten adalah raja. Penting sekali untuk memperhatikan faktor SEO sebelum kita mem-publish artikel yang kita buat di blog. Di artikel ini, Saya sekedar sharing bagaimana cara membuat artikel yang SEO Friendly sehingga artikel kita dapat memperoleh perlakuan yang istimewa di mesin pencari. Semoga bermanfaat ya!

Trik Ampuh Menulis Artikel SEO Friendly untuk Blog Anda

1. Konten Original dan Berkualitas

Yang ini tentu tidak perlu Saya jelaskan secara panjang lebar, karena teman- teman pasti sudah tahu bahwa Google sangat tidak menyukai konten yang hanya copas bulat- bulat dari blog lain.  Buatlah artikel yang original, fresh dan berkualitas. Bagaimana caranya? Kan artikel yang kita buat memiliki topik dan inti sari yang sama dengan artikel di blog ini dan itu?

Artikel Menarik Lainnya :   5 Prinsip Dasar SEO yang Tidak Lekang oleh Waktu dan Algoritma Google

Rewrite alias menulis ulang. Anda dapat mencari dua atau tiga artikel sebagai sumber, kemudian menulis ulang dengan gaya bahasa Anda sendiri. Dengan rewrite, maka Anda telah belajar menulis, meningkatkan tulisan Anda, dan memahami apa yang Anda tulis dari dua sumber berbeda sehingga Anda dapat menghasilkan tulisan yang berkualitas dan unik. Usahakan setiap postingan yang Anda tulis memberikan nilai edukatif atau wawasan kepada pembaca sehingga pembaca jatuh cinta. Kalau pembaca saja sudah jatuh cinta, yakin deh lambat laun mesin pencari juga jatuh hati dengan blog Anda.

Oh ya, berapa jumlah kata yang dibutuhkan untuk membuat sebuah artikel menjadi berkualitas?? Meskipun banyak yang mengatakan minimal 300 kata saja sudah cukup, sebaiknya tingkatkan menjadi 500 kata atau lebih. Semakin panjang, lengkap dan informative sebuah artikel, maka artikel tersebut akan semakin berkualitas.

2. Mengatur Judul dan Deskripsi yang Sesuai

Dalam SEO, judul atau title sangat penting, karena berperang sebagai informasi awal atau garis besar isi sebuah artikel yang akan disuguhkan kepada pembacananti. Judul yang dibuat sebaiknya mewakili topik yang dibahas dalam artikel, serta mengandung kata kunci yang dibidik, tapi tidak kaku, menarik dan terlihat natural. Perhatikan contoh dibawah ini;
1. ‘Membuat Email di Yahoo dan Google’

Artikel Menarik Lainnya :   Apa Saja Manfaat Internal Link untuk Website/ Blog?

2. ‘Cara Mudah Membuat Email Gratis di Yahoo Google’

Kedua judul diatas membidik kata kunci yang sama, yaitu membuat email di Yahoo dan Google’, namun judul kedua terlihat lebih menarik dan enak dibaca sehingga kemungkinan besar orang akan memilih untuk memberikan klik di judul yang kedua ketika keduanya bersamaan bertengger di search engine.

Selain memberi judul yang tepat dan menarik, jangan lupakan juga Meta Description. Meta Description adalah jenis meta/ tag html yang dibaca mesin pencari sebagai deskripsi artikel yang ditampilkan di halaman pencarian. Meta description ini dibatasi hanya 160 karakter sehingga kita harus memilih untuk memasukkan deskripsi yang tepat dan mengandung kata kunci sebagai meta description-nya.

3. Gambar dan Video yang Relevan

Rasanya kurang lengkap ya jika sebuah artikel tidak diberi tambahan gambar atau video yang relevant sebagai bumbu penyedapnya? Nah, menyisipkan gambar dan video pun tidak boleh asal, melainkan harus nyambung dengan topik yang dibahas. Ketika memasukkan gambar sebagai konten, jangan lupa untuk menambahkan tag Alt sesuai sehingga gambar konten dapat dibaca dengan mudah oleh Search Engine.

4. Jangan Berlebihan Dalam Memasukkan Keyword
Keyword memang salah satu faktor penting dalam SEO, tapi ingat bukan berarti kita bisa asal memasukkan keyword sehingga menjadi berlebihan. Untuk menghasilkan artikel yang SEO Friendly, keyword harus disebar secara merata di konten Anda, yaitu mulai dari awal paragraph, tengah paragraph, hingga akhir paragraf, dengan jumlah sewajarnya. Terlalu banyak keyword dalam konten Anda bisa berbahaya karena hal tersebut dapat dianggap sebagai SPAM ( keyword stuffing ).

Artikel Menarik Lainnya :   Mengapa Tiba- tiba Ranking Blog/ Website Merosot di SERP Google?

5. Tidak Berlebihan Dalam Memasukkan Tag
Sama halnya seperti keyword, memasukkan tag dalam konten pun harus sewajarnya, tidak perlu berlebihan. Dalam konten, tag adalah sebuah identitas yang mengacu pada konten sebuah blog. Terlalu banyak tag dapat membuat konten terlihat tidak focus dan terkesan seperti kegiatan SPAM. Menggunakan 5 tag saja sudah cukup untuk mewakili artikel yang kita buat.

6. Membuat Link ke Halaman Terkait
Menambahkan link ke halaman terkait, secara internal atau eksternal, berarti kita memberikan link referensi untuk pembaca menemukan konten yang berhubungan dengan artikel yang sedang dibaca. Hal ini menjadikan konten terlihat lebih lengkap dan informative untuk pembaca. Selain dapat meningkatkan page view, tentu saja ini menjadikan artikel Anda lebih SEO Friendly.

Bagaimana, tidak terlalu sulit kan teman- teman? Saya sendiri merasa setelah mempraktikkan 6 cara ini, kualitas blog Saya lebih baik dan juga visitor meningkat. Konten is the king betul deh. Mari kita buat artikel kita menjadi lebih SEO Friendly dan lihatlah hasilnya!

Males baca? Lihat versi videonya boleh juga:

Selamat mencoba!