Panda Gila– Penting nggak sih punya email? Kalau Anda hidup di jaman modern seperti ini ya punya alamat email ini wajib ain. Mau untuk sekedar surat menyurat atau biar punya aja, email tetap harus punya. Lah kan buat Facebook, Twitter, Path dan Instagram juga harus punya alamat email? Kalau sudah sampai baca artikel ini, pasti hidup di jaman modern dong? Pasti punya Facebook dan Instagram juga kan?

Email atau electronic-mail ( surat elektronik ) adalah sebuah fasilitas yang juga bisa disebut sebagai identitas online seseorang. Email ini dapat kita baca melalui perangkat komputer, smartphone, laptop atau tab, dengan menggunakan koneksi internet. Fitur ini wajib dimiliki siapa saja yang akan melakukan kegiatan di internet, entah itu di situs social media seperti Facebook atau Twitter atau waktu kita mendaftaruntuk menjadi member di situs komunitas tertentu atau berbelanja online. Saking pentingnya alamat email ini, sampa- sampai Panda Gila sendiri menyebut bahwa memiliki email ini hukumnya wajib ain.

 

Proses pembuatan email ini dijamin sangat mudah. Bahkan saking mudahnya, anak SD  pun dijamin langsung bisa memiliki alamat email setelah melihat satu seri tutorial saja. Proses pembuatan alamat email ada yang berbayar da nada juga yang gratis. Contoh beberapa layanan penyedia email gratis yang populerdan paling banyak digunakan antara lain Google Mail ( Gmail), Yahoo dan juga Microsoft.com( Hotmail ). Di artikel ini akan kami paparkan cara mudah membuatemail gratis di ketiga layanan tersebut.

Cara Membuat Email Gratis di Google ( Gmail )

Untuk kebanyakan blogger, gmail adalah layanan email gratis ter-favorit. Dengan satu akun gmail saja, maka kita akan memiliki akses untuk masuk ke produk layanan Google lainnya, seperti Google Plus, Google Adsense, Google Webmaster, Analytic, Blogger dan masih banyak lagi.
1. Langkah pertama, masuk ke situs Google Mail atau klik disini.

Lihat Gambar
gmail,google mail, membuat email, email gratis
2. Klik tombol “Create Account” atau “Buat akun” yang terletak di bawah kotak sign-in atau di sebelah kanan atas halaman Google mail.
3. Isi kolom- kolom yang tersedia pada halaman pengisian data sesuai dengan identitas Anda:
– Name : Diisi sesuai dengan nama lengkap Anda ( first name: nama depan dan last name: nama belakang )
– Choose Username/ Pilih Nama PenggunaAnda: diisi dengan  alamat email yang Anda inginkan
– Create Password/ Buat sandi : diisi dengan kata sandi atau password yang dapat Anda ingat dengan mudah, tapi tidak mudah ditebak orang lain
– Confirm Your Password: masukkan ulang kata sandi yang Anda masukkan sebelumnya
– Birthday/ Tanggal Lahir : diisi sesuai tanggal, bulan dan tahun kelahiran Anda
– Gender : pilih sesuai dengan jenis kelamin Anda
– Mobile Phone/ Ponsel : isi sesuai dengan nomor HP Anda untuk keamanan
– Your current email address: masukkan alamat email Anda yang lain ( jika punya )
– Prove you’re not a robot/ Buktikan bahwa Anda bukan robot : diisi dengan kode sesuai dengan gambar/ teks yang tersedia di halaman tersebut
– Location/ Lokasi : pilih sesuai lokasi Negara tempat Anda tinggal
Lihat Gambar

gmail,google mail, membuat email, email gratis

4. Centang kolom persetujuan terhadap persyaratan dan kebijakan dari Google ( I agree to the …. / Saya menyetujui … ), lalu klik tombol “Langkah Berikutnya” atau “Next Step”.
5. Setelah step diatas, maka Anda sudah resmi memiliki sebuah akun email gratis di Google.  Kini Anda dapat menambahkan profil Anda dengan menambahkan foto profil. Untuk melakukan ini, klik tombol “Tambahkan Foto Profil” atau “Upload Photo”.
Lihat Gambar
gmail,google mail, membuat email, email gratis
6. Done, akun email Anda di Google siap digunakan. Klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk masukke halaman email Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Apakah Anda Termasuk Generasi Y? Seperti Inilah Karakteristik Anda

Cara Membuat Email Gratis di Yahoo Mail

Selain Gmail, layanan email gratis dari Yahoo juga sangat popular dan digemari. Dengan membuat email gratis di Yahoo mail, maka kita akan secara otomatis terdaftar di layanan Yahoo Messenger yang dapat kita gunakan untuk chatting dengan gratis dan mudah.

1. Langkah pertama,kunjungi situs Yahoo mail.

Lihat Gambar
ymail, yahoo mail, membuat email, email gratis
2.  Klik tombol “Daftar untuk account baru” yang terletak di bawah kotak sign in atau di bagian atas kanan halaman Yahoo Mail.
3. Isi kolom- kolom yang tersedia sesuai dengan identitas Anda:
– Nama : terdapat dua kolom, isi kan nama depan dan nama belakang Anda
– Pilih ID Yahoo! : masukkan alamat email yangAnda inginkan
– Pilih kata sandi : isi dengan kata sandi yang Anda inginkan, pilih kata sandi yang mudah diingat, tapi tidak mudah ditebak
– Ketika ulang kata sandi : masukkan ulang kata sandi Anda
– Nomor Ponsel : masukkan nomor HP Anda
– Saya lahir pada : isi dengan tanggal kelahiran Anda sesuai dengan kolom yang tersedia ( tanggal, bulan dan tahun kelahiran )
– Nomor pemulihan opsional : bila Anda memiliki no HP yang lain, silahkan masukkan disini sebagai opsi tambahan atau boleh dikosongkan saja
Selanjutnya klik tombol “Buat account”.
Lihat Gambar
ymail, yahoo mail, membuat email, email gratis
4. Masukkan kode verifikasi sesuai dengan kode yang tersedia, lalu klik “Kirim kode” dan dilanjutkan dengan verifikasi no HP via SMS, klik “Kirim SMS”.
Lihat Gambar
ymail, yahoo mail, membuat email, email gratis

5. Selesai, kini Anda telah resmi memiliki sebuah akun email di Yahoo. Langkah berikutnya, klik “Persiapan Awal” untuk masuk ke halaman email Anda.
Lihat Gambar
ymail, yahoo mail, membuat email, email gratis

Artikel Menarik Lainnya :   Update Google Chrome Juli 2018 : Banyak Situs Web Akan Ditandai Tidak Aman

Cara Membuat Email Gratis di Hotmail

Layanan email gratis di Hotmail ini disediakan oleh perusahaan raksasa di bidang teknologi, yaitu Microsoft.com. Dibandingkan dengan Gmail dan Yahoo mail, Hotmail memang kalah popular.Namun demikian, provider email ini juga banyak digunakan orang untuk mendapatkan layanan email secara gratis.

1. Langkah pertama,buka situs Hotmail, dan Anda akan diarahkan ke halaman utama Hotmail/ Outlook

Lihat Gambar
hotmail, email microsoft, membuat email, email gratis
2. Klik tombol “Sign up now” yang terletak di  kanan bawah
3. Sama seperti ketika membuat akun email di Google dan Yahoo, kini  tugas Anda adalah mengisi kolom- kolom yang tersedia sesuai dengan identitas Anda:
– Nama : isi first name ( nama depan ) dan last name ( nama belakang )
– Username : isi nama pengguna untuk menjadi alamat email yang Anda inginkan di akun Microsoft Anda. Sebagai ekstensi atau akhiran, Anda boleh pilih salah satu antara @outlook.com atau @hotmail.com
– Password : masukkan password yang mudah diingat
– Reenter Password: masukkan ulang password yang telah Anda ciptakan tadi
– Country/ Region : pilih Negara tempat tinggal Anda
– Birthdate : masukkan tanggal lahirAndasesuai dengan kolom, yaitu bulan – tanggal- tahun
– Gender : pilih sesuai jenis kelamin Anda
– Country Code : pilih sesuai Negara tempat Anda tinggal
– Phone Number: masukkan no HP Anda
– Alternate Email Address : masukkan alamat email alternative ( boleh dikosongkan  )
– Masukkan captcha atau kode yang tersedia untuk mencegah SPAM
– Klik “Create Account”
Lihat Gambar
hotmail, email microsoft, membuat email, email gratis
4. Selesai, kini Anda memiliki sebuah aku email gratis di Hotmail. Langkah berikutnya, Anda dapat klik tombol “Continue to inbox” untuk melihat halaman email Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Cara Mematikan Laptop yang Tidak Bisa di-Shut Down

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk membuat email gratis di Gmail, Yahoo Mail dan Hotmail? Mudah- mudahan artikel ini bermanfaat untuk membantu Anda dalam membuat email gratis secara cepat dan mudah.