Memberi watermark pada foto/ gambar produk kita di WordPress adalah salah satu cara yang perlu dilakukan pemilik toko online untuk menghindari pencurian foto yang dilakukan oleh competitor atau oknum lainnya. Watermark ini kerap muncul dalam bentuk tulisan, simbol atau logo brand tertentu dalam bentuk transparan di sebuah foto atau gambar.

Tidak semua pemilik toko online aware dengan hal ini. Ada yang sengaja membiarkan, ada juga yang enggan melakukannya karena merasa memberi watermark satu per satu pada gambar cukup merepotkan.

 

Plugin WordPress untuk Memberi Watermark Otomatis

Memang, cukup repot rasanya kalau harus meng- edit foto dengan memberi tambahan watermark satu per satu. Namun, hal ini sebenarnya tidak perlu Anda lakukan karena Anda dapat memberikan watermark otomatis di foto Anda dengan menggunakan plugin WordPress, Easy Watermark.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Membuat Blog Gratis di WordPress dan Blogger

Berikut ini tutorial yang bisa Anda ikuti :
1. Siapkan gambar teks atau simbol yang ingin Anda gunakan sebagai watermark untuk produk Anda
2. Install dan aktifkan terlebih dulu Plugin Easy Watermark
3. Lakukan pengaturan dasar plugin terlebih dulu di menu Settings >> Easy Watermark. Anda bisa mengikuti pengaturan default atau melakukan update pengaturan sesuai yang Anda inginkan
Default Setting Easy Watermark di WordPress
4. Watermark Anda berupa gambar atau teks? Pilih tab sesuai kebutuhan Anda, kemudian atur posisi dimana watermark Anda ingin muncul. Tekan salah satu posisi yang Anda pilih (di gambar ini Saya pilih kotak kanan bawah).
5. Anda juga bisa mengatur apakah watermark ini akan Anda lakukan pada semua gambar secara otomatis, atau manual pada gambar tertentu
6. Untuk pemberian watermark secara manual, masuk lah ke menu Media >> Library, dan pilih gambar yang ingin Anda beri watermark, edit rincian, kemudian pilih ‘Add Watermark’, dan klik ‘Perbarui’/ ‘Update’.
Memberi watermark manual di Easy Watermark
7. Jika Anda ingin semua gambar secara otomatis mendapatkan watermark, masuk ke menu Media >> Easy Watermark , kemudian pilih ‘Start’, dan tunggu hingga selesai
Memberi Watermark massal di WordPress dengan Easy Watermark
8. Selesai

Artikel Menarik Lainnya :   30+ Theme WordPress Responsif Terbaik 2018 GRATIS & Siap Download

 

Hanya dalam beberapa klik di pengaturan, kini Anda sudah bisa menikmati watermark otomatis di gambar produk Anda. Mudah sekali, bukan?

Selamat mencoba!