Setelah resmi diluncurkan beberapa waktu yang lalu, fitur baru dari Instagram bernama IGTV, siap merebut hati penggemar media sosial di seluruh dunia. Pengguna tidak perlu lagi galau saat ingin mengunggah video- video berdurasi panjang. Dengan IGTV, hal ini bisa dilakukan dengan mudah.

Selain muncul di Instagram, IGTV sendiri hadir dalam aplikasi terpisah yang dapat di-download melalui Google Play Store atau Apple Store. Untuk menikmatinya di Instagram, pengguna dapat mengaksesnya di bagian kanan atas jendela aplikasi, dimana icon IGTV berdiri bersebelahan dengan icon Direct Message.

 

Cara Menggunakan IGTV untuk Upload Video Instagram

Sudah sempat melihat konten IGTV di akun Instagram Anda? Tertarik untuk membuat konten video berdurasi panjang versi Anda sendiri? Jika Anda ingin meng-upload langsung dari aplikasi IGTV, pertama- tama Anda harus me-download aplikasi IGTV terlebih dulu dan wajib mempunyai akun Instagram.

Artikel Menarik Lainnya :   Hashtag Marketing : Panduan Lengkap Hashtag dan Tips Menggunakannya

Selain itu, Anda juga bisa meng- upload video tersebut langsung melalui aplikasi Instagram Anda. Berikut ini langkah- langkah yang harus Anda ikuti :
1. Jika Anda mengakses IGTV melalui aplikasi Instagram, tekan ikon televisi yang berada di sebelah ikon Direct Message

Lihat Gambar :
Cara Masuk ke IGTV
2. Saat masuk ke IGTV untuk pertamakalinya, Anda akan mendapatkan pesan ‘Selamat Datang’ , dan rekomendasi untuk melihat hasil kreasi video dari creator yang sudah ada sebelumnya
3. Tekan ikon roda gigi yang terletak di sebelah kanan, kemudian pilih ‘Create Channel’ untuk membuat channel IGTV Anda
4. IGTV akan menampilkan beberapa slide informasi singkat tentang platform mereka, tekan ‘Next’ sampai Anda kembali ke interface sebelumnya. Sampai disini, Anda sudah membuat channel Anda sendiri di IGTV.
5. Untuk mengunggah video, Anda bisa menyiapkan konten video Anda kemudian tekan ‘Next’.
6. Tentukan judul dan deskripsi video Anda. Anda juga dapat mengedit tampilan cover video, serta pilihan membuatnya tampil di fanpage Anda, lanjutkan dengan menekan ‘Post’
Lihat Gambar :
Cara upload video di IGTV

Artikel Menarik Lainnya :   Pengertian Edgerank Facebook dan Tips Ampuh untuk Meningkatkannya
7. Taraaaaa…. Konten kreasi Anda telah ditayangkan dan siap dinikmati oleh semua follower Anda di Instagram melalui IGTV

Selain membuat video sendiri, Anda juga bisa menikmati video dari creator- creator yang sebelumnya sudah eksis di platform ini. Anda bisa menikmati video dari pengguna yang Anda ikuti, video popular, atau video yang Anda temukan dari hasil pencarian kata kunci. Selain menikatinya, Anda juga bisa memberikan ‘Suka’ dan komentar di video tersebut.

 

Untuk saat ini IGTV memang belum menyisipkan iklan di layanannya, namun banyak pengamat yang memprediksi bahwa fitur monetise akan menjadi rencana masa depan IGTV. Tidak heran, dengan fitur barunya ini, Instragram secara santer diberitakan dapat menjadi pesaing serius untuk YouTube. Terlebih lagi karena IGTV memang menyasar konten creator seperti yang mendominasi YouTube saat ini.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Upload Foto & Video dari Galeri HP ke Instagram Stories

 

Sudahkan Anda menggunakan IGTV? Seberapa jauh Anda akan memanfaatkannya?