Siapa sih yang tidak ingin memiliki foto profil yang terlihat bagus dan menarik? Tujuannya tidak semata- mata ingin terlihat lebih cantik atau tampan, tapi tentu saja agar eksis dan juga terlihat keren #eh. Untuk kita yang sering beraktifitas di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, memasang profil picture memang merupakan salah satu bagian yang penting. Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan trik fotografi untuk menciptakan foto profil yang baik. Padahal, trik fotografi ini bisa jadi sangat simple.

Apakah harus menggunakan kamera mahal atau kamera professional? Apakah kita harus menyewa photographer handal untuk menciptakan foto profil yang emejing? Wah.. tidak juga. Tentu saja Anda dapat menyewa jasa orang lain untuk membantu Anda, tapi hal tersebut tidak praktis dan juga membutuhkan biaya #sayanguang. Di artikel kali ini, Anda akan mendapatkan tips gratis fotografi yang penerapannya pun gratis dan cukup mudah? Siap??

1. Tersenyum dengan Gigi Sedikit Terbuka
Salah satu daya tarik dari foto close-up adalah senyum di wajah sang obyek. Jika sang obyek nya ini sedang dalam keadaan mood yang jelek dan pelit senyum, maka bisa ditebak, hasil jepretan pun menjadi kurang nyaman untuk dilihat. Anda mungkin dapat mengecek foto- foto Anda sebelumnya, coba bandingkanlah foto Anda ketika tersenyum dan ketika tanpa senyum. Pasti lebih enak dilihat ketika tersenyum, bukan?

Syarat pertama untuk menjadikan foto profil Anda tampak mempesonal adalah tersenyum. Lakukan ekspresi ini dengan natural, dan santai, sehingga hasil foto pun akan terlihat natural dan tidak terpaksa. Di ekspresi ini, jangan malu untuk sedikit menampilkan bagian gigi Anda. Senyum dengan gigi terbuka akan membuat foto senyum Anda terlihat lebih hidup dan cantik.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Membuat Halaman About Us (Tentang Kami) di Website

2. Singkirkan Distraksi/ Pengganggu
Jadikan diri Anda sebagai fokus utama kamera. Jika Anda berada di sebuah ruangan yang penuh dengan ornament yang dapat mengacaukan fokus kamera dan hasil jepretan, sebaiknya strerilkan ruangan tersebut terlebih dahulu agar terlihat lebih rapi dan tidak terlalu banyak distraksi.

Sebagai tambahannya, perlihatkanlah ekspresi terbaik Anda dan biarkan kamera berfokus pada area wajah Anda. Untuk mendapatkan ekspresi terbaik, Anda dapat berdiri di depan kaca dan melakukan sedikit eksperimen. Anda dapat membuat perbandingan antara sisi kiri dan kanan wajah Anda, lalu memilih sisi yang paling menarik. Anda dapat juga melakukan trik dengan sedikit mengangkat dagu, memiringkan kepala atau ekspresi bibir ( pout ). Setelah mendapatkan inspirasi ekspresi terbaik, Anda dapat segera mengambil foto Anda dalam beberapa klik. Pilih salah satu yang terbaik untuk dijadikan foto profil. Mudah kan?

3. Ukuran Foto Minimal Selebar 600Px
Meskipun tidak ada standar khusus, banyak pihak menyarankan untuk menggunakan lebar 600 Piksel sebagai ukuran yang paling ideal untuk foto profil Anda di situs jejaring sosial dan instant messaging seperti WhatsApp dan BBM. Ukuran ini cukup besar, sehingga lebar foto Anda akan terlihat pas dan bagus. Pada dasarnya setiap sosial media menyarankan ukuran lebar foto yang berbeda- beda antara satu dan yang lainnya. Meski demikian, ukuran 600 piksel dianggap paling mewakili dan ideal untuk menghasilkan foto profil yang cantik dan mempesona.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Tools Instagram Marketing Terbaik untuk Brand dan Bisnis

4. Perhatikan Faktor Dress Code
Dress code atau pakaian akan memberikan nuansa tersendiri untuk foto profil Anda. Jika foto profil Anda hanya untuk pertemanan biasa, mungkin hal ini tidak menjadi soal. Anda dapat menggunakan kostum ‘casual’ yang membuat Anda nyaman dengan sedikit aksesoris seperti jam tangan atau topi. Namun jika akun sosial media Anda untuk tujuan lebih jauh, misalnya untuk branding dan bisnis, maka dress code perlu menjadi perhatian Anda.

Jika Anda pria, maka coba lah memakai setelan bernuansa formal, seperti jas dan dasi. Untuk warna jas, Anda dapat memiliki warna gelap dengan kemeja berkancing berwarna cerah. Jika Anda hendak mengambil foto full-body, maka pastikan juga bahwa Anda menggunakan sepatu yang sesuai, bukan sandal jepit ^_^. Dengan menggunakan dress code ini, maka pencitraan Anda sudah berada di jalur yang tepat #eeeaaaaaa…. Anda sendiri mungkin tidak percaya Anda bisa terlihat begitu elegant dan berwibawa dengan bantuan dress code ini, hahaha…

Jika Anda perempuan dan ingin menggunakan foto profil untuk tujuan yang sama, Anda dapat menggunakan paduan dress yang cantik dan elegant, make up tipis dan aksesoris secukupnya. Biarkan foto profil Anda tetap terlihat sederhana, tapi membuat Anda terlihat mempesona dan juga elegant di saat yang bersamaan.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Membuat Video YouTube Viral ala Dennis Adhiswara

5. Edit Foto Profil Secukupnya Saja
Tidak ada yang salah dengan mengedit foto, karena sepertinya kegiatan ini kerap membuat kita merasa kecanduan. Salah satu manfaat dari mengedit foto adalah menjadikan foto tersebut menjadi tampak lebih menarik. Tapi ingat, editing foto ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Mengapa? Karena foto Anda dapat menjadi manipulatif alias menipu.

Kalau profil akun sosial media Anda hanya untuk bersenang- senang sih tidak terlalu masalah. Namun jika foto Anda ini untuk tujuan professional, maka sebaiknya hanya lakukan editing kecil saja atau tidak sama sekali. Biarkan diri Anda terlihat seperti asli, sehingga orang- orang yang ingin mengenal Anda di media sosial nanti tidak kecewa pada akhirnya.

6. Gunakan Kamera Berkualitas
Tidak harus kamera professional sekelas DSLR, kamera HP pun sekarang sudah banyak yang menghasilkan foto yang cukup berkualitas untuk Anda. Khususnya hanya untuk keperluan foto profil saja, maka kamera HP 5 megapiksel pun dirasa sudah cukup. Jika Anda merasa kamera ponsel Anda tidak cukup bagus, Anda boleh meminjam ponsel teman Anda untuk mendapatkan foto yang lebih baik. Biar bagaimana pun, kualitas kamera sangat menentukan. Kamera yang bagus akan menghasilkan foto profil yang cantik dan menarik untuk Anda.

Sudahkah Anda menerapkan trik fotografi di atas? Semua teknik tersebut mudah dan sederhana untuk dipraktekkan, bukan? Selamat mencoba ^_^