Dengan trend yang bagus, Instagram memang telah menjadi salah satu senjata yang ciamik untuk para pebisnis online. Apalagi kini jumlah pengguna aktif Instagram telah mencapai lebih dari 300 juta user per bulan, dengan jumlah unggahan kurang lebihi 70 juta foto baru setiap harinya. Rasanya benar- benar sangat disayangkan jika Anda sampai melewatkan platform ini untuk keperluan bisnis Anda. Jadi mulai sekarang, mari kita optimasi akun Instagram kita lebih baik lagi!

 

Tools Analitik Instagram

Sama seperti Twitter, Instagram juga memiliki tools analitik yang dapat Anda gunakan untuk menganalisa performa dan statistic akun Instagram yang kita kelola. Jika Anda menggunakan platform social media yang satu ini untuk tujuan bisnis atau e-Commerce, tentu saja #tools keren ini wajib Anda ketahui. Dengan begitu, Anda dapat menganalisa sejauh apa akun sosmed ini berkontribusi untuk Anda. Untuk mengamati peranan akun Instagram Anda dalam bidang eCommerce, Anda dapat mengandalkan beberapa tools keren ini :

1.  Instagram Business Tool
Sama seperti kakaknya, Facebook, Instagram sendiri sebenarnya sudah memiliki sebuah tool bawaan yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda tumbuh dan mengelola bisnis Anda sendiri.  Tools ini sendiri pada dasarnya memiliki 3 fitur utama, yaitu
*) Account Insight/ Wawasan Akun yang berfungsi menyediakan analisis engagement akun
*) Ad Insight/ Wawasan Iklan yang membantu Anda melakukan analisa kinerja iklan
*) Staging Ad yang membantu Anda melihat, menyimpan dan berkolaborasi pada kampanye iklan berikutnya.

Lihat Gambar :
Artikel Menarik Lainnya :   Cara Upload Foto & Video dari Galeri HP ke Instagram Stories

2. Piqora
Piqora kerap disebut sebagai salah satu tool  analitik terbaik untuk Instagram. Dengan tool ini, Anda akan terbantu untuk mendapatkan analisis kapan untuk melakukan posting selanjutnya, hashtag, tracking kontes dan manajemen interaksi dan kemudahan untuk posting foto via desktop.

3. Iconosquare
Iconosquare hampir sama seperti Piqora, memberikan fitur yang cukup lengkap untuk menganalisa akun Instagram Anda. Dengan tool ini, Anda bisa mendapatkan informasi tentang tingkat like, statistic komentar per gambar dan juga keterlibatan follower ( engagement ). Bukan itu saja, Iconosquare juga memiliki fitur tab promosi yang dapat membantu user untuk mendapatkan saran- saran agar jangkauan meningkat. Untuk pemiliki bisnis kecil, Iconosquare membantu Anda dalam membuat hashtag dan pencarian user, menanggapi tulisan dan komentar pengguna, serta untuk mengamati hasil analisa.

Artikel Menarik Lainnya :   Membuat Banyak Orang Penasaran, Aplikasi Sarahah Viral di Indonesia

 

4. Latergramme
Latergramme juga merupakan salah satu tool analitik yang kerap digunakan oleh user Instagram. Selain itu, Latergram juga kerap dijadikan seabgai tool untuk menjadwalkan post di Instagram yang mempermudah kita dalam mengelola frekuensi post.

Sebagai tool analitik performa dan  statistic Instagram, Latergramme membantu user untuk melakukan analisia terhadap like, comment dan memberikan gambaran tentang foto- foto yang menarik untuk audiens kita. Asyiknya lagi, tool ini bekerja dengan baik di browser dan juga aplikasi mobile. Patut dicoba!

5. Ink361
Ink361 adalah tool analitik yang super lengkap. Dengan menggunakan tool ini, Anda dapat menghubungkan banyak fungsi sekaligus. Anda akan dapat melihat beberapa tab, termasuk dashboard yang dapat menampilkan foto dari feed kita. Bukan itu saja, Ink361 juga menampilkan post terpopuler dan beragam statisti feed lainnya seperti tingkat keterlibatan ( engagement ), history post dan distribusi post. Sebagai bonusnya, Ink361 juga memiliki blog yang dimana Anda dapat melihat berita terbaru Instagram, foto selebritis dan tips menarik lainnya. Benar- benar super lengkap!

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mendapatkan dan Meningkatkan Follower Instagram

6. Twtrland
Jika Anda kerap menggunakan analitik Twitter, tentu #tool yang satu ini sudah familiar bagi Anda. Ternyata Twtrland, meskipun namanya sangat kental dengan nuansa Twitter, tool ini juga dapat digunakan untuk melihat performa media sosial lain, yaitu Facebook dan Instagram.

Khusus untuk Instagram, Anda akan mendapatkan statistic bagaimana masing- masing akun Anda bekerja. Bukan hanya untuk akun Anda sendiri, tapi Anda juga dapat mengintip akun Instagram miliki orang lain dengan menggunakan Twtrland. Wahhh.. asyik kan? Jadi, bisa deh mulai sekarang ngepoin competitor kita :v

Bagaimana, siap menggunakan tool analitik Instagram yang keren ini? Coba praktek sekarang ya 🙂