Content is The King.
Saya rasa istilah ini bukan hanya untuk blog saja. Untuk strategi social media marketing yang mumpuni, Content is The King adalah prinsip yang wajib untuk kita pegang. Bukan hanya jenis informasi yang bermanfaat dan menarik, media pendukung seperti gambar, copywriting dan video pun juga harus sama menariknya. Ini baru bisa disebut dengan satu paket komplit.

Bicara soal menyajikan informasi yang menarik, gambar memiliki daya tarik yang luar biasa sebagai bagian dari konten media sosial. Dengan gambar yang menarik, engagement di media sosial bisa 150 persen lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan gambar. Baik itu di Facebook, Twitter, Google Plus, dan juga Pinterest dan Instagram yang memang media sosial berbasis gambar.

Tool Pendukung untuk Membuat Konten Gambar di Media Sosial

Untuk membuat konten bergambar dengan mudah, Anda tidak hanya bisa mengandalkan Photoshop atau aplikasi gambar sejuta umat lainnya. Beberapa tool keren ini juga bisa membantu Anda untuk menyajikan konten bergambar dengan baik dan mudah :
1. PicMonkey
Untuk editing foto di browser, PicMonkey adalah tool yang sangat bisa diandalkan. Dengan tool ini, mengedit gambar tunggal atau kolase sangat mudah. PicMonkey juga cukup oke untuk membuat gambar background atau cover akun media sosial.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Tips Menciptakan Konten Story Telling yang Memikat Fan Facebook Anda

PicMonkey

Yang lebih menarik lagi, PicMonkey juga mempunyai desain kolase built-in untuk Pinterest, Etsy dan Facebook. Pengguna bisa menggunakan tool ini secara gratis. Namun, jika menginginkan fitur lebih (premium), pengguna juga bisa meng- upgrade membershipnya menjadi premium.
Interface PicMonkey

2. Social Image Resizer Tool
Tool yang satu ini wajib dimiliki jika Anda sering me- resize gambar untuk media sosial. Dengan tool ini, Anda dapat meng-upload foto Anda dan membuatukuran ideal yang sesuai untuk Facebook, Twitter dan Google+. Untuk Facebook sendiri misalnya, menyajikan foto dengan ukuran dan aspek rasio yang tepat bisa sangat krusial untuk menampilkan gambar yang terlihat tajam di newsfeed, tapi dengan ukuran yang optimal.

Social Image Resizer Tool

Sebagai alternatif dari tool ini, Anda bisa menggunakan Social Media Image Maker yang secara langsung mendukung opsi media sosial seperti YouTube, Flickr, Vimeo, Linkedindan Tumblr.

3.Timeline Slicer
Timeline Slicer adalah tool yang jenius dalam mendesain gambar untuk profil atau halaman Facebook. Pengguna dapat dengan mudah menggunakan gambar sendiri dari komputer dan mengaturnya agar memiliki tampilan yang manis dan menarik. Sebagai contoh, Anda dapat memotong bagian dari foto profil agar terlihat menyatu dengan gambar cover timeline Anda seperti gambar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya :   4 Alasan Mengapa Blogger Sebaiknya Memposting Ulang Konten Lama

Timeline Slicer

Saat pengguna merasa gambar mereka nyaris siap, mereka dapat dengan mudah me-resize, memindah dan merotasi gambar sesuka hati. Setelah itu, pengguna dapat men- download semua versi gambar ke .zip file dan meng- uploadnya segera.

Untuk menggunakan lebih banyak fitur, pengguna dapat meng-upgrade membership mereka ke Slicer Pro. Tentu saja akan ada lebih banyak fitur menggoda yang bisa digunakan disini.

4. Photovisi
Ingin membuat foto kolase yang simple dan mudah digunakan? Photovisi adalah jawabannya. Untuk mulai menggunakannya, Anda tidak perlu membuat akun terlebih dahulu. Anda tinggal memilih layout dan meng- upload beberapa foto untuk dijadikan kolase. Setelah semua selesai, Anda bisa tinggal langsung men- downloadnya. Gampang sekali, bukan?
Photovisi

5. BeFunky
BeFunky memiliki tiga fungsi sekaligus, yaitu sebagai foto editor, kolase foto dan juga desainer. Bisa dibilang, tool ini sangat mendekati fungsinya sebagai full foto editor yang dapat dengan mudah diakses lewat browser. Editor ini juga memiliki fitur cropping, red eye, filters, borders, teks, dan sebagainya. Selain mengambil foto dari komputer, BeFunky juga bisa mengakses foto pengguna yang berada Facebook, dan Flickr.
BeFunky

6. Membuat Gambar Infografis untuk Media Sosial
Pada awalnya, gambar infografis paling populer digunakan di Pinterest atau blog. Namun, kini jenis konten ini juga populer untuk digunakan di Facebook, Instagram dan Twitter. Sekilas jenis konten ini memang terlihat ribet dan membutuhkan effort lebih untuk mengerjakannya. Tapi tidak lagi jika Anda menggunakan tool pendukung berikut ini :
Easel.ly
Easel.ly
Infogr.am
Sampel infografis infogr.amVisual.ly
Visually.me
Piktochart
Konten infografis PiktochartIngin tahu lebih banyak tool pembuat gambar infografis? Baca disini ya.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Brand Internasional yang Sukses Memantapkan Bisnis Mereka di Instagram

7. Membuat Gambar untuk Quotes/ Kutipan
Selain infografis, quotes adalah konten gambar favorit yang kerap disajikan di media sosial. Quotes yang sederhana tapi humanis memiliki potensi viral yang tinggi dibandingkan konten gambar yang berisi informasi umum dan infografis.

Untuk membuat konten quotes dengan mudah, beberapa tool berikut ini bisa menjadi inspirasi Anda :
Recite
Recite
Quozio
Quozio
Pinwords
Pinwords

Dari sekian banyak tool di atas, Anda bisa memilih tool terbaik versi Anda dan menurut kenyamanan Anda. Yang pasti, kini membuat konten bergambar di media sosial bukan lagi perkara sulit. Dengan tool keren dan kreatifitas yang semakin terasah, konten yang Anda sajikan akan semakin menarik dan berbobot.

Semangat mencoba! 🙂

Image credits: Social Media Examiner, The Next Web