Kecuali brand- brand besar, jarang pengelola halaman mau membuat konten gambar infografis. Alasannya sederhana, konten infografis ini membutuhkan effort yang dua sampai tiga kali lebih banyak daripada membuat konten gambar biasa. Padahal, infografis selalu memiliki daya tarik tersendiri karena mampu menyajikan informasi visual dengan jelas dan menarik.

Nyatanya, membuat konten infografis tidak selalu ribet dengan tool- tool yang hanya dikuasai oleh seorang desainer grafis. Tanpa skill desain, pengelola akun social media pun dapat membuat konten infografis yang menarik. Caranya? Gunakan saja tool pembuat gambar infografis.

Tanpa skill desain, Anda juga dapat membuat konten jenis ini dengan mudah. Kunci utamanya ada satu, yaitu Anda harus jeli dalam menemukan template yang tepat. Yang kedua, mulai lah membiasakan dengan dengan drag and drop, sehingga Anda mudah mendapatkan gambaran hasil akhir dan melakukan proses nya dengan cepat.

Tool untuk Membuat Konten Infografis Tanpa Skill Desain

1. Canva
Harga  : Gratis
Upgrade : Tersedia dengan harga mulai dari US$ 9.95/ bulan untuk penambahan icon, template dan penggunaan foto premium
Canva, tool untuk membuat konten grafis

Canva dikenal sebagai salah satu tool image editor yang powerful. Dengan tool ini, Anda bisa membuat variasi desain menarik untuk berbagai keperluan, baik itu untuk media sosial, eBook, presentasi atau juga membuat infografis.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Perilaku Unik Pengguna Media Sosial yang Hanya Ada di Indonesia

Untuk membuat infografis, Anda dapat memilih template gratis, dan juga element berupa ikon dan gambar yang dapat dibeli atau diganti dengan gambar milik Anda sendiri. Berikut ini adalah beberapa sample template Canva untuk konten infografis Anda:
Contoh sample infografis Canva

2. Venngage
Harga : Gratis
Upgrade : Tersedia dengan harga mulai dari US$ 15/ bulan
Venngage untuk membuat infografisDi Venngage, Anda bisa membuat berbagai desain menarik untuk keperluan laporan, poster, konten promosi, dan tentu saja infografis. Beberapa fitur yang tersedia di fitur infografis Venngage ini antara lain adalah statistik, teks informasi, proses, perbandingan, lini masa, geografis, chart dan tutorial.

Berikut ini adalah beberapa sample Venngage untuk konten infografis Anda:
Sample infografis Venngage

3. Piktochart
Harga : Gratis
Upgrade : Tersedia dengan harga mulai dari US$ 15/ bulan
Konten infografis Piktochart

Dengan Piktochart, siapapun dapat membuat gambar infografis dengan mudah. Pengguna dapat memilih beberapa format gambar, termasuk ukuran tradisional yang panjang dan minimalis, ukuran presentasi, poster dan laporan.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Memasang Kode Histats di Blog Secara Terlihat dan Tersembunyi

Selain memilih template yang tersedia, pengguna juga bisa membuat infografis dari dasar atau template kosong. Begitu Anda memilih template, Anda dapat menarik dan menaruh element grafis dan teks ke template Anda.

Berikut ini adalah sample Piktochart untuk konten infografis Anda:
Piktochart Sampel

4. Easel.ly
Harga : Gratis
Upgrade : Tersedia dengan harga mulai dari US$ 3/ bulan
Easel.ly

Easel.ly membantu Anda untuk membuat konten infografis dengan sangat mudah. Saatberada di halaman utama, pengguna dapat mengambil salah satu template atau mulai dengan template kosong. Setelah memilih template, pengguna akan diarahkan ke jendela baru yang membantu pengguna untuk mencustomize  konten yang diinginkan dengan berbagai tool seperti background, teks, chart dan lebih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa sample Easel.ly untuk konten infografis Anda:
Sampel infografis Easel.ly

5. Visme
Harga : Gratis
Upgrade : Tersedia dengan harga mulai dari US$ 7/ bulan
Infografis Visme

Dengan Visme, pengguna dapat dengan mudah membuat konten presentasi, infografis, chart & laporan dan juga konten grafis lainnya.

Saat masuk ke akun Anda, Anda akan disambut dengan tampilan proyek yang telah Anda buat (kosong jika Anda belum pernah membuatnya). Setelah itu, Anda bisa memilih “Create New Visme” untuk memulai. Setelah itu Andaakan mulai. Dalam membuat infografis, Visme menyediakan berbagai tool pendukung yang lumayan keren. Salah satunya adalah fitur yang membantu Anda memberi efek animasi pada obyek.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Tool Instagram Terbaik untuk Mengoptimalkan Strategi Social Media Anda

6. Infogr.am
Harga : Gratis
Upgrade : Tersedia dengan harga mulai dari US$ 15/ bulan
Sampel infografis infogr.am

Dibandingkan dengan lima tool lainnya di atas, Infogr.am memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Jika Anda ingin menyajikan tool yang berkaitan dengan statistik, maka infogr.am  adalah tool yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa sample Infogr.am untuk konten infografis Anda:
Sampelinfogr.am

7. Visualize.me
Harga : Gratis
Tool infografis Visualize.me

Visualize.me adalah jenis tool infografis yang sedikit berbeda karena konten yang disajikan cenderung sebagai “infographic resume.” Begitu pengguna login, mereka dapat mulai membuat resume atau ringkasan. Pengguna juga dapat langsung menghubungkan resume mereka ke Linkedin untuk men- sinkronkan informasi secara otomatis.

Jadi, siap untuk mencoba konten infografis Anda sendiri?

 

Image Credit: Unsplash &Venngage (Featured Image)