Saat membicarakan Instagram, kita bukan lagi membicarakan sebuah platform yang hanya sekedar menampung koleksi foto- foto pribadi saja. Selama bertahun- tahun, Instagram telah berevolusi menjadi platform media sosial yang sangat diperhitungkan dalam bisnis digital.

Untuk keperluan branding, softselling, dan bahkan hardselling, pebisnis melakukan berbagai upaya dalam mendesain strategi Instagram mereka. Mulai dari menyusun tampilan feed yang manis, menggelar give away, hingga riset hashtag secara spesifik. Mana yang merupakan strategi favorit Anda?

 

Deretan Tool Instagram untuk Membantu Brand dan Bisnis Anda Semakin Optimal

Data statistik menunjukkan bahwa Instagram adalah media sosial yang sangat bisa diandalkan. Dibandingkan dengan Twitter atau Facebook, Instagram dianggap sebagai platform yang jauh lebih menarik dan interaktif.

Statistik Engagement Instagram vs Facebook vs Twitter 2017
Instagram menghasilkan engagement 58 kali lebih baik dibandingkan Facebook
Saat dibandingkan dengan Twitter, angka 68 ini naik menjadi 120 kali lebih baik
Ada lebih dari 55 juta foto dibagikan di Instagram setiap harinya yang berarti ada banyak peluang untuk berinteraksi dengan calon pembeli potensial Anda.

 

Kompetisi akan selalu ada karena seiring dengan popularitas Instagram sebagai media digital campaign, ini berarti Anda juga akan menjumpai semakin banyak kompetitor. Apapun strategi yang Anda siapkan untuk menghadapi hal ini, rasanya nyaris mustahil untuk dilakukan tanpa adanya tool pendukung. Tool pendukung ini lah yang membantu strategi engagement brand atau akun Anda menjadi semakin efektif.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Brand Internasional yang Sukses Memantapkan Bisnis Mereka di Instagram

Berikut ini adalah beberapa tool pendukung Instagram yang paling banyak direkomendasikan oleh para marketer :

1. Iconosquare

Sebelumnya Iconosquare bernama Statigram. Dengan tool ini, pengguna bisa mendapatkan akses statistik informatif dari sebuah akun Instagram. Anda bisa mengetahaui foto mana saja yang mendapatkan engagement terbaik, dan berapa banyak engagement rata- rata setiap gambar. Iconosquare juga mempunyai fitur yang bisa menampilkan informasi pertumbuhan akun Anda dalam beberapa bulan atau tahun belakangan.

Iconosquare, tool optimasi Instagram

via Track Maven

Beberapa fitur menarik dari Iconosquare :

  • Analytic, untuk menampilkan insight yang lebih baik dan informasi pertumbuhan akun Instagram
  • Activity, yang membantu Anda menangani percakapan/ komentar dengan lebih mudah
  • Publishing, yang membantu Anda melakukan plan & scheduling konten dengan mudah, baik itu untuk gambar tunggal, carousel foto, atau story.
  • Free tools berupa audit Instagram dan rekomendasi kuis yang cocok untuk Anda gunakan di Instagram
  • Analisa kompetitor untuk Instagram dan Facebook (Pro version)
  • Bisa digunakan hingga 3 akun media sosial (Pro version)
  • Bisa menambahkan anggota tim (Pro version)
Artikel Menarik Lainnya :   Banjir Pembeli dan Follower dari Instagram untuk Online Shop 2018

 

2. Instarchive

Pernah membayangkan bagaimana jika Instagram tiba- tiba down dan Anda kehilangan semua foto Anda? Tentu saja ini hal yang sangat tidak Anda inginkan jika menggunakan platform yang satu ini, terutama untuk keperluan bisnis. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Instarchive untuk men- download semua foto Anda dengan cepat. Usai login, Anda dapat menggunakan tool ini untuk mengumpulkan semua foto Anda ke dalam sebuah folder, kemudian mengunduhnya dalam format .zip.

 

3. Search Instagram

Instagram Search

Search Instagram akan membantu Anda untuk mencari tahu jenis hashtag mempunyai kinerja baik sesuai dengan niche yang ingin Anda ketahui serta daftar kompetitor terpopuler dari niche tersebut. Riset bisa Anda lakukan harus login dan tool yang satu ini benar- benar gratis. Setelah masuk halaman web, coba lah untuk memasukkan hashtag yang relevan dengan niche Anda, kemudian klik ‘Search’. Setelah itu, pencarian akan menghasilkan hashtag populer yang digunakan, serta deretan akun populer terkait dengan pencarian tersebut.

 

4. Repost

Sedang tidak punya ide untuk membuat konten? Me-repost konten orang lain bisa menjadi salah satu cara yang membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Selain itu, repost konten juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan engagement follower. Dengan tool Repost yang bisa Anda download di Playstore, Anda bisa mencari konten Instagram orang lain, kemudian memilih konten yang Anda suka, lalu mengunggah ulang ke akun Instagram Anda. Saat Anda mengunggah ulang, tool ini akan tetap menampilkan informasi original dari sang pemilik positngan sehingga ini menjadi kredit secara langsung untuk si pemilik konten.

Artikel Menarik Lainnya :   Layanan Iklan Twitter Kini Telah Tersedia di Lebih Dari 200 Negara

 

5. Cleaner for Instagram

 

Kesulitan untuk melakukan unfollow massal atau menghapus foto secara massal? Instagram Cleaner jawabannya. Dengan tool yang bisa Anda unduh di Playstore ini, Anda bisa melakukan unfollow, dan menghapus foto secara massal dengan lebih cepat. Untuk list unfollow, Anda bisa mengeluarkan orang- orang yang tidak ingin Anda unfollow dengan mengatur akun- akun tersebut sebagai whitelisted.

Untuk fitur sederhana yang lumayan keren ini, disarankan untuk melakukan upgrade karena versi gratis hanya bisa melakukan tugasnya secara terbatas. Untuk upgrade sendiri biaya relatif murah dan hanya sekali bayar, alias tanpa ada biaya bulanan lagi.