Memutuskan untuk menggeluti dunia digital marketing, itu berarti Anda harus siap untuk terus belajar dan terus terupdate dengan hal- hal baru di dunia digital. Berbeda dengan jenis bisnis lainnya, dunia digital cenderung lebih sering mengalami banyak pembaruan, baik itu pembaruan secara mayor atau pun minor.

Untuk melakukan bisa mengikuti dan selalu terupdate, mau tidak mau, Anda harus menjadi seorang marketer yang efektif. Anda tidak bisa melakukan semuanya dengan mode yang sangat perlahan karena semua kompetitor Anda selalu mencari cara untuk bergerak lebih cepat. Bahkan seefisien dan se-otomatis mungkin. Bagaimana dengan Anda?

 

Tool Terbaik Digital Marketing untuk Membantu Marketer Lebih Efektif

Berbicara soal digital marketing dan menjadi efektif, pikiran kita pasti akan meruncing pada kebutuhan akan deretan tool- tool yang membantu pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Ada banyak tool yang berkaitan dengan digital marketing, mulai dari tool analisa, tool untuk melakukan riset, hingga tool pendukung berjalannya campaign marketing Anda. Semuanya Anda butuhkan.

Di artikel ini, Anda dapat mengintip deretan tool terbaik untuk para digital marketer yang ingin bekerja lebih efektif dan efisien dalam melakukan campaign digital marketing mereka.

  1. Google Analytics

Saat berbicara tentang aspek bisnis, maka Google Analytic menjadi salah satu tool paling penting dalam digital marketing. Sudah maksimal dalam melakukan pemasaran, sayang sekali jika Anda tidak menganalisa hasil dari keseluruhan effort yang sudah Anda lakukan. Dengan Analytic, Anda dapat menganalisa kinerja pemasaran Anda sehingga bisa mengukur seberapa sukses kampanye yang Anda jalankan.

Bisa dibilang, Google Analytics adalah sebuah tool analisis yang sangat baik dalam mengukur kinerja situs web Anda dan mendapatkan data Analisa terkait trafik situs web Anda. Versi dasar dari tool ini juga benar- benar gratis.

 

  1. CoSchedule

Bicara soal digital marketing modern, media sosial adalah salah satu platform yang wajib untuk kita optimalkan. Jika selama ini Anda diribetkan dengan rumitnya posting di banyak platform, maka Anda membutuhkan tool untuk bisa memposting konten di banyak platform dan terutama melakukan penjadwalan konten.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Media Sosial terbaik untuk Promosi Bisnis dan Jualan Online

Melakukan penjadwalan di media sosial dapat membantu Anda untuk merencanakan konten secara strategis, menjadwalkannya untuk waktu sibuk yang optimal, serta mengatur jeda konten dengan baik.

CoSchedule bukan hanya menyediakan kalender konten yang mudah digunakan untuk memungkinkan Anda menjadwalkan konten, tetapi juga terintegrasi dengan baik dengan WordPress. Tool ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan blog dan konten web melalui media sosial dengan mudah. Lebih lengkap lagi, tool ini juga menyediakan anggota tim, fitur discusssion thread untuk tim, project timeline, integrase dengan email marketing, dan masih banyak lagi.

 

  1. BuzzSumo

Bukan hanya melakukan scheduling untuk konten media sosial Anda, Anda juga perlu memastikan konten Anda bisa mendorong keterlibatan yang baik di media sosial. Untuk kebutuhan itu, BuzzSumo adalah jawabannya.

Buzzsumo, salah satu tool andalan untuk seorang content marketer profesional

Berburu konten dengan BuzzSumo

Dengan tool yang satu ini, Anda bisa menemukan konten berkualitas dengan tingkat engagement yang baik di media sosial. Anda juga bisa menggunakan tool ini untuk menganalisa saluran media sosial apapun, yang artinya, Anda dapat mengintip konten seperti apa yang menciptakan engagement paling baik dari kompetitor Anda. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan informasi ini untuk membuat konten dengan tingkat keterlibatan tinggi versi Anda sendiri.

 

  1. Ahrefs

SEO masih menjadi salah satu komponen penting dalam digital marketing. Ahrefs ini adalah salah satu tool SEO professional yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan peringkat SEO situs web Anda.

Salah satu fitur utama Ahrefs adalah fitur analisis SEO dan fitur audit website yang memungkinkan Anda untuk menganalisa situs pesaing Anda dengan mengintip kata kunci yang mereka gunakan. Ahrefs juga mempunyai tool analytic backlink terbaik karena mempunyai database ranking yang besar sehingga Anda bisa melihat situs mana di niche Anda yang mempunyai tautan balik terbanyak>

Karena fitur yang ditawarkan benar- benar professional dan premium, untuk menggunakan tool ini pun Anda harus menggelontorkan biaya yang tidak mudah. Harga yang mereka tawarkan untuk berlangganan Ahrefs adalah mulai dari $99 per bulan. Jika penasaran, Anda bisa mencoba trial tool ini seharga $7 untuk 7 hari. Lumayan, kan? Hehehe

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mendaftar dan Mendapatkan Kartu Debit Jenius Gratis dari Bank BTPN

 

  1. Answer the Public

Masih SEO tool lagi, namun yang satu ini free. Anda dapat menggunakan Answer the Public untuk membantu Anda membuat konten yang mencerminkan apa yang dicari oleh pengguna. Tool ini bukan hanya bagus dari persepektif SEO, namun juga bisa menghasilkan konten berkualitas tinggi.

Lihat Gambar :

Answer the Public - Tool SEO

 

Salah satu hasil riset Answer the Public

Meskipun pada dasarnya tool ini menghasilkan jawaban otomatis saat Anda mengetikkan keyword atau long-tail keyword tertentu, namun situs ini dapat memberi banyak pertanyaan, ide konten, dan frasa yang tidak ternilai yang bisa membuat konten Anda menjadi lebih responsif dan SEO friendly.

 

  1. ClickFunnels

Mendorong trafik melimpah ke situs web Anda sangat penting. Namun, begitu mereka ada disana, Anda harus optimal dalam mengonversinya menjadi penjualan dan penghasilan. Disinilah sales funnel dan aliran prospek/ lead hadir.

ClickFunnels ini adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk menyiapkan sales funnel di situs web Anda. Tool ini menyediakan template yang mudah digunakan bukan hanya untuk mengonversi penjualan, tapi sekaligus mendaftarkan pengguna ke bulletin dan langganan.

Beberapa fitur premium yang dapat Anda nikmati dengan tool ini antara lain drag & drop website editor, template sales funnel dengan konversi tinggi, email dan facebook marketing automation, dan masih banyak lagi. Untuk memulainya, Anda bisa mencoba paket trial gratis selama 14 hari.

 

  1. Constant Contact

Di balik gegap gempita social media marketing, Anda tidak boleh meremehkan the power of email marketing. Strategi email marketing yang hebat bukan hanya menciptaka hubungan yang kuat dengan pelanggan Anda, namun juga membangun kepercayaan dan loyalitas, seta menghasilkan prospek penjualan. Maka dari itu, email marketing penting untuk dilakukan untuk memastikan ini semua berjalan dengan efektif.

Constant Contact adalah layanan email marketing ramah pengguna yang memungkinkan Anda untuk mengelola subscriber Anda, kontak, template email, dan tracking performa email marketing Anda. Fitur tambahan yang tak kalah menariknya adalah online training terkait teknik yang benar dalam melakukan email marketing. Tarif untuk berlangganan Constant Contact mulai dari $20 per bulan.

Artikel Menarik Lainnya :   6 Tools Keren untuk Mengukur Performa & Statistik Instagram

 

  1. Adwords Performance Grader

Pencarian berbayar (Paid Search) telah menjadi salah satu bentuk digital marketing yagn efektif, sekaligus menantang dan tidak mudah. Anda perlu menyeimbangkan kombinasi kata kunci terbaik, dan melakukan tes A/B untuk mendapatkan hasil yang optimal. Belum lagi Anda harus bersaing dengan iklan kompetitor Anda.

Adwords Performance Grader dari WordStream adalah tool gratis untuk mengalisa akun Adwords Anda untuk kemudian melaporkan kembali kepada Anda tentang kekuatan dan kelemahan campaign Anda. Tool ini dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana kinerja akun Anda dibandingkan kompetitor di niche yang sama dan memberi saran bagaimana cara meningkatkan kinerja akun Anda.

 

  1. LikeAlyzer

Meski bukan satu- satunya platform media sosial yang harus Anda perhatikan, Facebook jelas menjadi salah satu yang paling penting karena mempunyai basis pengguna yang sangat besar. LikeAlyzer ini sendiri adalah tool berbasi AI yang menganalisis kinerja sebuah halaman Facebook dan memberikan saran tentang bagaimana cara meningkatkan keterlibatan.

Tool gratis ini menyediakan laporan yang user friendly berdasarkan URL halaman Facebook pengguna dengan menampilkan wawasan apa saja yang tidak berfungsi atau tidak maksimal, review aktifitas, response, dan engagement. Anda juga bisa mendapatkan review dan saran singkat yang bisa ditingkatkan dari halaman Facebook Anda.

 

  1. Canva

Membuat konten yang menarik adalah salah kunci strategi digital marketing yang sukses. Salah satu cara yang tepat untuk memastikan sebuah konten itu menarik adalah kombinasi penggunaan grafik, gambar, dan infografis.

Meski tidak punya skill desain khusus, Canva dapat membantu Anda. Canva adalah tool desain yang sangat mudah digunakan yang memungkinkan desainer pemula untuk membuat grafik yang menarik dan gambar banner lainnya untuk diposting di media sosial, blog, dan email.

Aplikasi ini juga mempunyai opsi berlangganan gratis dan harga terjangkau dengan beragam fitur menarik seperti pre-design template untuk membuat proses desain sederhana. Canva juga tersedia dalam versi mobile aps yang mudah digunakan pengguna hanya dengan mobile device.