Di dunia digital, konten adalah bagian yang tak terpisahkan dan wajib Anda perhitungkan dalam campaign digital Anda. Dengan konten yang berkualitas, maka Anda bisa mengoptimalkan strategi- strategi dengan lebih baik lagi. Lantas, seberapa pentingkah peran konten dalam dunia digital? Sangat penting!

Setiap menitnya, terjadi ledakaan jutaan pengunjung di internet. Jika kita tidak mengembangkan strategi content marketing kita, maka kita akan ketinggalan di banyak hal. Di Facebook saja misalnya, setiap menitnya ada sekitar 2,5 juta konten yang dibagikan. Bukan jumlah yang sedikit, bukan?

Tool Pendukung Content Marketer yang Profesional

Seorang content marketer professional bukan seseorang yang hanya bisa membuat konten saja, namun juga memasarkan kontennya dengan cara yang tepat. Bukan perkara mudah, tapi tidak terlalu sulit juga untuk dipelajari.

Selain terus mengasah skill, Anda bisa menjadi seorang content marketer professional dengan menggunakan deretan tools blogging berikut ini :

1.  BuzzSumo

BuzzSumo adalah tool yang memudahkan Anda untuk menemukan konten yang paling banyak dibagikan oleh pengguna internet. Tool ini mempunyai kemampuan untuk mengidentifikasi mana konten yang bekejra dengan baik sesuai dengan niche yang dibidik.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Membuat Halaman About Us (Tentang Kami) di Website

Misalnya saja saat Anda mencari topik terkait travelling ke luar negeri. Anda dapat mengetikkan keyword terkait topik tersebut, lalu klik ‘Go’. Setelah itu, aplikasi ini akan menampilkan hasil pencarian dengan engagement tertinggi.

Buzzsumo, salah satu tool andalan untuk seorang content marketer profesional

Jika Anda ingin membangun konten berkualitas yang kaya akan interaksi dengan pengguna, maka tool yang satu ini wajib untuk dicoba.

 

2. Evernote

Banyak blogger yang familiar dengan tool yang satu ini. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan tool ini, antara lain :

  • Mencatatan ide posting blog
  • Menyimpan artikel dari website untuk dbaca setiap saat dengan web clipper
  • Merencanakan strategi pemasaran

Apps yang satu ini juga tersedia untuk berbagai macam platform dan sinkronisasi data dapat dilakukan secara otomatis.

 

3. Editorial Calendar

Editorial Calendar membantu Anda untuk mengatur jadwal produktif dalam membuat dan mempublikasikan konten, atau melakukan aktifitas produktif lainnya. Saat Anda menjadi seorang blogger, maka mem- posting konten secara rutin sangat penting untuk menjaga performa situs web Anda, sekaligus terus berinteraksi dengan pembaca Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   10+ Langkah Penting Meningkatkan Keamanan Website Anda dari Ancaman Digital

Anda bisa menggunakan plugin Editorial Calender yang banyak tersedia di WordPress dan tersinkronisasi secara otomatis dengan situs web Anda. Setelah menginstall plugin dan mengaktifkannya, Anda hanya perlu men- drag & drop, kemudian membuat dan mengatur jadwal dengan sederhana, mudah, dan cepat.

 

4 Google Keyword Planner

Google Keyword Planner dapat membantu Anda untuk melakukan riset kata kunci populer di mesin pencari. Banyak pelaku bisnis dan copywriter professional yang dapat menghasilkan ratusan kombinasi kata kunci dengan menggunakan Google Keyword Planner. Anda juga bisa mengekspor hasil riset Anda ke dalam tabel Excel Anda untuk melakukan Analisa lebih lanjut.

Dengan Google Keyword Planner, strategi yang dapat Anda lakukan antara lain :

  • Mengintip keyword yang banyak digunakan kompetitor Anda
  • Melakukan riset kata kunci tersembunyi
  • Men-strukturisasi website dan menemukan target pasar yangtepat pada Tab Group Ideas
Artikel Menarik Lainnya :   Cara Membuat Related Post/ Artikel Terkait di Tengah Postingan WordPress

 

Google Keyword Planner ini sekarang banyak digunakan oleh pengguna Google Adwords. Sebagai alternatif, Anda bisa juga menggunakan keyword tool lainnya seperti https://keywordtool.io.

 

5. Yoast SEO WordPress

Sudah mempunyai konten dan siap mempublikasikannya? Pastikan terlebih dulu Anda tidak lupa melakukan optimasi agar mudah terindeks di mesin pencari. Salah satu trik yang Anda gunakan adalah mengoptimalkan Yoast SEO untuk konten, meta description, judul halaman, dan permalink setiap halaman.

Sebelum itu, Anda juga dapat menggunakan Yoast SEO untuk mengatur judul dan meta description website. Anda juga dapat melakukan verifikasi situs web Anda dengan Google, Bing, dan yang lainnya dengan mudah.

 

Sudah siap menjadi seorang content marketer professional? Anda bisa memulainya sekarang juga! Semoga dengan memanfaatkan tool ini, Anda bisa menggali lebih banyak ide, lebih produktif dalam mengelola konten, dan lebih optimal dalam memasarkan kotnen Anda.