Khususnya untuk eCommerce dan content publishing website, Twitter adalah salah satu sosial media yang dapat dijadikan senjata andalan. Meskipun dalam penggunaannya user dibatasi hanya bisa tweet sebanyak 140 karakter, nyatanya platform ini cukup efektif digunakan untuk membangun dan menarik perhatian audiens.

Hingga saat ini, jumlah pengguna aktif  Twitter telah lebih dari setengah milliar. Memang masih kalah dengan Facebook, namun bagi pebisnis, penggunaan Twitter cukup efektif, terutaama untuk media promosi, penjualan online, meningkatkan view artikel dan juga peningkatan brand awareness.

Bagi Pebisnis, Penting untuk Mengukur Performa Twitter dengan Tool Analitik

Apakah Anda termasuk kelompok orang yang menggunakan Twitter untuk tujuan di atas? Jika ya, berarti Anda harus lebih serius lagi dalam menggunakan jenis social media yang satu ini. Jika user biasa cenderung menggunakan dan menikmatinya saja, maka Anda perlu melangkah lebih jauh untuk memiliki kesempatan mengukur efektifitas Twitter untuk bisnis Anda.

Bagaimana caranya? Cara termudah dan paling populer adalah dengan menggunakan tool analitik. Tool #analitik dapat membantu Anda mengukur dan menganalisa perkembangan akun Twitter Anda, melihat statistik, sehingga Anda dapat melihat progress, melakukan evaluasi dan tindakan lebih lanjut untuk menumbuhkan akun Anda.

Apakah ini penting? Tentu saja penting jika Anda ingin bisnis Anda di dunia online semakin berkembang dan besar. Nah, untuk dapat mengukur kinerja Twitter Anda, gunakan lah tools analitik berikut ini :

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Meningkatkan Ranking SEO dengan Menggunakan Sosial Media

1. Twtrland.com
Twtrland membantu Anda untuk mengetahui dan membuat analisa tentang akun twitter dan #follower potensial untuk bisnis Anda. Dengan bantuan situs web ini, Anda dapat melihat akun siapa kah yang penting untuk Anda ikuti dan tidak ikuti sesuai dengan kesamaan minat yang terekam di aktifitas Twitter masing- masing.

Bukan itu saja, tools ini juga membantu Anda untuk mengetahui lebih lanjut berbagai informasi dari sebuah profil yang akan ditelusuri. Kelebihan lain dari tool ini adalah sangat mudah untuk digunakan. Pertama- tama masukanlah username akun Anda lalu Twtrland akan menganalisa dan menampilkan berbagai informasi mengenai akun tersebut.

2. TwitterCounter.com
Tools yang satu ini akan membantu Anda untuk melihat dan menganlisa perkembangan follower dan jumlah tweet yang Anda tweet dalam tempo harian, mingguan bahkan juga bulanan dan tahunan.
Tidak hanya itu saja, TwitterCounter juga membantu Anda untuk melakukan riset competitor dengan cara melakukan perbandingan performa akun Twitter Anda dengan akun orang lain yang ingin Anda ketahui performanya.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Memasang Kode Histats di Blog Secara Terlihat dan Tersembunyi

3. Tweetbinder.com
Untuk  analisa performa dan statistik akun Twitter Anda selanjutnya, Anda dapat menggunakan Tweetbinder.com. Tools yang satu ini cukup lengkap dan efektif untuk membantu Anda dalam mendapatkan beragam informasi terkait sebuah akun, seperti siapa saja yang terlibat dalam percakapan, siapa yang paling berpengaruh, tweet apa yang dibagikan, berapa kali link pernah dibagikan, analisa topik hashtag yang Anda gunakan dan masih banyak lagi. Dengan harta karun informasi ini, tentu saja semakin seru untuk mengetahui performa akun Twitter Anda dan juga competitor.

4.   Twitonomy.com
Twitonomy membantuAnda untuk mendapatkan informasi yang cukup sempurna dalam melihat siapa saja yang tweet atau retweet, reply, hashtag, mention, link, follower dan masih banyak lagi pada sebuah akun yang ingin Anda ketahui. Dengan menggunakan tool analitik ini, maka cara mengetahui statistik dan performa sebuah akun yang Anda kelola atau akun bisnis orang lain akan semakin mudah.

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi Membangun Branding dengan Fitur Video di Instagram

5. Tweetreach.com
Tweetreach adalah tool analitik terakhir yang akan kita bahas kali ini.  Tool ini sangat mudah digunakan, yaitu hanya dengan memasukkan username yang ingin dianalisa, dan Anda akan langsung mendapatkan data statistic dan performa sebuah akun. Apa saja yang akan Anda dapatkan? Antara lain adalah informasi tentang tweet apa yang paling banyak di retweet dan akun mana yang menjadi top contributor dalam engagement/ keterlibatan dalam sebuah akun.

Tweetreach juga menawarkan beragam fitur tambahan yang secara fungsi membantu Anda sejauh mana tweet Anda menjangkau dan akhirnya menjadi populer untuk follower Anda. Jadi, kini akan semakin mudah bagi Anda untuk memantau efektifitas akun social media Anda ini dalam kurun waktu tertentu.

Merasa tertarik untuk mencoba menganalisa akun Twitter Anda sekarang? Kenapa tidak? Selain 5 tool analitik di atas membantu Anda secara maksimal dan mudah digunakan, tool ini juga akan mendatangkan inspirasi untuk meningkatkan performa akun Twitter Anda agar semakin memberikan manfaat untuk bisnis dan marketing Anda. Siap mencoba? Terimakasih sudah membaca artikel ini ^_^. Semoga bermanfaat.