Hingga saat ini, Tokopedia masih menjadi salah satu marketplace terfavorit untuk para pemilik toko online. Sebagai salah satu ‘raksasa’ marketplace di Indonesia, Tokopedia dihuni oleh ribuan seller dan jutaan produk yang jumlahnya semakin bertambah dari hari ke hari.

Dengan kompetisi yang sedemikian ketatnya, setiap pemilik toko harus mampu menaklukkan SEO Tokopedia. Ya, bukan hanya blog atau situs pribadi saja yang harus bergulat dengan SEO, Tokopedia juga mempunyai ‘SEO’ dalam lingkup yang lebih terbatas. Lingkup SEO Tokopedia yang dimaksud disini adalah untuk mengoptimalkan produk Anda agar mempunyai performa baik dalam pencarian di aplikasi atau marketplace.

Trik Tokopedia Agar Produk Muncul Teratas di Pencarian

Karena tingkat kompetisi yang tinggi, bukan hal mudah untuk muncul di posisi teratas dalam pencarian di Tokopedia. Anda tidak bisa menghindari ribuan produk yang sama persis dengan produk yang Anda jual. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat produk Anda berbeda, dan membuat orang membelinya.

Tips beirkut ini bisa Anda kombinasikan atau bisa juga Anda biarkan bekerja secara sendiri- sendiri :

  1. Jadikan Produk Anda TERMURAH

Jangan pernah remehkan harga, karena faktanya, salah satu pencarian favorit di marketplace adalah yang TERMURAH. Tidak peduli berapa pun selisihnya, baik itu 1000 atau hanya 2000, harga termurah adalah magnet tersendiri untuk pembeli.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Mencari Produk Laris di Marketplace untuk Diiklankan di Facebook

Ada sebuah trik yang dapat Anda gunakan. Misalnya saja setelah Anda melakukan riset, Anda menemukan bahwa harga termurah adalah Rp 78.000. Maka agar Anda bisa merebut posisi teratas dalam pencarian TERMURAH, Anda bisa menggunakan trik pengurangan harga. Bahkan sekalipun cara yang Anda gunakan kurang elegan, seperti memberi harga produk Rp 77.900 alias hanya 100 rupiah lebih murah, hal ini terbukti memberi efek terhadap pencarian produk Anda.

 

  1. Produk TERBARU

Ada beberapa jenis produk yang mempunyai ‘masa kadaluarsa’, seperti gadget, produk supplement dengan batch tertentu, atau barang fashion yang sudah tidak sesuai dengan trend. Coba lah rajin meng- update produk Anda, mengubah harga, atau menduplikasikannya agar terlihat lebih menarik untuk calon pembeli yang suka dengan iming- iming status ‘Produk Terbaru’.

 

  1. Jadikan Produk Anda PALING SESUAI

Default dari tampilan pencarian produk di marketplace seringkali terlihat acak. Namun yang sebenarnya, SEO Tokopedia berupaya untuk menampilkan produk se-relevan mungkin dengan pencarian pengguna. Untuk point ini, coba lah untuk lebih memperhatikan judul atau nama produk Anda.

Misalnya saja jika Anda menjual baterai, maka Anda bisa melakukan optimalisasi kata kunci agar relevan dengan cara menulis judul “Batere / Baterai / Battery Smartphone XXX”. Seringkali pengguna menuliskan keyword yang belum tentu sama persis dengan yang sebenarnya. Contoh lain adalah produk hijab yang juga sering dicari dengan kata kunci ‘jilbab’.

Artikel Menarik Lainnya :   3 Alasan Utama Mengapa Bisnis Anda Harus Go Online

Meskipun pencarian default ini cenderung kalah dengan pencarian harga termurah, produk terbaru, atau terpopuler, namun ini akan membantu produk Anda untuk dapat tampil di posisi teratas. Yang perlu diingat, hindari untuk terlalu spamming ya. Manfaatkan lah sesuai kebutuhan.

 

  1. Menjadi Produk TERPOPULER/ TERLARIS

Salah satu daya tarik yang tak bisa dipungkiri adalah pembeli cenderung membeli produk yang sudah banyak dibeli sebelumnya. Dengan pilihan ini, mereka dapat melihat ulasan reputasi dari produk dan juga penjual. Pembeli mencoba untuk menjadi smart buyer dnegan tidak menjadi ‘korban’ dari pembelian barang yang tidak bagus.

Tapi bagaimana jika produk masih relatif baru nongkrong di marketplace? Gunakan lah trik menjual dengan harga semurah mungkin untuk mengumpulkan penjualan dan rating yang bagus. Setelah rating bagus, naikkan harga produk Anda sehingga produk yang Anda jual sudah punyai nilai lebih.

 

  1. Foto Produk yang Menarik

Untuk produk yang sudah sangat mainstream, seperti hijab, baju, smartphone, atau produk apa pun yang mempunyai foto studio yang sama, biasanya mata calon pembeli akan cenderung mencari produk dengan display yang mencolok. Maka dari, coba lah untuk memodifikasi gambar asli.

Artikel Menarik Lainnya :   Tokopedia Raih Kucuran Dana Rp 14 Triliun dari Alibaba

Misalnya saja Anda menjual produk Xiami Redmi. Sertakan lingkaran murah, atau promo tulisan free powerbank, atau tambahkan frame yang mencolok mata. Dengan display yang mencolok, maka mata calon pembeli akan langsung tertuju ke produk tersebut.

 

  1. The Power of Judul

Jangan lupakan penggunakan judul yang berpotensi mendukung SEO. Misalnya jika produk Anda memang original, jangan ragu untuk menambahkan “100% original” jika memang produk Anda berkualitas baik. Atau bisa tuliskan juga “Hiqh Quality”, “Garansi Resmi”, “Termurah”, atau kata tambahan lain yang memang sesuai dengan kondisi barang.

Yang perlu diingat, jangan membohongi calon pembeli Anda dengan membuat judul yang tidak sesuai dengan keadaan barang.

 

  1. Optimalkan dengan Promosi

Anda bisa menggunakan fitur promosi gratis 1 jam sekali yang disediakan oleh Tokopedia. Namun, jika Anda merasa kurang puas dengan hasilnya, tidak ada salahnya mencoba Gold Merchant alias menjadi toko berbayar dan melakukan promo berbayar di Tokopedia.