Toko Online apa sih yang paling populer dan paling sering dikunjungi di Indonesia? Jika Anda berpikir bahwa #marketplace masih menjadi penguasanya, maka jawaban Anda sangat tepat sekali. Sepanjang tahun 2015 dan tahun 2016, marketplace memang memiliki trend positif yang semakin menanjak dari bulan ke bulan. Bukan hanya marketplace yang lama saja, marketplace baru pun mendapatkan sambutan hangat dari para penggemar toko online dan langsung mendapatkan omset yang menggiurkan. Pasar Indonesia memang benar- benar luar biasa ya?

Pada Februari s/d April 2016, Chip.co.id mengadakan sebuah survey yang berkaitan dengan toko online dan trend belanja online. Survey ini diikuti oleh 2700 responden dengan menggunakan metode Multiple Responses. Dari data tersebut diketahui bahwa 60% penggemar belanja online adalah justru kaum pria, sedangkan kaum perempuan yang gemar belanja online hanyalah 40%.

Hasil lain dari survey tersebut antara lain :
– Kegiatan belanja online dan browsing dilakukan 82% dari smartphone, hal ini menjadi bukti lain bahwa sebagian besar pengguna internet Indonesia kini mengakses internet dari Smartphone mereka.
– Penggemar belanja online di Indonesia lebih suka membeli produk fashion seperti baju, celana dan aksesoris daripada gadget. Dalam survey tersebut, produk baju dan celana menempati urutan pertama, sedangkan urutan kedua dan ketiga adalah sepatu dan kosmetik.
– Meski produk fashion yang paling populer, gadget memberikan kontribusi yang paling besar untuk pendapataan online shop, hal ini disampaikan oleh Blanja.com dan Blibli.com

Artikel Menarik Lainnya :   Mau Toko Onlinemu Kebanjiran Pembeli di Instagram? Coba 6 Trik Ini!

Mengenai gadget, para penggemar #tokoonline merasa bahwa membeli gadget ternyata lebih hemat tenaga dan waktu 78% dibandingkan harus datang ke toko atau mall yang membuat mereka kerap semakin bingung karena ditawari beragam produk yang berbeda, meskipun sebenarnya sudah memiliki pilihan tertentu. Selain itu, review yang ditampilkan di situs belanja online juga mampu membuat calon buyer semakin terpikat dan tertarik untuk membeli produk yang mendapatkan review positif dari user lain.

Toko Online yang Paling Sering Dikunjungi

Lalu bagaimana dengan toko online? Online shop apa yang ternyata paling digandrungi oleh para online shoppers di Indonesia? Seperti yang Saya ungkapkan tadi, untuk online shop kini masih dikuasai oleh sebagian besar marketplace. Meski demikian, tidak ada yang terlalu mendominasi, hanya tiga marketplace utama memang menjadi toko online yang paling banyak dirujuk, dengan persentasi selisih yang tidak terlalu besar. Marketplace- marketplace ini pada umumnya memang menjual produk yang serupa dari berbagai seller. Dan kerap kali para user membandingkan harga antar marketplace yang satu dan yang lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :   25 Cara Menghasilkan Penjualan Optimal dari Toko Online Anda

Berikut ini adalah persentasi toko online yang paling kerap dikunjungi :

toko online, online shop, marketplace, Indonesia

Lazada unggul di posisi pertama. Menurut Chip.co.id, hal ini mungkin terjadi karena Lazada adalah toko online yang paling gencar promosi dan kerap melakukan flash sale. Selain itu, banyak vendor yang merasa Lazada adalah partner yang pas untuk diajak berkolaborasi.

Di posisi kedua dan ketiga terdapat online shop yang memiliki banyak merchant, yaitu Tokopedia dan Bukalapak. Kedua toko online ini memang sudah lama menjadi favorite para pemilik lapak dan juga konsumen, didukung juga dengan penayangan iklan yang agresif, baik di televisi maupun di internet dan social media.

Sebagai online shop baru dan didorong dengan investasi yang besar- besaran, MatahariMall.com milik Lippo Group langsung merangkak di posisi 4. MatahariMall.com berhasil unggul 2% di atas Blibli.com yang merupakan miliki grup Djarum.

Artikel Menarik Lainnya :   Menangkap Peluang Bisnis Online yang Paling Menguntungkan

Selain itu, di posisi selanjutnya, urutan 6 – 10 berturut- turut diisi oleh Traveloka, Elevenia, Bhinneka, Qoo10.co.id dan Tiket.com. Di daftar ini terdapat dua toko online yang bergerak di bidang yang sama, yaitu jasa penjualan tiket. Hal ini menunjukan bahwa semakin banyak masyarakat yang go online. Jika dulu kita selalu mengandalkan travel agent untuk pembelian tiket pesawat, kini masyarakat memilih untuk membeli tiket secara online dengan mudah cepat.

Qoo10.co.id juga menjadi kejutan di daftar ini mengingat toko online yang satu ini tidak se-agresif toko online raksasa lainnya, meskipun termasuk salah satu pionir e-commerce di Indonesia.