Memulai usaha kecil, apapun jenisnya bisa membuka peluang Anda untuk meraih sesuatu yang besar di kemudian hari. Sama seperti kata pepatah, sukses besar diawali dari langkah- langkah kecil. Dengan fokus dan menekuni usaha kecil Anda, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan menjadi semakin besar dan membawa Anda ke level baru yang berbeda.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang ragu untuk memulai langkah kecil mereka. Terlalu banyak yang menjadi pertimbangan. Bisa jadi, menurut mereka juga, memulai langkah kecil membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit. Mempertimbangkan apa pun sebelum memulai itu bagus, tapi terlalu banyak pertimbangan justru bisa mematikan langkah Anda. Akhirnya Anda terkungkung di kubangan yang sama, ketika teman Anda yang lain sedang di puncak gairah dengan bisnis mereka.

Khawatir itu wajar. Dalam bisnis atau usaha, kita memang sering dihadapkan dengan ketidakpastian. Mulai dari khawatir bisnis tidak sesuai, khawatir dengan pemasaran atau juga khawatir dengan modal yang tidak balik.

Maka dari itu, penting sekali untuk memulai usaha dengan cermat, bukan asal- asalan. Kegagalan adalah wajah yang sering menghantui calon pebisnis. Gagal itu boleh dan tidak masalah. Tapi bukan berarti Anda harus melakukan kegagalan yang sama juga. Sebaliknya, Anda bisa juga meminimalisir kegagalan tersebut dengan belajar dari kegagalan orang lain. Lakukan lah kegagalan yang lebih keren dan memberi Anda pelajaran yang lebih berkesan. Pelajaran yang menjadikan Anda pebisnis tanggung dan hebat di masa depan.

[ Artikel Terkait: Tips Sukses Memulai Usaha Kuliner untuk Pemula ]

 

Sukses Memulai Usaha Kecil Dimulai Dari Sini

Belajar lah banyak dari mereka yang sudah terlebih dahulu sukses. Tidak harus bertemu dengan pakarnya langsung. Anda dapat belajar dari kisah mereka yang sudah tersebar di internet. Anda juga bisa belajar dari motivator- motivator beken atau pengusaha muda yang namanya sering dicatut di blog atau televisi. Beberapa tips memulai usaha kecil ini juga dapat menjadi inspirasi sukses Anda :

Artikel Menarik Lainnya :   Ingin Mulai Usaha Tapi Modal Tipis? Coba Peluang Usaha dengan Modal Di Bawah 500 Ribu Ini

1. Mulai lah dengan Menentukan Visi dan Misi
Visi dan misi penting dalam memulai setiap bisnis, baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar. Dengan memiliki visi dan misi usaha, maka Anda akan memiliki landasan yang kuat untuk mulai melangkah dan membesarkan usaha kecil Anda. Maka dari itu, di awal memulai usaha, bersabarlah dalam melangkah. Pastikan Anda sudah mengusung visi dan misi yang kuat dan rencana untuk selalu berjalan di visi dan misi tersebut.

2. Gali Ide Usaha Sedalam- Dalamnya
Yang paling enak, ide usaha berkaitan erat dengan sesuatu yang berhubungan dengan hobbi atau passion. Ketika mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan passion, maka semangat melangkah kita cenderung akan stabil dan gampang dipompa ketika sedang berada di titik jenuh atau terbentur masalah.

3. Pelajari Ilmu Bisnis
Salah besar jika memulai usaha tanpa mempelajari ilmunya. Memang benar ada beberapa orang yang sukses dengan modal nekat dan terus maju. Tapi, adalah lebih baik jika Anda mempelajari ilmu bisnisnya terlebih dahulu. Agar apa? Agar Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama dengan pendahulu Anda.

[ Artikel Terkait : 8 Kesalahan yang Dapat Membuat Startup Anda Gagal di Tengah Jalan ]

4. Optimisme itu Penting
Optimis itu penting. Jika belum apa- apa Anda sudah pesimis, maka bisa ditebak usaha kecil Anda akan selalu kecil dan sulit untuk berkembang. Sebaliknya, dengan optimism, akan lebih mudah bagi Anda untuk meraih kestabilan bisnis dan mengembangkan usaha kecil Anda supaya lebih sukses dari waktu ke waktu. Optimisme juga membuat Anda melewati segala jenis rintangan dengan teguh.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Sukses Memulai Usaha Kuliner untuk Pemula

5. Tidak Ada yang Salah dengan Memulai dari Nol
Memulai dari nol tidak perlu membuat Anda merasa minder. Anda bisa meniruu analogi bahwa usaha itu diibaratkan seperti menanam pohon kelapa, yang artinay dalam jangka waktu tertentu, untuk mendapatkan hasil yang besar, Anda perlu menginvestasikan waktu, pemeliharaan, pengorbanan dan tentu saja kesabaran. Ringanlah beban Anda dengan memulainya tanpa beban dan tanpa keraguan.

6. Optimalkan Pelayanan
Salah satu yang unik dari karakteristik customer di Indonesia adalah mereka sangat menyukai pelayanan yang baik dari sebuah brand, baik itu yang besar atau usaha kecil yang baru dimulai. Ketika sebuah layanan membuat mereka puas dan bahagia, mereka cenderung akan berlangganan dan tidak akan berpaling ke kompetitor. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda meningkatkan keahlian dalam berkomunikasi dengan mereka. Sesekali sapa lah pelanggan Anda via pesan teks atau #socialmedia. Tanyakan bagaimana kesan mereka terhadap produk Anda. Perhatian kecil seperti ini biasanya akan membuat mereka tidak sungkan untuk melakukan repeat order.

7. Bangun Brand Anda
Proses branding di tahap awal memulai usaha memang lah tidak mudah. Tapi dengan bekerja keras membangunnya, hasil yang Anda peroleh akan sebanding dengan effort yang Anda keluarkan. Dengan menciptakan brand yang baik, Anda akan lebih mudah menjual di masa depan sekaligus meningkatkan level bisnis Anda menjadi lebih baik lagi.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengapa SEO Penting untuk Sebuah Bisnis?

8. Peka Terhadap Teknologi Terbaru
Jika ingin usaha Anda stabil dan sukses, maka pekalah terhadap inovasi. Kehadiran inovasi teknologi dan trend, tak bisa dipungkiri merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam bisnis. Tidak sedikit bisnis yang tumbang hanya karena mereka tidak mau mengikuti ritme teknologi. Jika Anda melakukan kesalahan yang sama, hasil yang buruk bisa menampar Anda dengan cara yang sama.

9. Kenali Kebutuhan Dasar Anda
Apa saja yang Anda butuhkan dalam menjalankan jenis usaha Anda? Buatlah catatan tentang kebutuhan dasar ini dan lakukan analisa. Misalnya yang termasuk kebutuhan dasar ini adalah modal, asset ( seperti komputer, website, ruko, alat tulis kantor, dsb ) dan sistem. Dengan mengenali kebutuhan dasar dan menganalisa porsi dan level urgensi nya, Anda dapat mengatur budget dengan bijak serta lebih siap ketika usaha kecil Anda sudah mulai berjalan.

10. Mulai lah Merekrut Karywan jika Mulai Dibutuhkan
Jika work load Anda sudah terlalu padat dan mulai merasa membutuhkan asisten, tidak ada salahnya untuk mulai merekrut karyawan. Merekrut karyawan adalah bagian dari pengembangan usaha, jadi tentu sajaa bisa Anda lakukan sesuai dnegan kebutuhan. Dalam merekrut karyawan, utamakan lah kualitas dan yang sudah berpengalaman atau minimal memiliki ketrampilan dasar yang dibutuhkan sehingga Anda tidak perlu meluangkan waktu banyak untuk melakukan training.
[ Artikel Terkait: 10 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Usaha Sendiri ]

Setelah membaca 10 tips sukses memulai usaha kecil ini, maka tugas Anda selanjutnya adalah action untuk memulai langkah kecil Anda. Tanpa action, bacaan sebanyak apa pun tidak akan berpengaruh terhadap hidup Anda. Setuju ya?? Selamat mencoba ^_^