Type to search

Entrepreneurship Startup

10 Tips Cerdas untuk Anda yang Ingin Sukses Memulai Bisnis sebagai Pemula

Share

Memulai bisnis untuk pemula memang tidak selalu mudah. Ada yang memulainya tanpa modal mentor dan hanya sekedar coba- coba. Tapi ada juga yang percaya diri karena minimal sudah memiliki modal bacaan- bacaaan bisnis dari berbagai referensi.

Dengan trend banyaknya anak muda yang kini mulai nyemplung ke ranah bisnis e-Commerce dan startup, wajar jika atmosfer ikut- ikutan ini juga menyerang siapa saja. It’s good, karena bisnis ini wajib dicoba oleh siapa pun, terutama oleh mereka yang masih muda. Agar pemula pun bisa mendapatkan start yang baik, maka wajib hukumnya untuk membekali diri dengan beberapa keahlian dan panduan yang tepat. Berikut ini adalah 10 tips sukses bisnis untuk pemula dari Scott  Gerber yang dapat menjadi bekal awal Anda.

#1 Fokus lah Pada Satu Peluang Bisnis
Adakah orang yang melihat temannya sukses di bidang property lantas ikutan- ikutan nyemplung ke property? Lalu ada temannya sukses berjualan hijab dia juga ikut- ikutan berjualan hijab, begitu seterusnya. Strike one, ikut kesana kesini tidak membuat Anda mengambil pelajaran berharga dari kesalahan Anda tapi justru membuat Anda tidak bisa memaksimalkan peluang yang ada. Setiap orang memang memiliki kesempatan untuk sukses di bidang ini dan itu, tapi tidak jika Anda hanya melompat dari satu jenis bisnis ke bisnis yang lain. Sebagai awalan, cobalah untuk fokus dan setia dengan bisnis yang Anda pilih. Optimalkan energi Anda sebelum akhirnya Anda menganalisanya.

Artikel Menarik Lainnya :   10 Alasan Kuat Mengapa Banyak Orang Tidak Memulai Usahanya Sendiri

#2 Cintai Apa yang Anda Lakukan
Kunci kesuksesan tidak jauh- jauh dari menyukai apa yang Anda lakukan. Memang terkesan lebay ya kalau kerja keras disandingkan dengan kata- kata seperti cinta. Tapi nyatanya, dua hal ini memang mempunyai kaitan yang sangat erat. Tanpa menyukai hal yang kita lakukan, mustahil kita bisa memberikan effort yang terbaik.

#3 Kuasai Materi Bisnis Anda
Di awal memulai bisnis, sangat kecil kemungkinan bisnis Anda langsung mendapatkan kepercayaan investor besar, meski tampaknya bisnis Anda cukup berbobot. Meski demikian, kesempatan emas ini bisa muncul kapan pun juga. Saat kesempatan datang, pastikan Anda bisa menjelaskan kepada investor tentang bisnis Anda sejelas- jelasnya. Investor tidak akan sembarangan menaruh uang mereka di tangan orang yang tidak paham betul dengan bisnisnya.

#4 Selalu Mau Belajar dari Orang Lain
Ingatlah selalu bahwa setiap orang, siapapun itu, bisa memberi Anda pelajaran yang berharga. Jadilah pribadi open minded yang selalu mau menerima pemikiran orang lain dan selalu mau belajar. Tidak perlu malu untuk mengajak orang lain untuk berdiskusi tentang sebuah #tipsbisnis atau ide yang belum pernah digarap. Dengan banyak berdiskusi dan belajar, kamu akan semakin matang dalam mengelola bisnismu.

Artikel Menarik Lainnya :   30 Perusahaan di Indonesia yang Tahan Banting Saat Krisis, Apa Resepnya?

#5 Hidup Sederhana Dulu, Jangan Nikmati Uangmu
Hidup yang tiba- tiba menjadi pengusaha memang nikmat. Semua hal yang sebelumnya cuma bisa kamu bayangkan sekarang bisa kamu beli dengan gampang. Eiitssss.. jangan terlena dulu. Buang jauh- jauh keinginanmu itu. Daripada  membelanjakan uangmu di awal kesuksesan untuk hal yang belum kamu butuhkan, lebih baik investasikan untuk pengembangan bisnismu. Percayalah, ada lebih banyak waktu untuk bersenang- senang nanti.

#6 Jangan Takut Gagal, Belajar lah dari Kegagalanmu
Percobaan pertama tidak selalu mulus untuk semua orang. Bukan berarti kamu harus siap- siap gagal juga ya. Positif thinking lah, tapi tanpa ada rasa takut terhadap kegagalan. Berikan lah effort terbaik untuk bisnis mu, tapi saat ada sesuatu yang tidak kamu inginkan, belajar lah dari hal itu.

#7 Rancang Konsep Bisnis yang Terbaik
Selain menguasai bisnis sendiri, Anda juga wajib untuk memiliki konsep bisnis yang menarik dan ideal. Hal ini sangat penting jika Anda ingin bisa menarik minat investor dan membuat bisnis Anda semakin besar kedepannya. Siapapun berhak memiliki bisnis yang besar, dan semuanya sering dimulai dari konsep bisnis yang terbaik.

#8 Jangan Abaikan Kesehatan demi Bisnis
Tidak jarang orang melakukan segalanya demi memberikan 100% untuk bisnis sampai mengabaikan kesehatannya. Well, tentu saja kita harus memberikan 100% untuk bisnis kita. Tapi tidak dengan mengabaikan kesehatan kita. Menjagai kesehatan adalah salah kunci penting untuk bisa menjalankan bisnis Anda dengan optimal. Saat Anda sehat, pikiran Anda selalu bisa tampil dengan performa terbaiknya.

Artikel Menarik Lainnya :   3 Alasan Utama Mengapa Bisnis Anda Harus Go Online

#9 Banyak Bekerja Sedikit Bicara
Speak less, Do more bisa menjadi senjata kunci agar proses belajar Anda dari pemula menjadi master berjalan dengan  lebih baik. Dengan banyak bertindak daripada bicara, maka Anda bisa melakukan lebih banyak hal dan membuat orang langsung bisa melihat hasil kerja Anda.

#10 Tahu Kapan Waktunya untuk Berhenti Berusaha
Pesimis?? Bukan, bukan sama sekali. Seperti kata sebuah pepatah, seorang kapten yang bijak tidak akan mau tenggelam bersama kapalnya. Maksud dari pepatah ini, seseorang yang bijaksana adalah mereka yang tahu kapan terus berusaha dan kapan waktu untuk berhenti. Berhenti berusaha juga bukan berarti menyerah ya. Hanya saja, dalam bisnis, adad beberapa hal yang memaksa Anda untuk berhenti dan berubah haluan setelah analisa Anda mengatakan bisnis ini tidak bisa diselamatkan lagi. Intuisi seperti ini biasanya juga tidak akan diperoleh secara instant, melainkan diperoleh seiring waktu dan pengalaman.

 

Tags:

You Might also Like

1 Comment

  1. Panda Gila Sep 17, 2016

    4.5

    Balas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.