Type to search

Blogging

Tips Membuat Halaman About Us (Tentang Kami) di Website

Share
Tips dalam membuat halaman About Us - Tentang Kami di website

Untuk perusahaan dan brand, halaman About Us atau Tentang Kami mempunyai peranan yang penting. Halaman ini adalah gateway utama untuk mereka memperkenalkan diri kepada pembaca atau pencari informasi produk dan jasa mereka. Bisa dibilang, halaman Tentang Kami ini adalah salah satu media branding perusahaan. Setelah masuk ke sebuah website, orang cenderung akan masuk ke About Us untuk mencari tahu lebih lanjut tentang perusahaan atau sebuah brand.

Karena mempunyai fungsi yang penting, halaman About Us ini sebaiknya dikemas dengan cermat dan tepat. Jangan sekedar menulis halaman panjang dengan konten bersifat formalitas saja. Sebaliknya, manfaat halaman ini untuk memaparkan hal- hal penting dari perusahaan, dan mempertajam informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca.

 

Membuat Halaman About Us Bukan Sekedar Formalitas

Faktanya, banyak perusahaan membuat kesalahan dengan berpikir bahwa menulis halaman About Us adalah bagian termudah dalam membuat konten situs web mereka. Bukan hanya perusahaan, bahkan hal ini sering kita alami sebagai blogger dan penulis konten. Tentang kami sering dianggap sebagai pekerjaan sepele dan pelengkap situs web.

Namun, menulis halaman About Us yang baik sebenarnya lebih sulit dari yang kita pikirkan. Hal ini karena halaman ini seharusnya dikemas dengan cermat dan sangat baik sebagai jembatan untuk memudahkan penyampaian informasi kepada pembaca.

Halaman tersebut haruslah audience oriented. Apa yang kita tulis di halaman About Us harus secara khusus disesuaikan dengan target audiens kita. Anda mungkin mempunyai banyak hal untuk dibagikan di halaman tersebut tentang nilai- nilai perusahaan, misi, dan lain sebagainya. Namun yang terpenting, Anda harus lebih dulu mengatur informasi dengan cara yang sesuai dengan apa yang dicari audiens Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Instagram 2018 : Cara Meningkatkan Follower dan Engagement

 

Tips Menciptakan Halaman About Us yang Baik

Bagaimana jika halaman Tentang Kami itu menceritakan seluruh kisah dan sejarah perusahaan? Tidak ada yang salah memang, karena halaman ini memang tempat yang tepat untuk memuatnya. Namun, jika pembaca ingin mencari tahu apa yang bisnis Anda lakukan dan siapa Anda, maka sebaiknya penyajian informasi ini ditampilkan lebih dulu.

Jika Anda ingin menulis halaman About Us yang baik untuk brand atau perusahaan Anda, berikut ini adalah tips yang bisa Anda terapkan untuk website Anda :

1. Sampaikan Apa yang Anda Lakukan dan Siapa saja yang Anda Layani

Halaman About Us bisa dibuat dengan banyak tujuan, namun yang pertama dan terpenting adalah menjelaskan kepada pembaca apa yang Anda lakukan dan siapa saja yang Anda layani. Point ini akan mengingatkan pembaca tentang alasan merkea mengunjungi situs web Anda dan mengonfirmasi mereka bahwa perusahaan Anda adalah jawaban atas kebutuhan mereka.

Sebelum menceritakan detail tentang perusahaan Anda dalam versi yang panjang, Anda juga bisa menyampaikan dengan singkat misi Anda dan produk atau layanan spesifik yang Anda tawarkan. Point- point ini harus Anda sampaikan di halaman About Us dengan singkat, manis, dan ringkas.

 

2. Sampaikan Pendekatan yang Anda Lakukan

Misalnya perusahaan Anda adalah jasa periklanan online, sampaikan apa yang membuat Anda berbeda dengan kompetitor Anda. Sampaikan dengan tegas nilai- nilai yang akan Anda berikan kepada klien Anda dan bagaimana cara Anda melakukannya untuk membuat jasa Anda unggul dan memberikan benefit pada klien.

Artikel Menarik Lainnya :   4 Alasan Mengapa Blogger Sebaiknya Memposting Ulang Konten Lama

Penting untuk diingat, informasi ini diberikan bukan dengan tujuan untuk menyombongkan atau menjatuhkan kompetitor. Anda hanya perlu meyakinkan kepada mereka bahwa perusahaan Anda mempunyai nilai lebih.

 

3. Ceritakan Siapa Anda (Perusahaan/ Brand Anda)

Awali dengan deskripsi tentang perusahaan Anda sebagai tim. Selanjutnya, mulai ceritakan hal- hal yang terkait langsung dengan perusahaan Anda, nilai perusahaan, organisasi atau grup yang melibatkan perusahaan Anda, dan lain sebagainya. Setelah bercerita sebagai tim, Anda dapat memecahnya dengan bercerita tentang individu yang membentuk perusahaan Anda.

Jika membicarakan tentang individu dalam perusahaan, coba lah untuk menampilkan sebanyak mungkin wajah. Jangan hanya membicarakan tentang CEO dan Wakil CEO perusahaan. Dengan begitu, pembaca dapat melihat secara langsung dengan orang- orang yang ada di belakang brand dan perusahaan Anda. Pengenalan brand Anda akan lebih mengena kepada pembaca Anda.

 

4. Milestone dan Pencapaian Perusahaan

Setelah mendapat kesempatan untuk membaca apa yang perusahaan lakukan, mengapa dan bagaimana perusahaan melakukannya, poin selanjutnya adalah menceritakan kisah lengkapnya. Anda dapat menceritakan bagian- bagian menarik tentang bisnis Anda seperti pencapaian dan milestone perusahaan.

Sebagai gambaran, Anda dapat membuat konten dari beberapa ide pertanyaan berikut ini :

  • Bagaimana dan kapan perusahaan Anda memulai?
  • Pelajaran apa yang telah Anda pelajari sejak Anda memulai bisnis Anda?
  • Apa inspirasi Anda untuk memulai dan melanjutkan bisnis Anda?
  • Bagaimana Anda memilih nama perusahaan Anda?
  • Apa bagian tersulit dari pekerjaan yang Anda lakukan?
  • Bagaimana perusahaan Anda berubah sejak dimulainya?
  • Apa yang membuat Anda terus berjalan setiap hari dan menjalankan bisnis Anda?
  • Kami pikir Anda akan menemukan bahwa setelah Anda menjawab semua pertanyaan di atas, Anda akan memiliki lebih dari cukup informasi untuk menulis kisah inspiratif untuk pembaca Anda.
Artikel Menarik Lainnya :   Pengertian PA DA dalam SEO & Cara Meningkatkan PA & DA

Dengan deretan ide di atas, Anda dapat membuat halaman About Us Anda menjadi lebih berisi dan bermakna.

 

5. Tutup Dengan Kisah dan Tagline yang Kuat

Setelah menceritakan latar belakang, apa yang dilakukan, team – individu, dan kisah perusahaan, Anda dapat menutup laman About Us Anda dengan pernyataan yang kuat, dan menarik.  Pernyataan ini akan memberi pembaca gambaran umum tentang apa yang dilakukan perusahaan Anda dan siapa mereka hanya dalam beberapa kata saja. Goalnya adalah memperjelas identitas perusahaan Anda, sekaligus memberikan jawaban cepat untuk siapa saja yang tidak ingin membaca halaman tersebut secara lengkap.

 

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis About Us

Yang tak kalah pentingnya, buat lah halaman About Us Anda semenarik mungkin. Hindari membuat konten yang hanya tulisan panjang dan terkesan menjemukan. Coba lah bereksperimen menjadikan Tentang Kami ini sebagai wadah kreatif untuk menceritakan perusahaan Anda. Sehingga secara otomatis, Anda bisa menjadikan laman ini semenarik mungkin dengan gambar yang relevan dan infografis.

Selamat mencoba!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.