Percayakah Anda bahwa memiliki desain website yang menarik akan membawa website Anda ke sebuah level yang berbeda? Tentu saja Anda harus percaya #maksa ^_^. Tampilan situs web memiliki kaitan yang erat dengan kenyamanan pengunjung, dan kalau pengunjung saja sudah nyaman, potensi untuk pageview dan traffik meningkat semakin besar. Yang ini pasti setuju, kan? #maksalagi.

Saya ingat ppengalaman Saya beberapa tahun lalu ketika baru masuk ke dunia blogging. Gerbang pertama Saya adalah blogger, alias blogspot. Saya tidak terlalu paham untuk memilih desain website yang baik. Kecenderungan Saya saat itu adalah memilih desain website yang ramai dan banyak pernak- pernik disana- sini. Semakain ramai, semakin bagus, karena banyak yang bisa dipamerkan. Saya juga mendaftar banyak program monetize lokal karena waktu itu Saya sangat bernafsu untuk menghasilkan uang lewat blog dengan cepat. Hasilnya apa? Jangankan pengunjung, Saya sendiri lama- lama malas dengan blog Saya itu. Goal untuk monetize pun jadi buyar karena terlalu memaksakan. Disini Saya mulai menemukan kesalahan Saya waktu.

[Tweet “Mau monetize kok maksa, akhirnya nggak dapat apa2”] Lalu Saya tersadar, bahwa untuk membuat pengunjung jatuh cinta pada blog kita, maka sebenarnya ada dua komponen super penting yang harus Saya perhatikan, yaitu :
1. Konten
2. Desain yang elegant dan menarik

Saya mulai menemukan pola bahwa Content is the king, user is the queen. Konten itu rajanya, sedangkan pengunjung adalah ratunya. Kita harus membuat konten yang baik dan berkualitas, tampilan blog yang menyenangkan dan navigasi yang memudahkan untuk membuat si pengunjung ini senang. Sudah itu saja dulu. Masalah yang lain bisa menyusul.

Desain Website yang Baik itu Seperti Apa?

Desain website yang baik mungkin memiliki definisi yang berbeda- beda antara blogger yang satu dengan yang lain. Seorang pakar internet marketing yang satu dan yang lain pun bisa berbeda pandangan untuk hal ini. Bisa jadi, definisi desain yang baik itu tidak harus terlalu cantik, tidak dengan pernak- pernik yang manis dan juga dengan background warna pink. Komponen garis besar untuk desain website yang menarik tersebut antara lain:
*) Ringan, loading tidak terlalu berat
*) Tidak terlalu banyak pernak- pernik, jadi buang saja widget atau gadget yang tidak betul- betul dibutuhkan pengunjung. Pernah kah Anda masuk ke sebuah website yang secara otomatis menghidupkan musik untuk pengunjungnya? Kalau dirasa tidak perlu, sebaiknya fitur tersebut dimatikan saja
*) Memiliki navigasi yang memudahkan pengunjung
*) Responsif atau mobile friendly, artinya tampilan dapat fleksibel sesuai dengan device yang digunakan. Desain responsive memang dulu tidak populer, tapi di jaman sekarang, memiliki website yang responsif hukumnya wajib, karena sudah banyak user yang mengakses informasi internet melalui smartphone dan tablet mereka

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Membuat Push Notification Gratis di WordPress

Memilih Desain Website untuk Pengguna Blogger

Menemukan template website yang menarik untuk pengguna blogger sangatlah mudah. Anda dapat menemukan berbagai referensi template blogger menarik di Google, baik itu yang gratisan, maupun yang berbayar. Untuk mencari yang gratisan, Anda dapat mengetikkan kata kunci ‘free blogger template’ di kotak pencarian google, seperti gambar berikut ini :

free blogger template, kotak pencarian, google, mencari template gratis

Cara termudah, Anda dapat mengunjungi website penyedia template blogger seperti dibawah ini:
*) www.Btemplates.com
*) www.zoomtemplate.com
*) www.blogtemplate4u.com
*) www.allblogtools.com

Yang perlu diperhatikan ketika memilih desain template blogger tersebut adalah fitur yang ditawarkan, apakah template tersebut memiliki desain yang responsive, clean ( bersih, tidak terlalu ramai dan enak dipandang ), jumlah kolom ( gunakan sesuai kebutuhan ) dan lain- lain.

Dibawah ini adalah contoh screenshot template blogger dari Btemplates dan Zoom Templates. Template dari Btemplates banyak yang bernuansa elegant dan feminim. Sedangkan Zoom Template banyak menawarkan desain yang cocok untuk niche ‘news’ dengan mayoritas background berwarna putih.

Lihat Gambar :
template blogger, desain website, zoom template

template blogger, Btemplates, desain website

Jangan kapok untuk bergonta- ganti template di awal pembuatan blog jika memang belum menemukan template yang sesuai. Kadang memang tidak mudah untuk mendapatkan desain website yang kita harapkan. Temukan yang paling pas di hati dan terbaik untuk website Anda. Setelah itu, usahakan untuk tidak pernah ganti template blog lagi, kecuali karena terpaksa.

Memilih Desain Website untuk Pengguna Blogger

WordPress, entah itu versi gratis ( WordPress.com ) atau versi CMS untuk self-hosting ( WordPress.org ) memiliki banyak desain theme ( hanya beda sebutan dengan ‘template’ ala Blogger ) yang tersedia di internet, baik yang gratis ataupun yang berbayar. Khususnya untuk self-hosting, WordPress merupakan salah satu CMS paling populer dan paling banyak digunakan dibandingkan dengan CMS Website lainnya.

Sama seperti mencari template blogger, Anda dapat mencari theme WordPress dengan cara mencarinya di kotak pencarian Google dengan mudah. Cara lain, Anda dapat memanfaatkan direktori theme untuk WordPress di http://wordpress.org/themes. Di direktori ini Anda dapat menemukan ribuan theme WordPress dengan berbagai tipe desain, misalnya untuk tipe website ‘Company Profile’, ’Personal Website’, ‘Wallpaper’, ‘News’ dan masih banyak lagi.

Lihat Gambar :
theme directory, theme WordPress, desain website

Masih merasa kurang? Coba saja theme WordPress premium. Theme premium cenderung lebih kaya fitur, mudah pengaturan dan editing ( easy customize ) dan tentu saja memang memberikan cita rasa yang berbeda dari theme gratisan pada umumnya. Banyak juga theme premium yang menyediakan versi gratisnya, hanya saja fiturnya menjadi lebih terbatas. Berapa kisaran harganya? Berdasarkan pengalaman Saya selama ini, harga theme premium WordPress mulai dari rentang $15 – $75. Lumayan banget ya? Hehehe… begitu lah.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengenal Jenis- Jenis Hosting dan Memilih Hosting Terbaik untuk WordPress

Beberapa website Anda berikut ini dapat membantu menemukan theme premium yang cantik dan kaya fitur seperti yang Saya sebutkan tadi :
*) Themeforest.com ( marketplace )
*) Elegant Theme
*) Tagdiv.com

Contoh Theme ala Tagdiv dan Elegant Theme :
desain website, theme WordPress, theme premium, TagDiv

desain website, theme WordPress, theme premium, elegant themes

Bisakah mendapatkan theme WordPress premium secara gratisan? Bisa banget, tapi Saya tidak tanggung resikonya ya. Dan karena Saya tidak mau menanggung resikonya, Saya tidak akan share caranya ya karena ini termasuk illegal dan bisa berisiko disisipi script jahat :p

 

Cara Mengetahui Desain Website Anda Sudah Responsive ( Mobile Friendly )

Memiliki desain website yang responsive kini mutlak hukumnya, seperti yang Saya singgung diatas tadi. Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa desain blog kita sudah responsive? Mudah, Anda dapat menggunakan salah satu tool dibawah ini:
1. Penguji Situs Mobile Friendly Google
Kunjungi alat penguji google disini https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly, lalu masukkan alamat situs Anda dan klik ‘analisis’. Tunggu beberapa saat, dan jika memang website Anda sudah responsive, maka hasilnya adalah sebagai berikut:

Lihat Gambar :
mobile friendly, responsive

2. Tes Website di Respinator.com
Kunjungi website http://www.responsinator.com/, dan masukkan alamat situs web Anda, lalu pilih ‘Go’. Setelah beberapa saat, website tersebut akan menunjukkan bagaimana tampilan website Anda jika dibuka dalam beberapa jenis device dengan layar yang berbeda- beda. Jika tampilan website Anda sudah proporsional, berarti tampilan situs web Anda sudah responsive. Gambar dibawah ini adalah contoh tampilan situs PandaGila.com di iPhone 6 dengan lebar layar 375px, sudah responsive ya? Iyaaa….. ^_^

Lihat Gambar :
tes responsif, mobile friendly, responsinator

Membuat Desain Website Anda Menjadi Lebih Cepat
Setelah memiliki tampilan situs yang baik dan desain yang responsive, jangan lupakan satu hal penting lainnya, yaitu website Anda harus cepat atau ringan loadingnya. Lalu bagaimana caranya agar tampilan website menjadi lebih cepat? Berikut tips yang dapat membantu Anda :
1. Web Hosting Berkualitas
Jika Anda menggunakan hosting sendiri, pastikan Anda menggunakan layanan web hosting yang memang performanya sudah terkenal bagus. Jangan mudah diiming- imingi harga hosting yang murah, jika ternyata performanya payah. Jika server sering down dan berat, maka situs Anda berpotensi kehilangan banyak trafik potensial. Beberapa webhosting yang terkenal kualitasnya antara lain Hostgator dan BlueHost.
2. Widget/ Gadget Sesuai Kebutuhan
Hilangkan widget/ gadget atau pernak- pernik yang tidak diperlukan karena ini dapat menambah beban loading situs web Anda. Coba review penggunaan aksesoris di website Anda dan apa saja yang kira- kira tidak penting untuk pengunjung Anda dan bisa dibuang. Seringkali Anda memasang aksesoris guna mempercatik blog dan berpikir pengunjung menyukainya. Padahal belum tentu, karena pengunjung cenderung mengutamakan konten yang mereka butuhkan, bukan melirik aksesoris yang tidak mereka inginkan, seperti kalender, jam, musik dan sebagainya.
3. Tidak Perlu Memakai Animasi/ Flash
Jika Anda merasa tidak perlu, sebaiknya hilangkan gambar animasi/ flash banner di #website Anda. Dijamin website Anda akan terasa lebih nyaman untuk pengunjung.
4. Perhatikan Ukuran Gambar, jangan terlalu besar
5. Kurangi jumlah banner iklan
Jangan seperti pengalaman yang Saya jabarkan di atas tadi. Gara- gara terlalu nafsu, eh semua platform iklan dipasang di blog. Hasilnya? Nihil dan website menjadi berat.
6. Tambahkan Widget/ Gadget Yang Bermanfaat
Widget/ gadget seperti kategori artikel, artikel terbaru atau artikel terpopuler akan menarik perhatian pengunjung untuk menemukan sisi menarik dari konten yang Anda tawarkan. Pastikan Anda mempertimbangkan penggunaan widget tersebut ya.
7. Sediakan Ruang Kosong yang Cukup
Ruang kosong yang cukup akan membuat website Anda terlihat lebih elegant dan nyaman, tidak terlalu sumpek. Ibarat sebuah rumah, jika kondisi didalamnya terlalu padat, maka rasanya akan sesak dan tidak nyaman untuk ditinggali. Hal ini juga berlaku untuk pengunjung web Anda.
8. Tipografi yang Baik, Simpel dan Enak Dipandang
Tipografi berkaitan erat dengan jenis teks/ tulisan yang digunakan di sebuah situs web. Jangan gunakan font yang neko- neko dan malah sulit dibaca –niatnya sih biar terlihat beda, unik dan kreatif, hehehe. Sebaliknya, gunakan teks yang standar saja, tapi enak dibaca dan tidak membuat sakit mata.
9. Mencontek Desain Website Lain
Jangan menjiplak persis, itu berarti Anda miskin kreatifitas #eh. Mencontek disini adalah Anda mencari inspirasi dari desain website lain yang satu topik dengan Anda, lalu carilah desain website Anda sendiri yang mungkin memiliki navigasi sama simpelnya dan pengaturan konten yang mudah. Anda juga bisa melihat cara penggunaan warna, penempatan banner dan masih banyak lagi.
Apakah Anda sudah siap untuk membuat desain website yang cantik dan menarik? Kalau begitu, ayo praktek sekarang juga!

Artikel Menarik Lainnya :   6 Keuntungan Menarik Menjadi Blogger di Era Digital