Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan omset sebuah toko online. Jika kita sering terpaku untuk menggunakan teknik yang sama berulang kali, maka mungkin beberapa tips disini dapat Anda coba, bukan sekedar untuk variasi, tapi sebagai cara yang benar- benar dapat meningkatkan omset toko online Anda. Beberapa teknik dibawah ini bukan hanya membuat Anda kedatangan pembeli baru, namun juga dapat membuat pembeli lama melakukan repeat order dan semakin loyal kepada Anda. Mau coba? Mari kita simak bersama!

1. Diskon Terbatas untuk Toko Online Anda

Siapa sih yang tidak diskon? Percaya atau tidak, walau pun diskon bohong- bohongan marak, tapi trik ini memang tidak pernah basi. Tapi ya Saya sarankan untuk tidak memberi diskon bohong- bohongan, apalagi jika Toko Online Anda memiliki banyak pesaing serupa dengan harga yang tidak jauh berbeda. Tentu saja Anda berhak memberikan peraturan tertentu, seperti misalnya diskon berlaku hanya selamat 3 hari atau bisa juga diskon hanya terbatas untuk 100 pembeli pertama pada bulan April.  Anda juga mengembangkan ide kreatif diskon ini untuk orang- orang tertentu, misalnya diskon spesial 35% untuk pembeli yang berulang tahun pada hari pembelian. Nah, seru kan?

Eitss, sebelum Anda mencoba menggunakan teknik diskon terbatas ini, coba check list dulu point- point yang sebaiknya dipatuhi:
– Produk Anda berkualitas
– Kenali target market Anda, biasanya target market ini sangat baik untuk target pasar kelas menengah
– Pastikan teknik diskon ini diketahui pasar secara luas, karena semakin banyak orang yang mengetahui program diskon terbatas Anda, maka teknik ini akan semakin sukses

2. Program Dropship Terbatas, Affiliate dan Reseller

Dropship bukanlah sesuatu yang asing lagi di bisnis online sekarang. Bisnis dropship memang dikenal sangat menggiurkan, karena kita tidak perlu stok barang dan tidak butuh banyak modal, tapi tiba- tiba bisa ikut mereguk untung. Saking banyaknya orang yang mencari program dropship ini, maka peluang program dropship biasanya akan laris manis. Mengapa kita membuat program dropship terbatas? Tentu saja agar program yang kita buat terlihat menarik dan eksklusif, karena tidak semua orang memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan Anda. Dengan cara ini, maka banyak orang akan berebut untuk mendaftar menjadi Dropshipper Anda. Tapi ingat, untuk dapat memberikan program dropship yang terkesan eksklusif ini, sebaiknya Anda juga memastikan bahwa produk Anda cukup berkualitas.

Trik yang sejenis, adalah dengan trik reseller atau #affiliate. Dengan memiliki pasukan reseller dan affiliater maka Anda akan memiliki banyak tangan yang membantu pemasaran toko online Anda. Untuk menggunakan trik ini, pastikan Anda mempermudah siapapun untuk menjadi reseller dan affiliate toko online Anda. Anda juga dapat menggunakan fasilitas pendukung yang membantu mereka untuk lebih mudah menjual produk Anda.

Tidak harus memberikan produk fisik secara gratis jika menurut Anda hal in merugikan atau terlalu banyak mengurangi keuntungan. Untuk program produk gratis ini, Anda dapat memberikan layanan konsultasi gratis, panduan gratis atau e-Book edukatif secara gratis. Di dalam prinsip marketing, semakin banyak Anda memberi, maka semakin banyak pula Anda akan menerima. Hal ini juga sangat berlaku untuk produk yang dijual secara online. Dengan memberikan sesuatu yang gratis, ini calon konsumen akan merasa senang dengan Anda dan lama- lama penasaran dengan produk Anda dan membeli. Jadi bisa saja produk gratis ini adalah pancingan kita, agar konsumen tertarik untuk membeli produk utama kita nanti.

Dimana Kita Dapat Menyebarluaskan Program Jitu Toko Online kita?
*) Sosmed
*) BC BBM
*) Iklan Gratis & Berbayar
*) Forum

4. Menggunakan Strategi Upsell dan Paket Penjualan

Strategi Upsel adalah sebuah strategi dimana penjual meyakinkan pembeli untuk membeli  produk dengan paket yang lebih mahal yang terdiri dari pilihan produk yang lebih lengkap. Di  strategi ini, penjual seolah- olah menunjukkan bahwa dengan memilih paket produk tersebut, maka pembeli  mendapatkan lebih banyak manfaat produk dengan total harga yang jauh lebih murah.

Contoh penerapan strategi Upsell ini misalnya ketika Anda sedang makan di restaurant fast food seperti McDonald. Ketika Anda ingin memilih menu nasi dan ayam, maka restaurant tersebut menawarkan makanan dalam bentuk paket A, B,C, dan D. Jika Anda memilih nasi dan dada ayam secara terpisah maka Anda harus membayar Rp 16.000, maka dengan memilih paket A yang terdiri dari nasi, dada ayam dan minuman  soda Anda hanya harus  membayar Rp 20.000. Ketika Anda menyadari bahwa harga minuman tersebut Rp 7.000, maka Anda akan cenderung memilih paket A karena secara total akan menjadi lebih murah.

Artikel Menarik Lainnya :   8 Tips Meningkatkan Trafik Toko Online Anda

Strategi ini juga kerap digunakan oleh para internet marketer Indonesia dan internasional. Misalnya ketika mereka menjual eBook, maka mereka menawarkan dua jenis paket yang berbeda.  Paket pertama adalah paket penjualan biasa, sedangkan paket kedua adalah paket penjualan upsell dengan iming- iming tambahan produk lain yang dijual dalam paket hemat.

Anda juga dapat menyiapkan paket penjualan tanpa upsell. Disini maksudnya adalah Anda sengaja membagi produk yang Anda jual ke dalam beberapa paket untuk memudahkan pembeli menerapkan apa yang mereka butuhkan. Untuk penerapannya, biasanya dilakukan oleh toko online yang memiliki banyak produk. Pembagian produk seperti ini akan membuat konsumen mendapatkan apa yang diinginkan dengan harga yang cocok di kantong mereka.

Secara tidak langsung strategi ini memang dapat meningkatkan omset toko online Anda. Tidak percaya? Anda boleh membuktikannya sendiri.

5. Strategi Cross-Selling
Ada up-selling, ada juga cross-selling. Di dalam cross-selling, Anda akan menawarkan produk lain ketika pembeli sudah memilih produk tertentu. Di strategi ini, produk yang ditawarkan bisa berkaitan dengan produk yang dibeli, namun bisa juga tidak berkaitan sama sekali.
Dalam dunia offline, kita bisa dapat mengambil contoh dari yang waralaba Alfamart tawarkan. Ketika konsumen akan membayar produk yang dibelinya di kasir, maka si kasir tersebut tidak lupa untuk menawarkan pulsa atau produk lainnya kepada calon pembeli. Nah, mudah dipahami  kan?

Ketika Anda melakukan penjualan secara online, maka Anda dapat menggunakan strategi upselling ini dengan cara menambahkan widget produk yang terkait. Widget ini lah yang ketika Anda sedang berbelanja online kerap menawarkan produk lain dengan judul “Konsumen yang membeli X produk juga membeli produk berikut ini:”. Anda juga dapat menambahkan widget produk terlaris atau produk promo.

Dengan strategi ini, maka diharapkan orang yang telah membeli  produk tertentu juga melirik produk lain yang ditawarkan. Kalau hal seperti ini terjadi, maka sudah pasti dong omset toko online Anda naik juga? Coba dan buktikan ya.

6. Layanan Terbaik
Pernahkah Anda membeli di toko online, kemudian pas tanya- tanya harga jawabannya sangat simple, ketus dan terkesan tidak menghargai. Kemudian pas Anda sudah memastikan membeli, ternyata si pemilik online shop ini tidak sabaran dan menyuruh Anda cepat- cepat transfer, dan mengancam kalau tidak transfer nama Anda akan di black list? Byuh… byuhh… pasti nyebelin banget kan?

Memang,di dalam dunia toko online ini kita sering menemui customer yang menjengkelkan, tapi  ya.. kita harus bisa menghadapi mereka dengan sebaik- baiknya. Percaya lah bahwa memberikan pelayanan yang terbaik akan membuahkan hasil yang manis. Pembeli akan lari bila customer service toko Anda terlalu galak dan tidak ramah. Alhasil, lari ke toko sebelah deh.

Ketika Anda memiliki customer service untuk toko online, maka sebaiknya dia memenuhi syarat sebagai berikut:
*) Fast Response, artinya dapat melayani dengan cepat
*) Menguasai produk, sehingga dapat memberikan informasi yang tepat mengenai produk tersebut ke calon pembeli
*) Ramah dan sabar dalam menghadapi beragam jenis konsumen

7. Layout Toko Online Yang Menarik dan Responsive
Buat toko online Anda sederhana tapi cantik, menarik dan mudah diakses. Meskipun toko online Anda menjual banyak produk, sebaiknya  jangan terkesan terlalu ramai sampai- sampai jadi tidak enak untuk dilihat. Tetap bawa nuansa sederhana dan kemudahan untuk calon konsumen  Anda sehingga mereka tertarik untuk menjelajahi toko online Anda untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Jika toko online Anda hanya menjual sedikit produk atau hanya satu jenis, maka Anda dapat menggunakan konsep minisite. Didalam minisite  ini, biasanya hanya murni ada satu kolom template saja. Dengan konsep satu kolom template atau satu halaman ini, maka konsumen akan mudah membeli karena ia hanya fokus terhadap satu penawaran saja. Desain minimalis ini memang terbukti efektif menjual karena calon konsumen tidak teralihkan dengan teks atau hal lain yang biasanya banyak terlihat di sidebar ( distraction ). Tidak heran, desain seperti ini banyak dipakai oleh para internet marketer.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Menangani Komplain Pelanggan dengan Cerdas dan Tepat

Selain itu, perhatikan juga apakah layout desain toko online Anda responsive atau tidak. Ingat, semakin banyak pengakses internet kini mengakses kebutuhan mereka lewat smartphone. Dengan desain yang responsive, maka pembeli Anda dapat membeli di toko online Anda dengan sangat mudah.

8. Banner  Promosi
Sudah mencoba memberikan promo dan diskon habis- habisan tapi masih belum work? Cobalah dengan menggunakan banner promosi dan atur penempatan yang ideal. Mata manusia memiliki kecenderungan untuk melihat dari kiri atas, kanan atas, kanan bawah baru kiri bawah. Dengan logika tersebut, maka idealnya banner promosi diletakan di kiri atas atau kanan atas. Anda dapat memperhatikan desain toko online besar seperti Amazon, Ali Express dan juga Matahari Mall.

Lihat Gambar Berikut ini:

Apa kesamaan desain banner promoso toko online mereka?

9. Edukasi Calon Pembeli dengan Kelebihan dan Manfaat Produk Anda
Seringkali calon pembeli tidak mau membeli produk tertentu dengan harga mahal bukan karena tidak tertarik, melainkan tidak tahu kelebihan dan manfaat yang diperoleh dari produk tersebut. Maka dari itu, tunjukkan kelebihan produk Anda kepada calon pembeli. Anda dapat menulis daftar manfaat yang mereka peroleh. Dengan menyadari keunggulan sebuah produk, maka peluang konsumen untuk membeli akan menjadi lebih besar.

10. The Power of Sensational Offer

Sensational Offer atau penawaran sensasional adalah membuat penawaran yang membuat calon konsumen sulit untuk menolaknya. Calon pembeli akan merasa rugi jika dia tidak mengambil penawaran tersebut.

Bagaimana cara membuat penawaran sensasional ini? Menurut Tung Desem Waringin, konsep Sensational Offer dapat berpijak pada prinsip USP, yaitu
*) Ultimate Advantages: memberikan keunggulan terhadap produk sejenis yang beredar di pasaran
*) Sensational Offer: membuat penawaran yang menarik sehingga orang- orang berebut untuk memperoleh produk kita
*) Powerful Promise, yaitu janji yang benar- benar meyakinkan pembeli untuk membeli produk kita.

11. Tingkatkan Traffik Toko Online Anda
Meningkatkan traffik ini wajib jika Anda ingin memaksimalkan potensi toko online Anda. Dengan traffik yang lebih besar, maka calon pembeli yang datang akan lebih banyak dan konversi ke penjualan akan lebih besar lagi. Setuju kan?

12. Sebar Produk Secara Merata di Marketplace, Forum Jual Beli dan Social Media
Adalah kesalahan jika Anda hanya fokus dengan #website Anda saja dan melupakan teknik promosi di luar website itu sendiri. Seperti kata praktisi internet marketer, ayo buka cabang toko online dimana saja. Potensi toko online di Indonesia ini sangat besar mengingat jumlah penduduk yang sangat banyak dan juga gaya hidup konsumtif ala masyarakat Indonesia. Maka dari itu sebar produk Anda secara merata di Markeplace, Forum Jual Beli dan Social Media.

Marketplace:
*) Tokopedia
*) Bukalapak
*) Lazada
*) Mataharimall.com

Forum Jual Beli:
*) FJB Kaskus
*) FJB Kompas
*) FJB Detik

Social Media:
*) Facebook
*) Twitter
*) Instagram

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan media blog, YouTube, Line ( instant messaging ) dan juga BBM ( instant messaging )

13. Teknik Funneling dan Email Marketing
Teknik funneling berarti Anda mengumpulkan database terlebih dahulu, kemudian  merawat dan menumbuhkan database  tersebut agar percaya dengan Anda,sekaligus tertarik dengan produk Anda, dan kemudian  mulai menjual produk utama. Teknik funneling ini bisa dibilang seperti kita memancing di dalam kolam. Pertama- tama kita menaruh ikan, kemudian memberi makan ikan- ikan tersebut, lalu baru dipancing setelah cukup besar.

Teknik ini belakangan mulai banyak diterapkan oleh para internet marketer secara global. Ini seperti kita melakukan pendekatan terhadap calon pembeli dan membangun ikatan awal terlebih dahulu. Ketika calon pembeli mulai percaya dengan kita dan memperoleh manfaat yang kita berikan, maka peluang mereka untuk membeli akan semakin besar.

Artikel Menarik Lainnya :   SEO Tokopedia : Tips Mengoptimalkan Produk Anda Agar Tampil Teratas di Pencarian

Teknik ini bisa juga disebut sebagai pengembangan dari teknik email marketing. Dengan mengumpulkan alamat email calon customer, maka Anda dapat melancarkan strategi funneling Anda dengan manis.

Contoh penerapan teknik ini adalah sebagai berikut:
1. Anda memiliki website jasa Facebook Ads
2. Anda menawarkan eBook Facebook Ads gratis untuk pemula, dengan cara memasukkan alamat email mereka ke dalam list subscriber Anda
3. Setelah mereka memasukkan alamat email mereka, maka Anda mengirimkan ebook yang dijanjikan tersebut.
4. Selanjutnya secara rutin Anda mengirim email berisi panduan gratis, tutorial gratis dan ebookk gratis lainnya ke email mereka
5. Setelah berapa saat, timbul trust atau kepercayaan dari pembeli kepada Anda
6. Anda mulai menjual produk utama Anda kepada calon pembeli yang memiliki trust kepada Anda
7. Karena sudah memiliki unsur trust kepada Anda, pembeli akhirnya membeli produk Anda, meskipun harganya mahal

Yang perlu diingat, ketika Anda mengirimkan eBook gratis atau panduan gratis tersebut, jangan mengabaikan kualitas. Justru disinilah Anda harus memberitahu calon konsumen, ‘nah ebook Saya berkualitas kan. Kalau yang gratis aja isinya kayak gini, gimana yang premium nanti ya, pasti lebih  gurih’

Seperti pengalaman Saya beberapa tahun yang lalu, ketika Saya mengikuti orang yang melakukan teknik ini dan mendapatkan sebuah eBook gratis. eBook yang Saya terima ini terlihat betul dibuat seadanya, miskin kualitas dan tips yang sama sekali tidak up to date dan bisa ditemukan dimana- mana. Dalam hati Saya Cuma bilang, ‘ye elah…. Gini doang? Udah? Gue juga bisa buat kalau gini doang mah”. Karena Saya merasa si pembuat eBook ini tidak niat dan hanya mau untung saja, Saya akhirnya subscribe saat itu juga. Nah lho… jangan sampai ini terjadi pada Anda ya!

Anda juga dapat menggunakan teknik ini dengan berbagi tips dan juga memberkan voucher belanja, persis seperti yang dilakukan toko online Zalora dan Elevenia. Prinsip yang dianut dalam marketing funneling ini adalah semakin banyak Anda memberi, maka semakin banyak Anda menerima. Tentunya memberinya jangan setengah- setengah ya.

14. Iklan Gratis
Ada banyak iklan gratis yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan produk Anda secara luas di internet. Untuk dapat menggunakan jasa ini, Anda biasanya tinggal menyiapkan materi promosi Anda, foto produk dan juga link website. Anda dapat menemukan banyak iklan baris gratis dan iklan twitter gratis di internet, jadi, silahkan berpetualang ya. Dengan konsisten menyebarkan informasi produk Anda, maka dijamin omset toko online Anda pasti mengalami kenaikan yang signifikan dari waktu ke waktu.

15. Iklan Berbayar
Sesuatu yang berbayar akan memberikan  hasil yang signifikan untuk toko online Anda. Saya sendiri telah membuktikannya dengan beriklan di Facebook ( Facebook Ads ) beberapa waktu yang lalu. Hanya dalam satu kali percobaan saja, hasil yang Saya peroleh bisa 300-500% dari penjualan Saya biasanya. Widihhh… keren ya! Omset toko online Saya waktu itu betul- betul langsung melesat.

Iklan berbayar apa saja yang biasa digunakan para Online Shopper?? Media beriklan sebenarnya ada banyak, hanya saja yang terbaik saat ini masih dipegang oleh Facebook Ads dan juga Google Adwords. Mungkin boleh mencoba kedua platform beriklan ini sebelum mencoba media iklan lain untuk toko online Anda.

Last word: Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk membesarkan dan meningkatkan omset toko online Anda. Anda tidak harus menggunakan semua teknik di atas. Anda dapat melakukan beragam percobaan,dan menggunakan beberapa atau semua teknik tersebut untuk mengembangkan toko online Anda. Jika Anda merasa beberapa teknik saja yang Anda butuhkan, maka Anda dapat fokus di metode tersebut.

Kepanjangan kah artikelnya? ^_^
Semoga artikel seputar toko online ini bermanfaat untuk teman- teman semua. Terimakasih sudah membaca artikel kami.