Type to search

SEO

Cara Membuat Struktur URL Permalink SEO Friendly untuk WordPress

Share
Cara membuat struktur URL SEO Friendly

Saat kita mulai melakukan optimasi SEO On-Page, struktur URL atau permalink tentu menjadi salah satu point penting yang wajib untuk kita perhatikan. Dengan URL permalink yang SEO friendly, maka konten kita pun akan tampil dengan performa yang lebih baik di mesin pencari dibandingkan jika menggunakan struktur URL asal- asalan.

Namun, tidak sedikit pemilik website yang kadang melupakan hal ini. Padahal, membuat struktur permalink SEO friendly ini cukup mudah dilakukan. Dalam satu kali setting, kita sudah bisa mendapatkan URL SEO friendly yang siap bersaing di mesin pencari.

 

Pengertian URL

URL atau Uniform Resource Locator adalah rangkaian karakter dalam sebuah format standar tertentu. Di internet, URL adalh salah satu perkembangan sejarah internet yang fenomenal dan digunakan sebagai petunjuk alamat sebuah sumber, seperti dokumen dan gambar. Dalam definisi yang lebih sederhana, URL adalah alamat sebuah file atau gambar di internet.

URL pertamakali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar para penulis dokumen bisa merujuk pranala ke World Wide Web (www). Konsep URL semakin dikembangkan sejak tahun 1994 dan kini digunakan secara luas.

 

Contoh URL yang Baik vs URL Tidak Baik

Untuk pemula, lebih mudah memahami URL dengan melihat contohnya secara langsung.

Artikel Menarik Lainnya :   9 Tips SEO yang Wajib Diterapkan oleh Pemilik Website eCommerce

Contoh :
https://www.pandagila.com  adalah URL homepage dari website Panda Gila.

Setelah mengetahui contoh URL, kini saatnya mengetahui mana jenis URL yang baik dan tidak baik untuk sebuah website. Berikut ini adalah beberapa contoh URL baik vs tidak baik :

Lihat Gambar :

Contoh 2 URL Baik vs Tidak Baik
Contoh URL Baik vs Tidak Baik

 

Ciri- ciri URL yang Baik

Sebenarnya cukup mudah untuk membedakan mana jenis URL yang baik dan tidak baik. Saat melihat URL yang baik, Anda seolah- olah sudah mengetahui konten apa yang dimuat dalam URL tersebut. Sedangkan URL yang kurang baik terlihat kurang meyakinkan dan membuat Anda merasa ragu- ragu dalam mengaksesnya. Dan perlu diingat, baik tidaknya struktur URL ini cukup menentukan posisi sebuah website di mesin pencari.

MOZ sendiri mengungkap seperti apa praktik terbaik penggunaan URL yang SEO friendly untuk website, yaitu dengan penempatan sbb :

Contoh struktur URL yang baik versi Moz
Sederhananya, URL sebuah konten website disarankan untuk sesederhana mungkin dan mudah diingat. Jangan lupa juga untuk menyisipkan keyword di setiap URL konten kita. Misalnya saja untuk halaman yang Anda baca ini dalah https://www.pandagila.com/struktur-url-seo-friendly. Cukup sederhana dan mudah diingat, bukan?

Artikel Menarik Lainnya :   Lindungi Website Anda dari Negative SEO dengan Cara Ini

 

Cara Membuat URL SEO Friendly di WordPress

Setting URL permalink wajib dilakukan dengan baik dan benar di awal pembuatan website. Setelah Anda menginstall WordPress di hosting Anda, dan siap untuk mengatur permalink, maka Anda dapat mengikuti step by step berikut ini :

  1. Masuk ke dashboard admin di situs web WordPress Anda
  2. Masuk ke Setting >> Permalinks
  3. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih struktur URL yang akan Anda gunakan dalam situs web Anda. Struktur yang disarankan untuk membantu URL SEO friendly adalah setting permalink dengan tipe ‘Post name’, yang menghasilkan alamat URL SEO Friendly “namawebanda.com/judul-post”
  4. Klik ‘Save’, dan selesai!

 

Di opsi terakhir, ada pilihan untuk membuat URL custom. TIdak disarankan, namun jika Anda mempunyai kebutuhan untuk mencobanya, Anda bisa menggunakannya dengan tambahan kode berikut di struktur permalink Anda :

  • %Year% : menandakan tahun di URL postingan Anda, misalnya 2018
  • %Monthnum% : menandakan bulan di URL postingan Anda, misalnya 03
  • %Day% : menandakan hari di URL postingan, contoh 28
  • %Hour% : menandakan jam di URL postingan, misalnya 17
  • %Post_id% : memberikan ID postingan di setiap struktur URL
  • %Postname% : menambahkan judul menjadi url postingan, misalnya pandagila.com/pelanggaran-facebook-ads
Artikel Menarik Lainnya :   8 Mitos SEO Keliru yang Kerap Dipercaya Para Blogger

 

Mengedit URL berformat %Postname% di Judul Artikel yang Panjang

Salah satu hal yang lumrah kita temui saat membuat artikel adalah adanya judul yang panjang. Saat menggunakan struktur URL %postname% ini, tentu saja hasilnya akan bertentangan dengan SEO friendly yang kita inginkan.

Lihat Gambar :

Cara edit URL permalink di artikel WordPress

Namun jangan khawatir karena Anda dapat mengubahnya dengan mudah dan cepat dengan cara meng-update susunan kata di halaman editing post. Editing susunan kata dapat Anda gunakan untuk meringkas kata- kata yang ingin ditonjolkan dalam artikel, sekaligus mempertajam artikel dengan menaruh keyword utama di URL. Sangat mudah sekali, bukan?

 

Resume : Quick Tips Membuat URL SEO Friendly

  1. Buat URL dengan struktur %postname% di Setting>>Permalink WordPress.
  2. Gunakan kata yang deskriptif (menjelaskan isi konten Anda), singkat, dan jelas.
  3. Masukkan keyword yang dibidik sesuai dengan artikel yang dibuat.
  4. Hindari typo atau salah menulis ejaan kata.
  5. Hindari menambahkan huruf atau karakter yang tidak diperlukan.
  6. Hindari mengganti alamat URL setelah konten dipublikasikan karena dapat meninggalkan broken link yang tidak baik untuk SEO website Anda.Selamat mencoba!

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.