Pembahasan topik SEO Lokal ini mengingatkan Saya pada seorang teman yang bekerja di perusahaan yang menjual printer kartu ( printer khusus yang digunakan untuk mencetak kartu membership ). Kebetulan saat itu kantor saudara Saya sedang mencari penjual printer kartu di kota Semarang via Google. Sebenarnya saudara sudah pernah mencari produk ini beberapa waktu yang lalu. Namun entah kenapa baru kali ini saudara berjumpa dengan halaman website tersebut di Google.

Setelah itu, saudara pun banyak ngobrol dengan salah satu petugas yang memberi demo printer kartu tersebut. Saudara Saya bercerita kalau dia sebenarnya dari dulu ingin mencari printer kartu ini secara online, tapi baru sekarang bertemu dengan yang di Semarang. Saudara pun bertanya apakah perusahaan tersebut baru. Baru deh kemudian seorang petugas bahwa perusahaan mereka sudah berdiri cukup lama di Semarang. Mungkin sudah sekitar sepuluh tahun, hanya saja memang baru kali ini mulai banyak orderan via online. Menurutnya, salah satu penyebabnya karena dulu perusahaan merreka belum melakukan strategi SEO lokal yang cukup ampuh.

 

Nah, dari contoh ini saja Saya yakin pembaca sudah bisa menebak bahwa strategi SEO lokal ini memang sangat bagus untuk menggedor daya jual sebuah produk atau mempopulerkan sebuah bisnis, terutama di rumahnya sendiri. Jika Anda memiliki sebuah bisnis di kawasan atau wilayah tertentu, maka manfaatkanlah SEO lokal untuk mendekatkan diri Anda kepada calon pembeli, khususnya di wilayah Anda sendiri.

Apa itu SEO Lokal?

SEO Lokal atau Local SEO adalah bentuk optimasi website bisnis Anda di mesin pencari untuk pencarian lokal. Pencarian lokal disini artinyaadalah pencarian yang dilakukan dengan menggunakan kata kunci wilayah geografis atau nama daerah tertentu. Misalnya ketika Anda hendak berpergian ke kota Bandung, maka Anda akan mencoba riset kecil- kecil untuk rencana piknik Anda dengan mencari informasi di Google dengan kata kunci ‘hotel murah di Bali’, ‘oleh- oleh di Bali’ dan sebagainya.

Kapan optimasi SEO lokal begitu kita butuhkan? Jika bisnis Anda mengincar pasar tertentu atau sebagian besar pembeli Anda hanya berasal dari wilayah sekitar, maka optimasi SEO lokal ini sangat diperlukan. Misalnya Anda adalah pemilik kursus musik di kota Semarang dan Anda melakukan SEO lokal dengan tepat, maka ketika seseorang sedang mencari informasi kursus musik di kota Semarang, mereka memperoleh referensi tentang kursus musik yang Anda kelola, lengkap dengan alamat, no telepon, review dan foto di hasil pencarian di Google. Apa yang akan terjadi? Kursus musik Anda akan cepat populer dan semakin banyak menjaring calon klien. Pasti mau kan hal ini terjadi pada bisnis Anda?

Langkah- langkah Melakukan Optimasi SEO Lokal

Apakah strategi SEO lokal berbeda dengan strategi SEO yang kita kenal selama ini? Tidak juga sebenarnya. Secara umum, strategi SEO yang kita lakukan sesuai panduan webmaster berlakujuga untuk SEO Lokal. Namun, tentu saja tetap ada beberapa perbedaan dan optimasi tambahan untuk optimasi yang mengincar target market lokal.

Artikel Menarik Lainnya :   Peluang Bisnis yang Berpotensi Untung Besar di 2016

Untuk dapat melakukan optimasi SEO Lokal, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:
1. SEO On-Page Lokal
Di dalam SEO Lokal, wilayah geografis memegang peranan penting. Untuk mengincar pasar lokal, Anda dapat memasukkan wilayah yang menjadi target Anda untuk menjadi kata kunci yang ditargetkan. Sisipkan kata kunci wilayah tersebut dalam judul dan meta description website Anda. Jika dirasa perlu dan memungkinkan, Anda juga dapat menambahkah keyword geografis tersebut pada URL dan konten.

Selanjutnya, Anda tentu juga harus menyertakan nama bisnis, deskripsi bisnis, nomor telepon ( dan kontak lainnya ) dan alamat di setiap halaman website. Agar dapat muncul secara otomatis, maka Anda dapat menempatkan identitas website Anda tersebut di bagian footer website atau di bagian atas ( lebih baik dan lebih terlihat ), tanpa mengganggu fungsi website atau mengurangi kenyamanan pengunjung website Anda.

 

2. Website Responsive
Apa pentingnya memiliki website yang responsive? Sejak era mobil-geddon dimulai, memiliki website dengan desain yang responsive bisa dibilang wajib hukumnya. Meskipun di Indonesia pengakses internet browser masih menyukai via desktop, tapi kenyataannya, pencarian lokal lebih banyak dilakukan dari perangkat mobile ( smartphone dan tablet ) dengan persentase sebesar 80%.

Dengan persentase pengakses mobile yang besar ini, maka wajar saja jika Google memprioritaskan website yang mobile-friendly. Jadi, jika website Anda belum SEO Friendly, Anda dapat melakukan beberapa pengaturan dan improvisasi agar desain website Anda menjadi responsive.

3. Mendaftarkan Bisnis Anda di Google My Business ( Google Bisnisku )
Google My Business atau Google Bisnisku merupakan salah satu layanan Google yang mempermudah pemilik bisnis ditemukan di halaman utama hasil pencarian Google. Dengan mendaftarkan bisnis Anda di Google My Business, maka bisnis Anda, alamat, kontak, foto dan review seputarAnda akan muncul di SERP Google.

Lihat Gambar :
google bisnis ku, google my business, SEO Lokal

Ilustrasi Gambar: Flickr

4. Daftarkan Bisnis Anda di Listing dan Direktori Bisnis Lainnya di Internet
Tidak cukup hanya dengan mendaftar di Google My Business saja, untuk strategi optimasi lokal, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk mendaftarkan bisnis Anda di beberagai listing dan direktori populer yang relevan di dunia internet. Semakin banyak informasi bisnis Anda tersebar di berbagai listing, maka Anda akan semakin menjangkau lebih banyak calon pembeli, dan semakin baik langkah optimasi lokal yang Anda lakukan.

Dimana saja Anda dapat mendaftarkan usaha Anda? Anda mungkin dapat mencoba Yellow Pages, Foursquare.com,Urbanesia dan lain- lain.

Artikel Menarik Lainnya :   Bisnis Online Tanpa Produk: Dropship, Reseller, Afiliasi, atau Joint Venture?

5. Social Media
Media sosial tidak diragukan lagi memiliki peranan yang penting untuk strategi SEO lokal sebuah website. Mulai dari Facebook, Twitter dan juga Instagram adalah social media yang dapat menyedot perhatian calon pembeli datang ke bisnis Anda. Di Facebook, Anda dapat dengan mudah membuat halaman/ fanspage khusus bisnis Anda. Semakin jeli Anda memaksimalkan social media, maka semakin besar peluang bisnsi Anda untuk bersinar dan berkembang.

6. Iklan yang Tertarget
Untuk iklan yang tertarget, Anda dapat melakukannya dengan beriklan di Google Adwords atau beriklan di Facebook ( Facebook Ads ). Google Adwords dikenal sebagai media iklan Google yang sangat efektif untuk menjaring calon pembeli sesuai dengan peta geografis yang Anda inginkan

Facebook Ads pun tidak kalah baiknya dengan Google Adwords. Anda dapat melakukan kampanye iklan sesuai dengan peta geografis, usia, user interest dan lain- lain. Memang untuk beriklan ini berarti Anda harus mengeluarkan biaya. Namun, jika Anda memahami bahwa biaya iklan ini pada akhirnya akan memaksimalkan SEO lokal Anda sekaligus melipatgandakan omset bisnis Anda, maka Anda akan meralat nya menjadi ‘investasi’.

7. Membuat Blog untuk Bisnis
Jika Anda memiliki usaha travel agent, maka buatlah blog berkualitas dan informatif untuk pembaca yang berkaitan dengan dunia travel dan tempat wisata. Jika usaha Anda adalah jasa SEO atau web developer, buatlah blog yang membahas secara mendalam tentang SEO dan internet marketing. Salah satu keuntungan membuat blog yang sesuai dengan bisnis Anda akan membantu meningkatkan otoritas website Anda dan visibilitas di hasil pencarian Google. Otoritas ini sendiri adalah upaya branding yang dapat meningkatkan strategi SEO lokal Anda di mata mesin pencari dan juga calon pembeli.

8. Meminta Orang untuk Melakukan Review Terhadap Bisnis Anda
Percaya lah, review merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan rate closing klien di bisnis yang Anda jalankan. Para praktisi internet marketing pun percaya bahwa ulasan bisnis atau review adalah salah satu strategi efektif untuk meningkatkan nilai SEO sebuah web bisnis.

Bagaimana caranya untuk mendapatkan review ini? Anda dapat menghubungi pemilik blog untuk me- review blog Anda atau dengan mendaftarkan bisnis Anda di Google My Business, Urbanesia, Yellowpages, Facebook, Yelp atau Foursquare. Meminta orang untuk me- review di blog Anda, selainkan meningkatkan otoritas website bisnis Anda juga dapat menyumbang trafik langsung yang lumayan untuk website Anda.

review, rating

Ilustrasi Gambar: Pixabay

Cara kedua, dengan mendaftarkan website Anda di listing, directory atau social media, rating akan diberikan kepada pelanggan yang puas terhadap bisnis Anda. Jika usaha Anda menawarkan sesuatu yang berkualitas dan pelanggan puas, tentu mereka tidak akan sungkan untuk memberikan review postiif kepada Anda. Untuk review tipe kedua ini memang agak sulit, dan kemungkinan ini akan Anda peroleh setelah bisnis Anda berjalan lumayan lama ( kecuali untuk review dari social media ).

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mengubah Akun Instagram dari Profil Pribadi menjadi Profil Bisnis

9. Memberikan Kupon Diskon atau Mengadakan Lomba Berhadiah
Sering melihat lomba kecil- kecilan di social media yang hadiahnya mendapatkan produk tertentu secara gratis? Meskipun bisa dibilang ini hanya konteskecil- kecilan, nyatanya mesin pencari sangat memperhitungkan aktivitas yang terjadi di sebuah halaman pengguna media sosial. Sebuah bisnis yang ramai dibicarakan di media sosial akan mampu mendongkrak rangking website bisnis brand tersebut di hasil pencarian. Bisa dibilang, strategi ini juga cukup berkontribusi untuk optimasi SEO lokal Anda.

10. Membuat Aplikasi Mobile untuk Bisnis Anda
Para pelaku bisnis memang kini sedang gencar- gencarnya untuk membuat aplikasi mobile yang mempermudah calon pembeli untuk mengakses bisnis mereka. Memang ini agak ribet dan memakan budget yang tidak sedikit. Namun jika bisnis Anda sudah cukup besar, Anda dapat mempertimbangkan aplikasi mobile ( Android dan IOS ) ini untuk membuat bisnis Anda semakin besar dan perkasa.

11. Meningkatkan Backlink Berkualitas untuk Situs Bisnis Anda
Sama seperti strategi optimasi SEO pada umumnya, setelah melakukan serangkaian srategi On-Page, beriklan dan social media, Anda juga perlu meningkatkan backlink berkualitas yang mengarah ke website Anda.

Faktor- faktor yang Mempengaruhi SEO Lokal

Faktor- faktor yang dimaksud disini sebenarnya sudah kita bahas secara panjang lebar di paragraf sebelumnya. Jadi, disini Saya hanya membeberkan persentase faktor yang mempengaruhi SEO Lokal tersebut seperti yang dikutip dalam Moz.com :

*) My Business Signals 14,7% : kategori bisnis, kata kunci di judul bisnis, kedekatan/ jangkauan, dan lain- lain
*) External Loc. Signals 13,6% : IYP ( kepanjangan dari Internet YellowPages ), identitas bisnis ( nama bisnis, alamat,nomor kontak/ NAP, kepanjangan dari Name, Address, Phone )
*) On-Page Signals 20,3% : NAP/ identitas bisnis, kata kunci di Title, domain authority, dll )
*) Link Signals 20,0% : anchor text inbound link, authority link domain, kualitas backlink, dll
*) Review Signals 8,4% : kualitas, kecepatan dan keragaman review
*) Social Signals 5% : Google+ Authority, Facebook likes, Twitter followers, dll
*) Behavioral/ Mob. Signals 9,5% : aktivitas sosial, seperti CTR ( click-through rate ), mobile clicks to call, ramainya aktivitas di media sosial Anda, dll
*) Personalization 8,5%

Wah, ternyata bisa sepanjang ini ya pembahasan mengenal SEO Lokal ini? Mudah- mudahan artikel yang Saya tulis dengan sepenuh hati ini dapat bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih sudah membaca sampai ujung postingan ini.