Secara global, bisnis online berbasis ecommerce memasuki trend yang menggila beberapa tahun terakhir ini. Bukan hanya untuk kalangan pemiliki startup besar saja, pebisnis pemula pun banyak yang sudah meraih untung dan mendapatkan kenaikan profit yang signifikan.

Dipicu oleh perubahan perilaku masyarakat yang kini semakin gemar berbelanja online karena dimanjakan dengan berbagai kemudahan dan iming- iming diskon, angka rata- rata penjualan online memang mengalami kenaikan yang cukup bagus. Trend bagus ini akan semakin berlanjut seiring dengan semakin gencarnya startup marketplace dan belanja online dalam mempromosikan produk mereka. Tentu saja Anda tidak ingin hanya menjadi penonton saja, bukan?

Agar tidak ketinggalan terlalu jauh dari peta kompetisi bisnis ecommerce, tentu saja Anda wajib menyusun strategi baru dan amunisi kekuatan untuk memaksimalkan kinerja bisnis Anda di pasaran. Marketnya sih sudah siap untuk digarap, jadi semua tinggal pada strategi Anda dalam meluncur ke market tersebut. Masih belum memikirkan strategi yang tepat? Boleh coba tips gratis ini 🙂

1. Interface yang Elegant dan Nyaman untuk Pengunjung Toko Online

Sudah cukup cepatkah loading website Anda? Sudah nyamankah toko online Anda untuk dinikmati pengunjung yang ingin berbelanja? Sudah mudah kan pengunjung Anda untuk berbelanja, menyelesaikan order dan melakukan konfirmasi pembayaran?

Masalah tampilan, kemudahan bertransaksi dan web loading tidak boleh disepelekan. Pebisnis online wajib menyadari bahwa kesan pertama adalah sangat penting. Jika kesan pertama saja sudah tidak nyaman, misalnya website Anda terlalu berat dan tidak nyaman untuk diakses, maka hanya dalam hitungan detik –bahkan ketika website Anda belum terbuka secara sempurna-, maka pengunjung akan memilih meninggalkan toko Anda dan berlari ke kompetitor. Padahal belum tentu competitor memiliki kualitas produk yang lebih baik dari Anda, bukan?

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi Menghadapi Toko Online yang Sepi dan Menurun Omsetnya

Sebaliknya, dengan layout yang manis dan cepat, pengunjung dapat jatuh cinta dalam sekejap terhadap website Anda. Kalau sudah jatuh cinta, tinggal mereka melihat produk Anda dan menjelejah lebih jauh. Jadi, apa saja hal utama yang wajib dipertimbangkan?
*) Desain elegan
*) Navigasi Mudah
*) Proses Order yang Mudah
*) Web loading cepat
*) Nama toko online mudah diingat
Setelah melakukan check list data diatas, Anda dapat masuk ke langkah selanjutnya.

2. Banner Promosi atau Diskon

Anda dapat mencontoh MatahariMall.com, Lazada.com atau Elevenia.com, yang ketiganya menaruh banner promosi berisikan informasi singkat tentang produk- produk yang sedang promo atau memiliki diskon khusus. Selain toko online besar ini, banyak juga toko online menengah yang menerapkan trik yang sama untuk menarik perhatian calon pembeli. Buatlah banner promosi Anda terlihat hidup dengan paduan warna yang cerah, atau slider yang berputar otomatis, dan yakin kan calon pembeli dengan copywriting yang ciamik bahwa mereka benar- benar untung dengan penawaran yang Anda berikan.

Contoh banner promosi Mataharimall.com:
matahari mall, banner, promosi, layout

3. Ide dan Gagasan Kreatif untuk Produk Anda

Sesekali cobalah melakukan eksperimen terhadap niche produk yang Anda kelola. Misalnya Anda berjualan tas import, maka sesekali kombinasikan dengan tas rajut lokal atau tas batik dengan kualitas yang sangat baik. Selain menyisipkan variant produk yang berbeda, Anda juga dapat menjadi kreatif dalam hal packaging atau paket pengiriman ke pelanggan. Intinya, ciptakan beberapa ide menarik dan gagasan unik seputar produk Anda untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan tidak terpikirkan oleh kompetitor Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengenal Jenis- Jenis Pembeli dan Trik Marketing untuk Masing- Masing Kategori

4. Bangun Authority dan Branding Situs Bisnis Anda

Semakin populer situs bisnis Anda, ini akan semakin baik untuk proses branding toko online Anda. Untuk membangun authority ini memang tidak dapat dilakukan secara instant, melainkan harus bertahap dan tidak buru- buru. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun authority ini adalah dengan memaksimalkan strategi SEO untuk web bisnis Anda, beriklan dan juga melalui review.

5. Bangun Followers di Media Sosial
The power of social media semakin kentara efeknya dari waktu ke waktu. Penggunaan sosial media untuk bisnis online semakin meledak di tahun 2015, dan tentu saja atmosfir nya masih sama di 2016 ini. Trend yang sedang berkembang saat ini, Facebook dan Instagram merupakan dua media yang paling digemari untuk berjualan secara online. Garap lah kedua sosial media ini dengan serius dan pasti profit toko online Anda akan mengalami peningkatan tajam nanti.

Artikel Menarik Lainnya :   10 Toko Online Indonesia yang Paling Populer dan Sering Dikunjungi

6. Maksimalkan Halaman Profil untuk Engangement
Halaman profil seperti ‘About Us’ merupakan salah satu halaman yang paling menarik untuk pengunjung. Di bagian ini lah pengunjung mencari tahu informasi tentang website Anda ketika mereka merasa ragu untuk membeli. Jika Anda sudah menyusun halaman profil dengan sebaik- baiknya, maka calon pembeli yang ragu tadi akan mendapatkan pencerahan dan yakin untuk berbelanja di toko online Anda.

7. Mengatur Budget untuk Iklan
Beriklan berarti Anda sedang melakukan investasi untuk mendongkrak penjualan toko online Anda. Dengan beriklan, produk Anda akan dijangkau oleh lebih banyak orang sehingga konversi penjualan dapat meningkat dengan tajam. Memang Anda berarti harus menyisihkan sedikit budget untuk melakukan strategi ini, tapi…jika hasil yang Anda inginkan benar- benar maksimal, bukankah ini investasi yang sangat menguntungkan?

Pengalaman Saya dalam beriklan memberi tahu Saya bahwa budget yang Saya keluarkan bukanlah ‘cost’ ( biaya ), melainkan investasi. Saya pernah mencoba Facebook Ads waktu itu, dan hasilnya penjualan meningkat lebih dari 300%. Widihhhh…. Bikin ngiler dan ketagihan ngiklan ini ^_^. Untuk beriklan, dua platform yang paling Saya sarankan adalah Facebook dan Google Adwords.

Berani mendapatkan omset berlipatganda dari tahun sebelumnya? Maka terapkanlah tips diatas untuk memaksimalkan profit toko online Anda. Terimakasih sudah membaca.