Sebagai pelaku bisnis online, tentu Anda sependapat kalau membangun branding itu mempunyai peranan yang sangat penting sebagai fondasi sebuah bisnis. Branding bisa dilakukan dengan berbagai cara. Di era digital ini, branding semakin populer dilakukan lewat media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

Dengan berbagai fitur pendukungnya, Instagram telah menjelma  menjadi media sosial yang punya efek luar biasa untuk branding sebuah bisnis. Forrester Research sendiri pernah melakukan sebuah study yang hasilnya menyatakan bahwa #Instagram adalah media sosial terbaik untuk para pebisnis yang ingin meningkatkan interaksi dengan pelanggan mereka.

Cara Membangun Branding Bisnis Melalui Fitur Video di Instagram

Semakin banyak brand ternama yang memanfaatkan fitur video di Instagram dengan cara sekreatif mungkin. Mereka menyadari bahwa fitur video ini bisa meningkatkan engagement brand mereka dengan audience puluhan kali lipat dibandingkan dengan foto biasa.

Anda tertarik untuk memanfaatkan fitur video Instagram untuk membangun branding bisnis Anda juga? Simaklah beberapa tips sederhana ini :

1. Pilih Gambar Thumbnail yang Unik dan Menarik
Pemilihan thumbnail atau cover video yang baik akan menjadi impresi awal yang memancing ketertarikan dan rasa ingin tahu Strategi Brandingpengguna Instagram. Biar bagaimana pun, kesan pertama memang harus menggoda. Anda bisa memasang salah satu potongan scene dari video yang menurut Anda paling menarik dan mengundan rasa penasaran pembaca. Jika tidak ada, Anda bisa menambahkan gambar lain yang cocok untuk dijadikan sebagai halaman depan video kita.

Artikel Menarik Lainnya :   9 Tips SEO yang Wajib Diterapkan oleh Pemilik Website eCommerce

2. Pertimbangkan Penggunaan Audio
Video dengan konsep audio visual dianggap pengguna Instagram sebagai konten yang lebih menarik dibandingkan dengan video yang hanya berkonsep visual. Anda tidak harus repot menciptakan audio sendiri atau membeli audio dari pihak ketiga. Anda juga bisa mendapatkan free royalty music dengan mendownloadnya secara gratis di situs penyedia audio gratis.

3. Lakukan Editing Sederhana
Anda tidak harus expert dalam meng- edit video. Namun, proses editing sederhana yang Anda lakukan akan membuat video 15 detik Anda menjadi video branding yang jauh lebih menakjubkan lagi. Kabar baiknya lagi, ada banyak tool video editing gratisan yang bisa Anda gunakan tanpa memerlukan skill khusus.

4. Pentingnya Angle yang Baik untuk Video Anda
Angle tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang gemar berfoto selfie. Membangun branding sekalipun melalui video, membutuhkan angle terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal. Jika kita ingin memperkenalkan produk kita dalam sebuah video, pastikan foto produk kita mendapatkan eksposur yang baik dari segi angle dan pencahayaan agar video yang dihasilkan semakin berkualitas.

Artikel Menarik Lainnya :   21 Manfaat dan Fungsi Website untuk Brand, Perusahaan, dan Bisnis

5. Gunakan Filter Seperlunya
Jangan lupa, Instagram sendiri menawarkan banyak filter dan efek yang membuat video unggahan kita tampil lebih menarik untuk user. Jangan gengsi untuk menggunakan filter gratisan ala Instagram, karena jika jeli memilih, hasilnya malah bisa semakin mengesankan. Namun yang perlu diingat, jangan berlebihan dalam menggunakan filter ini. Untuk menampilkan video yang seragam di konten Instagram Anda, disarankan Anda hanya menggunakan satu jenis filter saja.

6. Jangan Abaikan Penggunaan Caption
Bukan hanya konten video, caption yang menarik juga sama pentingnya. Jangan sampai konten video yang Anda sampaikan gagal ditangkap hanya karena caption yang apa adanya. Selain itu, caption juga meningkatkan rasa ingin tahu user untuk menyaksikan video yang Anda unggah hingga selesai.

7. Gunakan Hashtag yagn Sesuai
Rasanya akan sia- sia jika Anda sudah bersusah payah memproduksi video branding yang bagus, tapi tidak menambahkan hashtag yang sesuai. Padahal hashtag punya peranan yang sangat vital di Instagram untuk mempermudah pencarian di Instagram. Untuk mendapatkan hashtag yang sesuai, Anda juga bisa melakukan riset kecil- kecilan agar hasil yang Anda dapatkan semakin optimal.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Toko Online: Jenis Produk yang Dapat Dijual Secara Online

8. Manfaatkan fitur Share di Instagram
Membagikan konten Instagram Anda tentu membuat video branding Anda tampil di lebih banyak di calon konsumen potensial. Untuk membagikan konten Anda, klik tiga titik di kanan atas, lalu pilih ‘Bagikan’.Shout branding Anda

9. Maksimalkan dengan Pemasaran Gratis
Pemasaran gratis? Siapa lagi kalau bukan dengan orang- orang terdekat kita. Sebelum memperkenalkan branding kita ke pasar yang lebih luas, tidak ada salahnya membagikan konten kita ke orang- orang terdekat terlebih dahulu. Ajak mereka untuk memberikan pendapat mereka tentang konsep branding yang Anda bangun. Selain memberikan masukan, ajak mereka untuk ikut membagikan konten branding Anda.

 

Eksplore Juga Strategi Branding Lainnya…

Selain 9 cara di atas, Anda juga bisa memaksimalkan branding di Insatgram melalui tips lainnya yang sudah pernah dibahas. Misalnya dengan SFS, Brand Endorsement atau Paid to Promote. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun branding Anda.

 

Jangan Lupa Evaluasi Strategi Branding Anda Secara Berkala

Strategi sebaik apapun, penting sekali untuk melakukan evaluasi, Dengan evaluasi, Anda akan bisa mengukur apakah strategi yang Anda lakukan ini sudah berhasil, atau perlu dioptimalkan kembali. Selamat mencoba!