Saking pentingnya Facebook untuk bisnis, kini hampir semua bisnis, blogger dan brand memiliki sebuah fanpage Facebook. Dengan fanpage, maka pemilik bisnis dapat terhubung dengan mudah dengan fan atau basis penggemar mereka. Bukan rahasia lagi, fanpage dikenal sebagai media promosi yang sangat efektif. Anda sudah menggunakan kan pastinya?

Jika Anda ingin serius menggunakan fanpage sebagai salah satu tool bisnis Anda, tentu wajib hukumnya untuk merawat fanpage Anda dengan posting teratur. Sayangnya, kita seringkali tidak bisa selalu online di prime time alias jam- jam yang efektif untuk diterima pemirsa karena sedang sibuk dengan kegiatan lain. Selain itu, bisa- bisa tidak efisien waktu untuk melulu mencari konten di beberapa waktu yang berbeda.

Dengan menggunakan status terjadwal, kita bisa mengumpulkan materi pada satu waktu tertentu dan mengaturnya untuk muncul secara berkala sesuai tenggat waktu yang kita inginkan. Dengan begini, kita bisa membuat status kita muncul di prime time untuk dilihat lebih banyak pemirsa kita.

 

Cara Memposting Secara Terjadwal Langsung dari Akun Facebook

Memposting secara terjadwal pada dasarnya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui akun Facebook Anda sendiri atau dengan bantuan third party alias pihak ketiga. Mana yang akan kita pelajari di postingan ini? Dua- duanya dong, biar nggak nanggung.

Tapi yang akan kita bahas terlebih dahulu adalah membuat status terjadwal langsung dari Facebook. Beberapa orang pada dasarnya lebih suka untuk memposting langsung dari Facebook karena dianggap lebih praktis dan cepat. Facebook sendiri juga memberi kemudahan user untuk menjadwalkan postingan statusnya dengan mudah.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Membangun Fanbase di Facebook untuk Bisnis

Berikut ini adalah langkah- langkah yang harus diikuti :
1. Masuklah ke halaman #fanspage Anda, lalu klik pada bagian kotak dimana Anda biasa menulis status.
2. Tulis status Anda seperti biasa.
3. Jika biasanya Anda akan langsung klik ‘Publish’ atau ‘Posting’, kali ini klik tanpa drop down kecil disampingnya, disana Anda akan menemukan opsi memposting ‘Schedule’, ‘Backdate’ dan ‘Save Draft’.
4. Untuk menjadwalkan postingan Anda, pilih ‘Schedule’. Lalu akan muncul kotak dialog baru yang meminta Anda untuk menentukan tanggal dan jam detail postingan.

Lihat Gambar :
postingan,fanpage,status,facebook,terjadwal
5. Setelah menentukan jadwal postingan Anda, klik ‘Schedule’
Lihat Gambar :
status,postingan,facebook,jadwal
6. Done, status Anda sudah dijadwalkan dan akan terbit tepat di jam yang Anda inginkan.

Bagaimana cara melihat status terjadwal Saya?
Di halaman timeline, tepat di status terakhir, Anda dapat melihat ada notifikasi dari Facebook bahwa Anda memiliki postingan terjadwal yang akan muncul pada jam tertentu. Selain itu, Anda juga dapat melihat daftar postingan terjadwal Anda di menu Publishing Tools >> Scheduled Post, seperti di gambar bawah ini :

Lihat Gambar :
facebook,status,postingan,terjadwal

Dengan trik ini Anda bisa menjadwalkan banyak status sekaligus dalam satu waktu tertentu. Status yang Anda buat ini bisa berupa postingan teks, teks disertai gambar dan juga video. Untuk album sampai saat ini belum bisa dibuat postingan terjadwal kecuali menggunakan aplikasi tertentu dari pihak ketiga.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Meningkatkan Ranking SEO dengan Menggunakan Sosial Media

 

Cara Memposting Secara Terjadwal Dengan Pihak Ketiga

Untuk memposting secara terjadwal dengan pihak ketiga ini tidak akan Saya jelaskan secara detail, karena terdapat beberapa pihak ketiga yang menyediakan layanan ini. Mungkin di postingan yang terpisah akan Saya kupas secara tuntas ya :D.

Enaknya menggunakan jasa pihak ketiga ini adalah aplikasi ini biasanya bukan hanya untuk membuat postingan terjadwal fanpage Facebook saja, melainkan bisa digunakan untuk platform #socialmedia lain seperti Twitter, Instagram dan juga Google Plus. Beberapa situs yang menyediakan jasa layanan ini antara lain adalah Buffer dan Hootsuite.

Kedua situs ini pada dasarnya memberikan layanan gratis. Namun untuk menggunakan fitur yang lengkap, Anda bisa meng- upgrade ke paket tertentu. Misalnya untuk Hootsuite, jika Anda menggunakan paket yang gratis, maka Anda dibatasi hanya bisa memasukkan 3 jenis akun sosial media saja. Akun sosial media yang di-support Hootsuite antara lain #Facebook, Twitter, Google+, Linkedin, Instagram dan bahkan juga bisa untuk YouTube. Dengan upgrade ke paket Pro atau Business, Anda bisa mengelola postingan terjadwal Anda hingga untuk 50 akun sosial media dan juga mendapatkan berbagai fitur bombastis lainnya.

Sedangkan di Buffer, dengan akun gratis Anda bisa mendaftarkan satu akun per platform sosial media dengan batasan maksimal hanya 10 post per profil. Akun sosial media yang di-support Buffer antara lain adalah Facebook, Twitter, Linkedin, Google+, dan Pinterest ( upgrade ).

Artikel Menarik Lainnya :   Instagram Menjadi Media Sosial Paling Buruk untuk Kesehatan Mental

Untuk dapat menikmati layanan dari Buffer atau Hootsuite, Anda dapat mendaftarkan diri Anda ke situs mereka. Setelah terdaftar dan ter-verifikasi, Anda dapat mulai menghubungkan akun sosial media Anda ke website tersebut dan mulai menjadwal postingan- postingan Anda.

Dari kedua situs tersebut, Hoosuite adalah situs yang sudah sering Saya gunakan dan menurut Saya sangat bagus memangkas waktu dan tenaga. Selain itu, situs ini juga support Instagram, yang menurut Saya sangat sayang untuk dilewatkan.

Cara memakainya pun cukup mudah. Setelah menghubungkan akun yang ingin dibuatkan postingan terjadwal, kita dapat mulai membuat postingan terjadwal kita melalui menu Penerbit, kemudian di kotak ‘Kirim kepada’ kita memilih akun sosial media yang akan kita buat schedule post nya. Di kotak sampingnya, kita dapat membuat postingan kita dan memilih foto yang akan digunakan dan kemudian mengatur penjadwalan. Setelah itu, atur tanggal dan waktu dan klik jadwal. Anda juga membuat postingan langsung tanpa jadwal dengan mengabaikan pengaturan tanggal dan jam.

Lihat Gambar :
postingan,status,social media,hootsuite,terjadwal

Contoh postingan terjadwal di Hootsuite Saya, sengaja di-blur demi keamanan negara 😀

 

Dengan kedua cara yang berbeda tersebut, kini Anda dapat dengan mudah membuat status terjadwal untuk akun fanpage Facebook Anda. Anda bisa saja membuat postingan sekedar mengucapkan selamat pagi atau membuat postingan seru dan informatif lainnya. Terimakasih telah membaca postingan ini. Semoga bermanfaat.