Saat memulai sebuah bisnis online, tentu saja wajib untuk mengawalinya dengan ide bisnis yang besar, antusiasme, dan strategi marketing untuk dijalankan. Ketika kita menilik pada strategi marketing untuk bisnis online, tentu SEO sebaiknya selalu menjadi satu dari banyak hal yang penting untuk Anda prioritaskan. Mengapa?

SEO atau Search Engine Optimization bisa dibilang adalah darah kehidupan untuk bisnis online, baik itu bisnis kecil, atau perusahaan besar. Bahkan situs e-Commerce raksasa seperti eBay, Ali Express, dan Amazon pun juga mengedepankan komposisi SEO yang baik untuk mendongkrak posisi mereka di mesin pencari. Dengan tampil di halaman utama mesin pencari, perusahaan raksasa tersebut berhasil meraup penghasilan jutaan dolar setiap tahunnya.

 

SEO Penting untuk Brand dan Perusahaan Online

Saat website perusahaan atau brand kita tampil online di internet, tentu kita mengharapkan banyaknya pengunjung yang masuk ke website kita melalui kata kunci yang diketikkan di mesin pencari. Ya, mesin pencari memang kerap menjadi pintu gerbang utama dalam menjangkau customer kita. Jika Anda ingin bisnis online Anda semakin tumbuh besar dan berkembang, maka tidak heran SEO adalah hal yang tidak boleh Anda abaikan untuk meningkatkan penjualan Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   3 Elemen Penting SEO yang Tidak Boleh Dilupakan

Yang kedua, SEO adalah campaign digital dengan biaya yang efektif untuk menghasilkan ROI (Return of Investment) yang baik untuk Anda yang ingin berfokus pada target pelanggan, sekaligus mengoptimalkan halaman website dengan kata kunci tertentu. Berbeda dengan AdWords dan social media yang relative lebih mahal untuk mendapatkan jangkauan secara online.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sampai saat ini 67 persen pengguna internet masih memilih hasil pencarian organic saat membeli produk secara online, dan 42 persen dari mereka akan masuk ke website di peringkat pertama dari hasil pencarian. Ketika mereka masuk ke website tersebut, maka konversi akan semakin besar saat produk yang mereka inginkan memiliki tampilan yang baik dan ulasan menarik. Ini berarti, sebagian besar pengguna internet percaya bahwa situs yang muncul di peringkat awal adalah situs rujukan terbaik untuk membeli barang secara online.

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi SEO Lokal Ampuh untuk Website Bisnis Online Anda

 

Kesimpulan Mengapa SEO Penting untuk Bisnis Anda

Jadi mengapa SEO penting untuk website bisnis Anda? Point- point sederhanya adalah sebagai berikut :
1. Mesin pencari adalah salah satu gerbang utama seorang konsumen mencari produk yang mereka inginkan. Dengan posisi yang baik di mesin pencari, maka sebuah brand atau perusahaan akan mendapatkan pembeli tertarget yang membutuhkan produk yang dicarinya.

2. Bukan kah SEO bisa digantikan dengan Google AdWords? Tidak sepenuhnya benar! Google AdWords memang akan mendongkrak peringkat website Anda di mesin pencari. Tapi tentu saja ada budget yang perlu Anda keluarkan selama iklan tayang. Setelah iklan selesai tayang, posisi website Anda tetap memerlukan optimasi SEO yang optimal untuk berada di posisi terbaik. Bisa dibilang, SEO adalah optimasi versi gratis yang lebih permanen.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Tips SEO Sederhana untuk Seorang Editor Konten

3. Bagaimana dengan Social Media? Tidak semua produk dapat dijual dengan baik melalui media sosial. Untuk produk berbasis kebutuhan, mesin pencari tetap menjadi media yang paling banyak digunakan.

4. Lebih dari 67 persen pengguna internet meyakini bahwa website dengan peringkat atas di mesin pencari adalah rujukan terbaik untuk melakukan pembelian secara online.

 

Tips Sederhana Membangun Website Tampil Baik di Mesin Pencari

Beberapa tips sederhana yang dapat Anda gunakan :

  • Fokus pada penggunaan kata kunci yang tepat tapi tidak kaku sesuai dengan niche bisnis Anda
  • Membangun situs yang benar- benar user friendly
  • Melakukan link building
  • Menciptakan konten berkualitas yang bermanfaat untuk pembaca Anda

 

Semoga bermanfaat!